Arsitektur & Interior

Everything About Chinese Garden

Taman merupakan suatu tempat dimana terdapat gabungan antara alam dan karya buatan manusia serta merupakan gambaran lingkungan alam sekitar yang menonjolkan keindahan dari alam itu sendiri. Terdapat berbagai macam taman yang menyesuaikan dengan selera atau kaidah atau budaya yang dianut salah satunya chinese garden.

Gaes, pernah ngga sih kalian mendengar istilah ini? Apakah sudah familiar di telinga kalian atau masih terdengar asing? Kalau kalian belum pernah mendengar istilah ini, yuk kita sama-sama simak di artikel berikut ini.

Dahulu, taman cina difungsikan untuk berbagai macam kegiatan seperti jalan-jalan, perjamuan makan, menghibur, berburu untuk kaum bangsawan feudal, tempat menghabiskan waktu luang bagi para penulis dan ahli kaligrafi karena letak taman yang begitu dekat dengan alam, dan tempat untuk memamerkan kekayaan bagi para pedagang dan pejabat.

Taman cina pertama kali ditemukan pada zaman Dinasti Qin dan Han. Telah banyak seniman berbakat yang menyumbangkan ide dan kemampuan mereka untuk menciptakan suatu taman lanskap yang indah. Salah satunya Zhang Nanheng yang kemudian berganti nama menjadi Zhang Lian. Pada awalnya dia belajar melukis dan kemudian menuangkan konsep lanskap dan melibatkan esensi dari setiap elemen pada desain tamannya.

Apa Itu Chinese Garden?

Sumber Gambar : cgtn.com

Chinese garden atau taman cina merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari arsitektur cina yang tergabung sebagai satu-kesatuan. Konsep dari taman cina diambil dari konsep lukisan cina yang dimana untuk dapat memahami makna dari lukisan maka harus dipelajari bagian per bagian.

Konsep yang sama diterapkan pada taman cina. Oleh karena itu, di dalam taman cina terdapat pavilion dan koridor yang merupakan sarana transisi dari bangunan besar ke taman agar orang-orang yang mengunjungi taman ini dapat menikmati setiap bagian beriringan dengan waktu.

Taman cina biasanya identic dengan tembok yang mengelilingi sehingga terlihat tertutup dari luar dan merupakan sebuah representasi hubungan harmoni antara alam dan manusia yang disebut biofilia yang lahir dari budaya Asia khususnya Cina dan Jepang yang menghargai alam.

Terdapat elemen-elemen yang menjadi kunci dalam taman cina.

Bebatuan

Sumber Gambar : pinterest.com

Bebatuan memiliki beberapa fungsi seperti membagi ruang, menciptakan tampilan, mengatur tata letak taman, dan penahan tanah. Ketika disatukan dengan bangunan dapat menyamarkan elemen-elemen buatan sehingga pemandangan terlihat alami.

Bebatuan terdiri dari bebatuan lempung, batuan, dan campuran. Bebatuan dapat memunculkan versi sederhana dari bukit-bukit alami, perwujuan perasaan manusia, dan mengungkapkan pepatah.

Air

Sumber Gambar : Pinterest.com

Air dikombinasikan dengan bebatuan untuk membentuk bukit. Air dapat diterjemahkan dalam bentuk mata air, kolam, anak sungai, parit, dan lainnya.  Pemandangan yang melibatkan air, bukit, dan tanaman dapat membentuk suasana yang beragam sesuai keinginan.

Arsitektur

Chinese Garden

Sumber Gambar : chinahighlights.com

Arsitektur berperan untuk menyediakan tempat bagi pengunjung ketika menikmati pemandangan yang ada dalam taman. Bangunan yang ada di taman biasanya mengadopsi bentu-bentuk yang dinamis seperti lingkaran, segi enam, segi delapan, dan bentuk lainnya.

Tanaman

Chinese Garden

Sumber Gambar : pinterest.com

Sebagai elemen yang hidup, tanaman dapat memberikan energi dan kehidupan dalam taman. Berbagai tanaman yang mungkin cocok untuk taman cina yaitu pohon tinggi seperti pinus, cemara, maple, semak-semak seperti camelia, peoni, magnolia, delima, dan masih banyak lagi. Dengan begitu banyak tanaman, harus disusun dengan mencocokkan tanaman dengan elemen lainnya.

Budaya

Chinese Garden

Sumber Gambar : pinterest.com

Nilai estetika yang ada pada taman cina berasal dari budaya cina yang merupakan jiwa dari taman itu sendiri dan merupakan wujud dari perasaan dan pikiran para sastrawan yang di tuangkan dalam keindahannya saat membangun taman cina.

Nah, gimana gaes? Sekarang kalian sudah tau bukan hal-hal tentang chinese garden? Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian untuk menciptakan taman cina yang indah.

Penulis : Natasia Anggomez (Prodi Desain Interior, Universitas Kristen Petra)
Related posts
Arsitektur & Interior

4 Desain Interior Japandi untuk Inspirasi Gaya Hunian

Arsitektur & Interior

DIY Cara Cetak Foto di Kayu untuk Ide Bisnis, Coba Yuk!

Arsitektur & Interior

Tips Mendesain Lobi Konsep Industrial Modern yang Stylish!

Arsitektur & Interior

Inspirasi Hunian Lansia karya Van Aken Architect

Leave a Reply

Your email address will not be published.