GenK LIFE

Jangan Disepelekan, Berikut 5 Faktor Penyebab Susah Tidur

Kamu sering kesulitan untuk memejamkan mata di malam hari? Pengen tidur, tapi kok rasanya seperti sulit sekali. Sekalinya tertidur, bangun esok paginya tubuh masih kurang terasa bugar karena kualitas tidur yang kurang baik. Wah, sepertinya kamu mengalami banyak masalah yang mengakibatkan sulit tidur atau bahkan sampai insomnia. Nah, berikut ini kami punya ulasan mengenai berbagai faktor penyebab susah tidur yang bisa kamu simak!

1. Stres

Sumber: pixabay.com

Faktor penyebab susah tidur pertama adalah stres yang mungkin sedang menggelayut di pikiranmu akibat berbagai macam hal. Memiliki beban pikiran yang sangat banyak bisa menyebabkan seseorang menjadi mudah mengalami stres. Tak sedikit pula orang yang mengalami stres memiliki kesulitan saat tidur. Maka stres pun kerap kali disebut sebagai salah satu penyebab susah tidur di malam hari yang bisa kamu atasi dengan belajar mengontrol rasa stres tersebut dan mencoba melakukan aktivitas yang menenangkan.

Baca Juga :   7 Rutinitas Sebelum Tidur yang Bikin Kamu Nyenyak Terlelap

2. Paparan Blue Light 

Sumber: pixabay.com

Berikut ini bisa jadi salah satu faktor penyebab susah tidur yang paling sering dialami oleh para generasi milenial dan masyarakat modern saat ini. Paparan cahaya biru atau blue light dari teknologi di sekitar kita bisa jadi penyebab sulit tidur, loh. Misalnya saja seperti televisi, komputer/laptop, dan smartphone. Oleh karena itu, ketika kamu hendak tidur malam, sebaiknya matikan peralatan elektronik yang berpotensi mengganggu. Minimal satu jam sebelum tidur, kamu mesti berhenti bermain gadget tidurmu bisa pulas. Terutama, jauhkan posisi smartphone dari tempat tidur, mematikan daya selama tidur, atau setidak-tidaknya bisa dengan mengatur sistem ke Mode Pesawat. 

3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein 

Sumber: pixabay.com

Semua orang pasti tahu salah satu efek dari kafein adalah membuat tubuh menjadi lebih berenergi dan terjaga, sehingga mengakibatkan efek samping berupa kesulitan tidur. Selain blue light dari gadget, faktor penyebab susah tidur lain yang banyak terjadi adalah karena konsumsi kafein yang berlebihan dari berbagai produk makanan dan minuman seperti kopi atau teh.

 Maka dari itu, mengonsumsi minuman tinggi kafein pun sering disebut sebagai salah satu penyebab susah tidur di malam hari yang paling sering terjadi pada hampir semua orang. Jenis minuman tinggi kafein yang paling sering dikonsumsi ialah kopi dan teh, keduanya memang sangat baik untuk tubuh, namun jika sudah mengganggu jam tidurmu, sebaiknya kurangi jumlah pengonsumsiannya ya!

About author

Related posts
GenK LIFE

Yuk, Catat! Ini Dia Financial Planning untuk Gaji UMR

GenK LIFE

Yuk, Kenalan Sama Yang Namanya Bank Asosiatif!

GenK LIFE

Buat Kamu yang Sering Merasa Mager di Pagi Hari, Coba Tips Produktif Ini!

GenK LIFE

Kalau Udah Merasakan Hal Ini, Artinya Tubuhmu Perlu Istirahat, GenK!