GenK LIFE

Gak Cuma Sakti di Film dan Manga, Ini Dia Fakta Mengenai Ninja!

fakta mengenai ninja

Siapa yang tidak tahu dengan kisah naruto? Hampir semua masyarakat mengenal kisah ninja yang dituangkan dalam sebuah anime. Mungkin kamu juga sudah tahu bahwa ninja berasal dari daerah Jepang. Kamu mungkin juga sudah mengetahui kemampuan ninja sebagai seorang agen dengan teknik bela diri dan menyelinap yang tinggi. Ninja atau biasa disebut dengan shinobi memiliki pekerjaan utama sebagai agen rahasia pada abad pertengahan di Jepang. Biasanya pekerjaan mereka memata matai, sabotase, menyusup bahkan membunuh ataupun bertempur.Untuk kaum awam, mungkin menanyakan apakah ninja ini ada. Nah kali ini kita akan mengulas fakta mengenai ninja di Jepang.

  1. Awal Sejarah Ninja

Sumber Gambar : ceritainspiratif.com

Di Jepang tugas untuk memata matai musuh muncul pada abad ke 15. Karena adanya tugas inilah maka ada latihan khusus bagi prajurit jepang yang dikenal dengan nama Shinobi. Nama shinobi diidentifikasinya sebagai kelompok agen rahasia, hal ini dibuktikan dengan adanya dokumen sejarah pada era sengoku.

Para shinobi ini tidak bersenjatakan samurai. Para samurai memiliki peraturan yang sangat ketat serta ritualnya yang tidak memungkinkan mereka bisa melakukan aksi ala ninja. Pada masa era sengoku, saat terjadi kericuhan banyak permintaan akan orang orang yang bersedia melakukan tindakan yang bisa merusak citra kstaria atau para samurai ini.

Di era ini, peranan shinobi yaitu memata – matai, melindungi, menyerang dan menghasut siapapun sesuai perintah. Keluarga ninja berkumpul menjadi satu dan membuat serikat. Bahkan di ninja juga terdapat jabatan dan kedudukan. Kelas tertinggi adalah kelas jounin kemudian kelas menengah adalah chounin dan kelas paling bawah adalah genin.

  1. Catatan Sejarah Tentang Ninja Cukup Langka

Sumber Gambar : ourstory.id

Kita cukup tahu bahwa tidak banyak catatan sejarah yang memuat tentang ninja Jepang ini. Seorang ahli sejarah Stephen Turnbull mengatakan bahwa yang banyak merekrut ninja adalah masyarakat kelas bawah sehingga tidak banyak minat pada mereka.

Kisah ninja ini tidak banyak diceritakan. Kisah para samurai yang berasal dari keluarga aristrokat seperti tentang peperangan hougen monogatari atau heike monogatari lah yang paling banyak dikisahkan. Bagi banyak masyarakat, samurai lah yang paling menarik daripada ninjanya.  Ahli sejarah Kiyoshi Watatani mengatakan bahwa ninja memang dilatih secara khusus agar selalu bersikap rahasia baik dalam aksi atau keberadaan mereka. Hal inilah yang membuat jarangnya catatan sejarah mengenai ninja.

  1. Para Pendahulu Ninja

fakta mengenai ninja di Jepang

Sumber Gambar : boombastis.com

Kisah ninja sering dihubungkan dengan legenda pangeran Yamato Takeru pada abad ke 4. Kisah yang beredar mengatakan Yamato Takeru menyamar sebagai gadis cantik dan membunuh dua orang komandan Kumaso. Cerita ini muncul pada masa awal sejarah Jepang dan tidak ada hubunganya dengan shinobi yang kemudian bermunculan.

Baca Juga :   5 Aktivitas Seru untuk Pecinta Anime yang Bisa Kamu Lakukan Saat Jenuh

Menurut sejarah Jepang, tugas memata matai sudah dilakukan pada masa pemerintahan pangeran Shoutoku di abad ke 16. Bahkan dalam catatan sejarah, pada abad ke 10 seorang bocah bernama Shoumonki dari Koharumaru  pernah memata matai pemberontak Tairano Masakado namun akhirnya dihukum mati. Jadi sudah jelas bahwa kisah ninja ini sudah ada pada zaman dulu.

  1. Klan Ninja Iga Dan Koga

fakta mengenai ninja di Jepang

Sumber Gambar : Tribunnews

Nama klan Iga dan Koga berasal dari nama suatu daerah di Shiga. Didaeran ini lah terdapat beberapa desa yang focus dengan latihan ninja. Memiliki daerah yang strategis dengan dikelilingin gunung dan merupakan daerah terpencil menjadi tempat yang pas dalam pengembangan ninja. Antara ninja biasa dan ninja professional dari dua daerah ini sungguh memiliki perbedaan yang mencolok dalam menyelesaikan tugasnya. Untuk klan Iga dan Koga dalam menyelesaikan tugasnya akan terlihat lebih spesifik. Para ninja ini kebanyakan disewa oleh bangsawan pada tahun 1485 hingga 1581. Namun ketika Oda Nobunaga menyerang provinsi Iga, ia membantai klan-klan terorganisir ini. Ninja yang selamat kabur ke daerah pegunungan, namun ada juga yang pergi ke Tokugawa leyasu yang kemudian menjadi bodyguardnya termasuk Hattori Hanzou.

  1. Kekuatan Legendaris

fakta mengenai ninja di Jepang

Sumber Gambar : jpninfo.com

Terkadang menurut legenda yang ada, ninja selalu dikaitkan dengan kekuatan super seperti bisa terbang, berubah bentuk bahkan mengontrol elemen bumi seperi air, angin, api dan langit. Legenda ini muncul pada masa Edo, hal ini terjadi karena kemisteriusan ninja. Teknik yang digunakan para ninja adalah kuji kiri sehingga gerakan mereka terlihat seperti memiliki kekuatan super.

Demikianlah ulasan fakta mengenai ninja. Menurut sejarahnya ninja memang benar ada dan memiliki tigas memata matai seperti agen rahasia. Namun terkait kekuatan super yang dimiliki memang masih diragukan dizaman sekarang ini.

About author

Related posts
GenK LIFE

Mengenal Diet Pegan, Tren Unik yang Lagi Hits di Tahun 2021

GenK LIFE

Sering Overthinking? Ini Tips Meditasi yang Ampuh Jaga Pikiranmu Tetap Fokus

GenK LIFE

Buat Yang Lagi Intermitten Fasting, Ini Dia Minuman Yang Boleh Dikonsumsi!

GenK LIFE

Jangan Percaya Dengan Kabar Hoax! Ini Fakta Dan Mitos Vertigo

Leave a Reply

Your email address will not be published.