GenK LIFE

Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis

3. Latihan untuk Merespon, Tidak Hanya Bereaksi

Fase quarter life crisis 3

Sumber: pexels.com

Masih terkait dengan juru jitu hadapi fase quarter life crisis sebelumnya, yaitu latihan untuk mengendalikan diri sendiri. Saatnya untuk melatih dirimu menjadi pribadi yang senang merespon, gak hanya bereaksi semata. Untuk kebanyakan orang, seringkali ketika sedang berbicara atau bertindak, langsung bereaksi akan sesuatu yang telah dikatakan atau terjadi tanpa berpikir panjang. 

Merespon berarti memberikan waktu sejenak dan sedikit ruang, antara apa yang dikatakan atau dilakukan, dengan apa yang kamu pilih untuk ungkapkan atau perbuat sebagai timbal baliknya. Singkatnya, berpikirlah sebelum bertindak. Cernalah terlebih dahulu hal yang baru saja terjadi atau kamu dengar, lalu kemudian diproses sebelum mulai memberikan respon. Pertimbangkanlah reaksi yang mungkin terjadi dengan caramu bersikap. Apakah jika kamu mengubah sikap, hasil yang didapatkan juga akan berubah? Atau justru sebaliknya?  

4. Pilih Tujuan dan Nikmati Perjalanan 

Sumber: pexels.com

Eits, jurus jitu yang satu ini gak melulu soal destinasi liburan yah. Meskipun liburan bisa saja jadi goal yang ingin kamu capai saat ini. Jurus jitu untuk menghadapi fase quarter life crisis ini merujuk ke tujuan spesifik yang ingin kamu capai dalam hidup dan belajar cara untuk menikmati prosesnya. Setelah mengetahui personal values terkuatmu, menentukan arah dan tujuan yang ingin kamu ambil dalam hidup akan jadi lebih mudah. Ini dia destinasi yang dimaksud. 

About author

Related posts
GenK LIFE

Fatherless : Bagaimana Peran Ayah Mempengaruhi Pertumbuhan Anak?

GenK LIFE

4 Hal Penyebab Jerawat Punggung dan Cara Mengatasinya

GenK LIFE

Pentingnya 3V dalam Public Speaking Biar Sukses Bicara di Depan Umum

GenK LIFE

Waspada Mental Block Bikin Produktivitas Menurun, Kenali Ciri dan Cara Mengatasinya