GenK LIFE

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia yang Jarang Diketahui

Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang cukup unik. Sudah bukan rahasia lagi, jika bahasa ibu kita ini, memiliki berbagai keunikan yang tidak dimiliki oleh bahasa lain di dunia. Bahkan juga bukan rahasia, kalau nilai ujian bahasa Inggris rata-rata pelajar Indonesia jauh lebih tinggi dibanding bahasa Indonesia. Tapi selain itu, ada apa lagi nih GenK? Ini dia fakta menarik tentang bahasa indonesia yang jarang diketahui

Penutur Bahasa Indonesia Memiliki Lidah Paling Fleksibel

Sumber Gambar : Mnnonline.org

Kalau yang satu ini, mungkin sudah gak asing, ya? Ternyata penutur bahasa Indonesia dinilai memiliki lidah yang fleksibel karena keberagaman logat dan aksen. Inilah yang menjadi poin penting kenapa orang Indonesia itu memiliki kemudahan di dalam mempelajari bahasa asing. Tentu saja ini berbeda dengan orang Jepang, India, dan juga Tiongkok yang memiliki dialek kental bahkan ketika mereka berbicara dengan bahasa Inggris.

Termasuk 10 Besar Bahasa Tersulit di Dunia

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia

Sumber Gambar : Medium.com

Taukah kamu kalau bahasa Indonesia itu termasuk ke dalam bahasa yan gsangat sulit? Saking sulitnya, bahasa Indonesia termasuk ke dalam 10 besar bahasa paling sulit di seluruh dunia. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh  Hedvif Skigard dari London School of Science and Technology, dikatakan kalau Bahasa Indonesia mendapat peringkat ke 10. Alasannya adalah karena pelafalan logat yang cenderung lurus dan seperti tidak memiliki irama dalam pengucapannya.

Merupakan Bahasa Resmi Kedua di Vietnam

Taukah kamu, kalau di bulan Desember 2007 lalu, pemerintah Vietnam mengatakan jika Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa kedua yang digunakan secara resmi di negara tersebut. Ini artinya, bahasa Indonesia memiliki kedudukan yang setara dengan bahasa Inggris disana.

Usut punya usut, penyebab hal ini dikarenakan para pemuda di Vietnam tertarik  dan melihat peluang hubungan bilateral yang akan semakin erat di masa depan. Untuk itu, mereka mulai mempelajari bahasa Indonesia agar memudahkan hubungan tersebut.

Bahasa Terbanyak Digunakan di Wikipedia dan WordPress

Sumber Gambar : Wikipedia.org

Ini mungkin akan sedikit mengagetkan kalian. berdasarkan data dari situs Wikipedia, Wikipedia Indonesia ternyata ada di posisi ke 26 dari 250 Wikipedia berbahasa asing di dunia. Sedangkan di tingkat Asia, Wikipedia Bahasa Indonesia menduduki peringkat ke-3 setelah Jepang dan Mandarin.

Sedangkan, ada sekitar 1,7 juta situs yang memanfaatkan platform WordPress yang menggunakan Bahasa Indonesia. Hasilnya, Bahasa Indonesia menduduki posisi ke-3 terbanyak yang digunakan dalam tayangan artikel blog di WordPress.

Digunakan Saat Pelantikan Wali Kota Somerworth, Amerika Serikat

Fakta Menarik Tentang Bahasa Indonesia

Sumber Gambar : Tempo.co

Pada tanggal 7 Januari 2016 silam di City Hall Kota Somersworth, New Hampshire, Amerika Serikat, ada yang istimewa terjadi kala itu. Di tengah suasana khidmat akan pengucapan Ikrar Setia wali kota terpilih, Indonesia mendapat tempat spesial di tengah masyarakat Somersworth loh.

Bagaimana tidak? wali kota terpilih di kota tersebut, Dana S. Hilliard, mengucap Ikrar Setia memimpin kota Somersworth menggunakan bahasa Indonesia. Bahkan ini merupakan permintaan khusus Hilliard yang kala itu memang terkenal dekat dengan komunitas Indonesia di Somersworth.

Isi Ikrar Setia berbahasa Indonesia itu adalah, ‘’Aku berikrar setia kepada bendera Amerika Serikat dan kepada Republik yang berbangsa satu, berdaulat, merdeka, dan berkeadilan untuk semua.’’ Pembacaan janji setia berbahasa Indonesia itu dilakukan oleh seorang pelajar kelas menengah Somersworth bernama Abigail Johan.

Nah, itu dia beberapa fakta menarik tentang bahasa indonesia yang jarang diketahui orang-orang. Semoga bermanfaat

About author

Related posts
GenK LIFE

Menjaga Hidrasi Kulit dengan Glow Better Coconut Series. Yuk Ketahui Urutan Pakainya!

GenK LIFE

10+ Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2022 untuk Keluarga, Teman hingga Pacar

GenK LIFE

Kenali 5 Jenis Jerawat dan Tips Mengatasinya Agar Tidak Membekas

GenK LIFE

Olahraga Saat Puasa? Why Not! Ini Jenis Olahraga yang Dapat Kamu Lakukan di Bulan Ramadan

Leave a Reply

Your email address will not be published.