Berkreasi lewat Sepatu Lukis

Dibaca Normal: 5 menit aja ★
sepatu lukis

Desain motif sepatu yang biasanya kamu temukan di toko, ternyata bisa kamu buat sendiri loh. Salah satunya dengan cara melukis di sepatu atau yang disebut dengan sepatu lukis.

Melukis sepatu sedang digandrungi oleh masyarakat, terutama kawula muda. Alasannya tak lain karena kamu bisa berkreasi dengan ide dan imajinasi kamu sendiri. Untuk membuatnya sangatlah mudah dan menyenangkan, GenK. Kamu tinggal menuangkan semua ide kreatif kamu saat menggambar apa pun di atas sepatu berbahan kanvas. Kamu bisa menggambar bentuk bunga, monster, dan segala bentuk doodle yang bebas kamu kreasikan. Semua tergantung desain seperti apa yang ingin kamu tampilkan.

Dari sekedar hobi melukis di sepatu, ternyata kegiatan ini dapat dijadikan sebagai profesi loh. Kamu bisa menjual hasil karyamu ke teman atau menjualnya di toko jual beli online. Dari sana kamu bisa mendapatkan penghasilan pundi-pundi rupiah. Kamu tertarik? Kami akan bagi cara membuatnya. Kamu pasti bangga, dong, memakai sepatu lukis buatanmu sendiri? Langsung saja yuk!

Alat dan Bahan untuk Membuat Sepatu Lukis

Kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan terlebih dahulu. Kami punya rekomendasi yang bakal mempermudah proses kamu, GenK. Tidak perlu khawatir, alat dan bahan ini bisa dengan mudah kamu temukan di toko alat tulis atau toko jual beli online. Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Nah, ini dia alat dan bahannya!

Sepatu kanvas polos

sepatu lukis 1

Sepatu kanvas (sumber: bigw.com)

Sepatu kanvas polos merupakan bahan utamanya. Sepatu ini berbahan kanvas, sehingga akan mempermudah kamu untuk menggambar dan melukis di atasnya. Umumnya warna sepatu yang digunakan adalah warna putih, karena dengan media berwarna putih, warna cat lukis terlihat lebih terang, walaupun ada juga yang menggunakan sepatu kanvas warna gelap. Biaya yang perlu kamu keluarkan untuk membeli sepatu kanvas relatif murah. Biasanya di toko jual beli online, banyak yang menjual dengan harga yang terjangkau. Atau kamu dapat menggunakan sepatu kanvas bekas yang masih layak pakai, GenK.

Cat Akrilik

sepatu lukis 2

Cat akrilik (sumber: pixabay.com)

Jenis cat yang dapat kamu gunakan untuk melukis di sepatu kanvas adalah cat akrilik. Cat ini terbuat dari bahan plastik yang berbasis polietilen. Bentuk botolnya seperti tube atau tempat pasta gigi yang mengeras. Karakter cat ini cocok buat kamu yang ingin melukis di atas permukaan yang tidak licin, berminyak, atau terlalu berpori.

Saat mencampur warna, kamu harus cepat supaya cat tidak mengering duluan. Agar kelembaban terjaga, gunakan palet stay-wet atau palet yang tetap basah atau dengan menyemprotkan air pada lukisan atau palet. Kalau kamu ingin ganti warna, kamu cukup meniban warna yang sudah kering dengan warna yang baru.

Baca Juga
5 Inspirasi OOTD ke Kampus

Kuas Lukis

sepatu lukis 3

Kuas lukis(sumber: pixabay.com)

Kuas lukis digunakan untuk melukis cat akrilik di atas sepatu kanvas polos. Agar mempermudah proses melukis, siapkan kuas dari berbagai ukuran, mulai dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Kuas ukuran kecil bisa mempermudah kamu untuk menjangkau bagian-bagian detail. Sedangkan kuas ukuran besar bisa digunakan untuk mewarnai background.

Palet

sepatu lukis 4

Palet (sumber: cmsassets.mybluprint.com)

Palet digunakan untuk menampung warna-warna cat untuk mempermudah saat kamu melukis.

Spidol

sepatu lukis 5

Spidol (sumber: jakartanotebook.com)

Dalam pembuatan sepatu lukis, spidol berguna untuk membuat sketsa maupun outline. Bagi kamu yang ingin membuat doodle hitam-putih, spidol juga merupakan alat gambar yang tepat. Pilihlah spidol yang tahan air, GenK, supaya tidak luntur kalau sepatu buatanmu terkena air hujan.

Baca Juga
Tampil Stylish dengan 5 Bahan Kerudung Ini!
Ada beragam jenis spidol dengan harga yang bervariasi juga di pasaran. Pilihlah spidol sesuai dengan budget kamu, GenK.

Spidol khusus bahan kain

sepatu lukis 6

Spidol khusus bahan kain (sumber: dn.images.fecom-media.com)

Karena media lukisnya adalah sepatu kanvas, kamu bisa menggunakan spidol khusus untuk bahan kain. Jenis spidol ini bisa kamu pakai untuk menggambar di baju, celana, tas, atau barang lainnya yang berbahan dasar kain. Kalau spidol biasa dapat luntur, lain halnya dengan spidol ini yang tahan air.

Pernis

sepatu lukis 7

Pernis (sumber: diy.sndimg.com)

Pernis kerap kali digunakan untuk finishing warna atau lapisan terakhir dari cat. Berfungsi agar warna sepatu buatanmu terlihat lebih mengkilap. Sebelum mengaplikasikan pernis, kamu perlu memastikan kalau cat akrilik sudah kering. Jika sudah, barulah kamu lapis dengan pernis. Sebenarnya penggunaan pernis sifatnya opsional. Tergantung bagaimana hasil akhir yang kamu inginkan.

Baca Juga
Cara Mudah Merawat dan Mencuci Sepatu Sesuai Jenis dan Bahannya

Cara Membuat Sepatu Lukis

Setelah mengetahui alat dan bahan apa saja yang kamu butuhkan, sekarang kamu bisa mulai untuk mempraktikkan cara yang akan kami bagikan khusus buat kamu. Caranya tergolong mudah, asalkan semua alat dan bahan sudah siap, maka proses pengerjaan jadi lebih mudah. Daripada penasaran, mending langsung simak saja di bawah ini, GenK!

Cari referensi

Mencari referensi merupakan hal pertama yang perlu kamu lakukan. Mengapa demikian? Karena dengan mencari referensi bisa mengembangkan ide dan imajinasi kamu menjadi lebih kreatif dan out of the box.

sepatu lukis 8

Referensi sepatu lukis (sumber: cdn.instructables.com)

sepatu lukis 9

Referensi sepatu lukis (sumber: danabryant.co)

sepatu lukis 10

Referensi sepatu lukis (sumber: behance.net)

Tentukan model sepatu

Ada beragam jenis sepatu untuk pria dan wanita. Semua bisa kamu pilih sesuai selera. Umumnya sepatu lukis menggunakan sepatu model sneakers dan slip on casual.

Siapkan alat dan bahan

Pastikan semua sudah lengkap. Kamu juga bisa menambahkan beberapa alat dan bahan lain sesuai dengan kreasi desain yang sudah kamu rencanakan.

Bersihkan sepatu dari debu

Pastikan sepatu kanvas polos yang sudah kamu miliki bebas dari debu supaya nantinya tidak ada cat yang menggumpal. Bisa berabe kalau menggumpal, GenK, karena dapat mengurangi keindahan hasil akhir.

Buat sketsa gambar

Ini merupakan cara alternatif buat kamu yang baru pertama kali melukis di sepatu kanvas. Buatlah sketsa gambar dengan pola-pola yang unik. Semakin rumit pola yang kamu buat, maka semakin rumit pula untuk melukisnya. Untuk membuat sketsa, pensil atau spidol bisa menjadi pilihanmu.

Mulai melukis gambar

Ini merupakan tahap paling penting, GenK. Pilih warna-warna segar dan playful supaya sepatu lukis buatanmu terlihat menarik dan super kece. Lakukan tahap ini secara perlahan untuk meminimalisasi kesalahan lukis. Kalau misalnya terjadi kesalahan, kamu tidak perlu khawatir, GenK. Dengan cat akrilik, kamu bisa menimpa warna yang sudah kering dengan warna yang baru.

Baca Juga
5 Jenis Sepatu Pria yang Membuatmu Tampil Modis

Finishing

Tahap terakhir merupakan tahap finishing. Gunakan pernis apabila kamu menginginkan hasil akhir yang lebih mengkilap. Sebelum mengaplikasikan pernis, pastikan cat akrilik sudah kering terlebih dahulu. Kalau semua sudah selesai, keringkan lagi sepatu buatanmu di bawah teriknya matahari supaya proses pengeringan lebih cepat selesai.

Sepatu siap dipakai

Sepatu lukis buatanmu siap untuk dipakai kemana saja, GenK!


Nah, itu dia alat dan bahan serta cara membuat kreasi sepatu lukis yang bisa kamu praktikkan sendiri di rumah. Mudah sekali bukan? Alat dan bahan yang diperlukan juga tergolong murah. Apakah sekarang kamu jadi tertarik untuk membuatnya? Selamat berkreasi dengan sepatu kanvas kamu, GenK!

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

Fashion

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Fashion

6 Jenis Topi yang Bikin Penampilanmu Makin Fashionable

Fashion

4 Rekomendasi Situs Belajar Desain Baju Gratis dan Berbayar

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link