GenK STORY

Catat! Ini Etika Turis yang Harus Diketahui Saat Berlibur!

etika-turis

Ada beberapa peraturan dan etika turis yang harus dipatuhi ketika kita berlibur atau mengunjungi suatu tempat baru. Sebagai tamu atau orang asing, kita harus berhati-hati dalam bertingkah laku di tempat yang baru, selain untuk menunjukkan rasa hormat, bertingkah laku yang baik juga menunjukkan karakter pribadi kalian.

Nah, agar liburan kamu tetap aman dan nyaman, ketahui etika-etika ini ketika berlibur atau mengunjungi suatu tempat yuk!

1. Ketahui Destinasi yang Akan Dikunjungi

peta-destinasi-liburan

Ilustrasi turis yang sedang membuka peta destinasi (Sumber: Unsplash)

Sebelum bepergian, lakukan sedikit riset. Cari gambaran umum tentang banyak hal dari daerah yang dituju. Misal, kondisi daerah, peristiwa apa yang telah atau sedang terjadi, konflik, perilaku penduduk setempat, dan hari raya atau hari-hari besar. Ini sangat penting untuk dilakukan.

2. Jangan Memotret Tanpa Izin

wanita-memotret

Ilustrasi memotret (Sumber: Unsplash)

Jika tempat yang dituju memang nggak boleh untuk dipotret, maka hormati itu. Etika turis ini harus kamu taati karena bisa jadi hal tersebut mengganggu privasi orang-orang ataupun mengganggu keamanan dan ketertiban daerah setempat.

Selain itu, kamu nggak boleh mengambil foto seseorang dari dekat tanpa meminta izin. Jika orang itu jauh, mungkin nggak apa-apa untuk mengambil foto. Tapi kalau dari dekat, cobalah minta izin dulu. Etika ini akan relevan jika kamu mengunjungi situs peringatan, monumen, atau pemakaman.

Jika kamu ingin mengambil foto seseorang, hampiri mereka dan tanyakan apakah mereka akan mengizinkannya, dan kalau nggak, segera pahami dan mundurlah segera.

Baca Juga :   Mother Earth & Architecture, Menjaga Budaya Suku Dayak Iban di Era Modern

About author

Related posts
GenK STORY

Ini Dia Deretan Hacker Paling Jago dan Terkenal di Seluruh Dunia!

GenK STORY

Ini Dia Cerita Marie Thomas, Dokter Wanita Pertama di Indonesia

GenK STORY

Sistem Pemerintahan Tertua Di Dunia, Ada Yang Sudah Berdiri Semenjak Sebelum Masehi Loh!

GenK STORY

Belajar Dari Masayoshi Son, Orang Terkaya Jepang Yang Berasal Dari Keluarga Miskin