Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

Dibaca Normal: 4 menit aja
cara membuat pola baju

Kamu ingin tampil menarik dengan rancangan baju custom yang unik, tanpa perlu repot-repot ke tukang jahit? Ingin belajar cara membuat pola baju yang mudah untuk pemula? Simak panduan lengkapnya di artikel berikut ini, GenK.

Siapa sih yang tidak ingin tampil paripurna di momen-momen istimewa? Mulai dari wisuda, acara pernikahan, ulang tahun, sampai pesta prom, sudah hal yang wajar kalau kalau setiap orang akan berlomba-lomba untuk hadir dalam balutan busana terbaik dong, termasuk kamu, setuju gak?

Ibarat kata pepatah nih, baju yang kita pakai akan mencerminkan kepribadian dan personal branding diri kita di depan publik. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk memberikan perhatian lebih ke pakaian yang kamu gunakan. Untuk tampil sempurna, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengenakan baju yang pas dan cocok untukmu, Genk.

Baju yang pas bukan hanya soal ukuran loh, tapi desain dan tampilan keseluruhan pakaian juga mesti diperhatikan. Nah, oleh karena itu, di artikel ini, kami kamu bisa belajar step-by-step cara membuat pola baju yang simpel dan bisa dipraktikan sendiri di rumah.

1. Persiapkan Alat 儭

Cara membuat pola baju 1

Ilustrasi peralatan untuk membuat pola desain baju (sumber: electrowow.net)

Sebelum belajar cara membuat pola baju, hal pertama yang perlu GenK lakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Tenang aja, alat-alat berikut bisa dengan mudah kamu temukan di toko-toko yang menjual keperluan untuk menjahit.

Apa aja tuh daftar peralatannya? Nih monggo dicatat:

  • Pensil untuk menggambar pola. Kamu dapat menggunakan pensil apa pun tanpa ada spesifikasi khusus. Mau pensil 2B bekas ujian tiga lalu juga oke aja, GenK.
  • Penghapus. Kalau ada pensil pastinya harus ada penghapusnya juga dong.
  • Kertas. Bisa menggunakan kertas khusus untuk pola, atau kertas gambar yang dapat kamu temukan di toko-toko ATK terdekat.
  • Penggaris. Panjang penggaris bisa disesuaikan tergantung dari desain yang ingin kamu buat.
  • Pita meteran. Alat yang satu ini wajib mesti kudu ada, supaya desain baju yang kamu buat nantinya bisa pas nih.

Baca Juga
Panduan Lengkap Cara Memilih Ukuran Baju yang Pas

2. Waktunya Mengukur Baju

Cara membuat pola baju 2

Ukuran baju yang pas akan membuatmu tampil lebih percaya diri (sumber: youworkforthem.com)

Tahapan selanjutnya dalam cara membuat pola baju adalah mengukur badan kamu, GenK. Ambil pita meteran, lalu pensil dan juga kertas, untuk mencatat hasil ukuran. Untuk membuat baju yang pas, beberapa bagian yang perlu kamu ukur yaitu:

  • Panjang baju. Kamu dapat menentukan sendiri panjang baju sesuai keinginanmu. Ukurlah panjang baju mulai dari bahu sampai batas yang kamu mau.
  • Lingkar dada. Lingkari bagian atas dada dari bawah ketiak sampai bagian dada yang menonjol.
  • Lingkar leher. Gunakan pita meteran untuk mengukur bagian terbesar leher.
  • Panjang lengan. Untuk baju lengan panjang, tarik pita hingga dari pundak hingga ke pergelangan tangan. Sementara untuk baju lengan pendek, ukurlah mulai dari pundak sampai batas yang kamu inginkan.
  • Lebar bahu. Rentangkan pita meteran mulai dari bagian paling tinggi bahu dekat leher sampai ke ujung dekat lengan.

Nah, untuk informasi yang lebih lengkap, kamu bisa langsung kepoin artikel kami sebelumnya, tentang cara memilih ukuran baju yang pas. Dijamin udah gak ada lagi yang namanya masalah baju kekecilan atau kebesaran.

Baca Juga
8 Merk Sepatu High Heels yang Dikenal Nyaman

3. Menggambar Pola Dasar

Cara membuat pola baju 3

Contoh pola jaket (sumber: carakus.com)

Berlanjut ke tahap berikutnya, sekarang saatnya untuk menggambar pola dasar untuk baju yang akan kamu buat, GenK. Meski setiap jenis baju memiliki bagian uniknya masing-masing, kamu dapat menggunakan satu pola utama untuk dijadikan patokan saat membuat beragam desain baju yang berbeda loh.

Hal yang mesti kamu dipertimbangkan saat menggambar pola dasar adalah pada jenis baju yang ingin dibuat. Misalnya untuk baju blus atau kemeja, kamu membutuhkan pola dasar atas dan pola dasar lengan. Sementara untuk desain baju terusan seperti gamis atau gaun, kamu dapat memakai pola dasar atas dan bawah.

Untuk detail cara membuat pola baju berdasarkan masing-masing bagiannya, simak penjelasan lengkapnya berikut:

  • Pola dasar atas

Pola dasar untuk membuat baju atasan, meliputi bahu sampai pinggang dan terdiri dari bagian depan dan belakang. Gunakanlah ukuran baju yang telah kamu ambil sebelumnya, lalu mulailah menggambar di atas selembar kertas.

  • Pola dasar lengan

Berikutnya ada pola dasar yang wajib ada jika kamu ingin membuat baju dengan lengan, baik panjang maupun pendek. Untuk baju lengan panjang, gunakan ukuran lengan hingga pergelangan tangan, dan ukuran lengan hingga siku untuk baju lengan pendek.

  • Pola dasar bawah

Kalau dua pola sebelumnya berguna untuk membuat pakaian berupa baju atasan, sekarang kamu dapat memanfaatkan cara membuat pola dasar bawah untuk celana dan rok. Ukuran untuk pola ini dimulai dari pinggang hingga ke mata kaki dengan dua bagian depan dan juga belakang.

  • Pola dasar atas dan bawah

Buat kamu yang ingin membuat baju terusan seperti gaun atau gamis, pola dasar atas dan bawah merupakan pilihan tepat yang menggabungkan pola atas dan pola bawah untuk merancang desain baju yang kamu mau.

Demikian tadi tips dan trik cara membuat pola baju yang mudah dan simpel, GenK. Nah, kalau kamu tertarik untuk bergelut di bidang fashion, kamu bisa langsung belajar desain baju secara gratis lewat beberapa platform kursus online loh.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Fashion

6 Jenis Topi yang Bikin Penampilanmu Makin Fashionable

Fashion

4 Rekomendasi Situs Belajar Desain Baju Gratis dan Berbayar

Fashion

Yuk Intip Inspirasi Gaya Padu Padan Celana Kulot!

            Thank u, next!