Fotografi

Mengenal Fashion Photography dan Jenis-Jenisnya

fashion photography

3. Catalogue Photography

fashion photography 3

Gambar catalogue photography (sumber: designlovefest.com)

Jenis fashion photography yang berikutnya adalah catalogue photography, merupakan jenis commercial photography yang sangat mengedepankan kesederhanaan. 

Tujuan dari jenis fotografi yang satu ini adalah untuk menampilkan produk pakaian atau aksesoris yang ditawarkan kepada pembaca. Dengan mengusung konsep sederhana, secara sadar atau tidak, fokus pembaca jadi otomatis terbawa ke pakaian yang ditampilkan.

Sebenarnya catalogue photography mirip dengan jenis-jenis fashion fotografi yang kami sebutkan sebelumnya, tetapi yang menjadi pembeda adanya model yang berdiri tegap dan penggunaan backdrop polos sebagai ciri khasnya. Umumnya fotografer menggunakan warna putih dan abu-abu sebagai backdrop. Namun terkadang mereka juga menggunakan warna netral agar produk terlihat lebih pop up

Ciri khas lain dari jenis fashion fotografi ini adalah minim properti. Mungkin sesekali kamu akan melihat benda kecil seperti kursi atau karangan bunga sebagai pemanis foto. Atau kamu mahal hanya melihat latar yang benar-benar polos tanpa motif apapun.

4. Street Fashion Photography

fashion photography 4

Jenis street fashion photography (sumber: photogrist.com)

Berikutnya ada catalogue photography yang juga dikenal dengan sebutan urban fashion. Jenis fashion photography yang satu ini merupakan kebalikan dari high fashion yang lebih menonjolkan kemewahan. Karena pada dasarnya, catalogue photography ingin menampilkan pakaian dan aksesoris yang dikenakan sehari-hari. 

Semuanya tentang kemeja, kaos, hoodie, celana jeans, dan pakaian lainnya yang bisa dengan mudah kamu temukan. Mereka tidak ingin mengorbankan kenyamanan dalam berpakaian demi sesuatu yang belum tentu worth it untuk dibeli.

Street fashion photography melibatkan penampilan tertentu dari beberapa subkultur. Terlihat dari latar dan properti yang mereka gunakan untuk pemotretan. Umumnya mereka menggunakan skateboard sebagai properti yang kemudian prose pemotretannya dilakukan di luar studio seperti lapangan basket dan jalanan di perkotaan.

Tak hanya sekadar berfoto biasa, street fashion photography memberikan banyak inspirasi gaya busana yang sedang tren di seluruh penjuru dunia sehingga banyak orang yang tertarik. Banyaknya orang yang tertarik membuat jenis fashion fotografi ini kerap muncul di katalog dan editorial. 

About author

Related posts
Fotografi

Low Light Photography Hacks untuk Dapatkan Hasil Jepretan yang Mengesankan

Fotografi

Jarang Diketahui, Ternyata Ini Perbedaan Bokeh dan Blur, Jangan Sampai Salah Lagi Ya!

Fotografi

8 Tren Fotografi yang Populer Tahun 2022, Keren dan Estetik!

Fotografi

Tips Melakukan Teknik Fotografi Flat Lay untuk Konten yang Ciamik

Leave a Reply

Your email address will not be published.