Creativepreneur and Career

5 Tips Facebook Marketing untuk Membangun Brand-mu

facebook marketing

3. Gunakan Sebuah Video Panjang 

Terkadang, membagikan banyak foto di Facebook belum cukup untuk menyampaikan cerita yang sudah kamu siapkan. Untuk itu, jika kamu memiliki waktu dan sumber daya yang cukup, cobalah alternatif lain dengan menggunakan media video. 

Dengan durasi video Facebook yang cukup lama hingga mencapai 120 menit, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyampaikan cerita yang lebih panjang. Dibanding dengan memakai video pendek Instagram yang batas maksimalnya hanya 60 detik. 

Bagusnya lagi, Facebook telah mengubah algoritma News Feed yang akan memprioritaskan video panjang dengan potensi engagement yang tinggi dengan para penggunanya. Jadi tuangkanlah semua idemu dan jadikan ide tersebut dalam bentuk video, lalu bagikanlah ke Facebook. 

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Kumpulkan video testimoni dari para fans berat brand kamu atau pesan dari kolega kerja, lalu satukan menjadi sebuah video montase yang bisa dibagikan di Facebook. 

4. Facebook Live

Kunci utama dalam ber-storytelling di media sosial adalah dengan menjadi dirimu sendiri. Berikan kesan terbaik kepada para audiensmu dengan cara melakukan siaran langsung di Facebook atau live. Trik Facebook ini merupakan cara yang cukup efektif untuk meningkat engagement rate

Cara Facebook marketing dengan siaran langsung bisa membantumu terhubung langsung dengan para fans, karena Facebook akan menempatkan video saat live di posisi teratas News Feed dibanding saat siaran langsung tersebut telah berakhir. 

Video siaran langsung dari Chewbacca Mom merupakan video live Facebook dengan jumlah penonton terbanyak dalam sejarah, dengan rekor mencapai 175 juta view loh. Meskipun video tersebut bukanlah sebuah konten merek tertentu, kamu bisa belajar beberapa hal nihKonten video Chewbacca Mom tersebut memiliki struktur three-act yang disusun rapi dengan urutan sebagai berikut: 

  • SetupPengenalan video saat ia menceritakan perjalanannya ke Kohl’s
  • Konfrontasi – Dibangun saat proses unboxing topeng 
  • Resolusi – Bagian klimaks ketika ia tertawa terbahak-bahak

 https://www.youtube.com/watch?v=hyp90txeNxM

Inspirasi ide untuk kamu coba: 

Melakukan siaran langsung di Facebook bisa cukup sulit jika kamu melakukannya tanpa persiapan. Cobalah membuat jalan cerita berdasarkan susunan three-act seperti di atas untuk video live. Kamu bisa membuat siaran langsung untuk berbagi tips, video behind the scene, atau sesi Q&A.   

About author

Related posts
Creativepreneur and Career

Cara Membangun Bisnis Fashion dengan Brand Sendiri, Cari Tahu di Sini!

Creativepreneur and Career

Cara Belajar Voice Over secara Otodidak untuk jadi Pengisi Suara Profesional

Creativepreneur and Career

Simak Tips Memulai Bisnis Furniture Dijamin Ampuh

Creativepreneur and Career

5 Tips Buka Jasa Video Shooting Rumahan Agar Sukses Bersaing

Leave a Reply

Your email address will not be published.