Bikin Clutch Bag Gak Harus Mahal! Ini Tips DIY-nya

Dibaca Normal: 5 menit aja ★
cara membuat tas clutch bag

Pernah siap-siap ke pesta terus bingung mau pakai tas apa? Pakai tas yang biasa, kebesaran. Pakai tas pesta mama, nggak cocok dengan outfit. Kamu gak akan repot memilih kalau kamu tahu cara membuat tas sendiri, GenK.

GenK, di usia kita, makin banyak undangan pesta berdatangan. Kakak angkatan menikah, teman tunangan, rekan orangtua gelar hajatan, dan acara resmi dari klien kantor.

Kalau sudah begini, kamu perlu punya stok tas yang bisa dibawa ke mana-mana. Nah, jenis tas clutch bag jadi penyelamat outfit kamu ke pesta.

Seringkali tas kecil ini dimiliki ibu kita, karena harganya cukup mahal dan bersaing dengan keperluan fashion bulananmu yang lain. Tapi tidak jarang motif clutch bag mama tabrakan dengan motif batik rokmu, atau terlalu glittery dan banyak payet.

Kalau kamu tahu cara membuat tas clutch bag sendiri, kamu bisa menyesuaikan desain dan warnanya dengan outfit-mu. Harganya pun tidak semahal kalau membeli, jadi bisa bikin beberapa untuk bertukar gaya.

Ke pesta tidak akan tidak akan ribet lagi, GenK!

Asal-Usul Clutch Bag

cara membuat tas 1

Contoh clutch bag (sumber: freepik.com)

Istilah clutch bag bisa mencangkup beragam bentuk, ukuran, dan model tas. Tidak ada standar baku dimensi atau karakter sebuah tas untuk disebut sebagai clutch bag.

Biasanya, clutch bag punya ukuran kecil, datar, tanpa tali dan pegangan. Tetapi, tas dengan ukuran lebih besar yang memiliki detachable straps juga bisa disebut clutch bags. Jadi, clutch bag ditandai dengan ukurannya yang slim dan bisa digenggam ke mana-mana.

Bentuk yang relatif tipis dan kecil hanya memungkinkan kamu membawa sedikit saja barang, contohnya handphone, satu lip tint, satu mini pocket berisi kartu-kartu debit, dan sejumlah uang tunai. Dan seperti namanya, kamu harus clutching sepanjang acara, alias menggenggamnya agar tidak tercecer.

Dengan penggunaannya yang agak tricky dan malah cenderung merepotkan untuk sebagian orang, kenapa clutch bag bisa jadi salah satu fashion item yang diandalkan ke acara penting?

Rupanya, tren penggunaan clutch bag bermula pada 1920-an, kala gaun-gaun cantik perempuan tidak punya cukup ruang untuk saku baju. Sementara itu, tas besar bertali mengganggu siluet outfit dan bagian bahu baju.

Dari situlah clutch bag, tas kecil tanpa tali dibuat. Fungsinya tidak menggantikan tas, namun menggantikan saku baju. Karena itu pula clutch bag tidak menampung banyak barang.

Baca Juga
5 Inspirasi OOTD Bukber untuk Wanita
cara membuat tas 2

Contoh clutch bag (sumber: freepik.com)

Di samping itu, penggunaan satu tas besar untuk segala acara tampak tidak cocok dengan acara spesial. Karena itu clutch bag kemudian tercipta dengan kesan dikhususkan untuk melengkapi dan memperindah outfit, alih-alih mengedepankan fungsi praktis.

Nah, fungsi pelengkap dan pengindah outfit ini sama halnya dengan fungsi perhiasan yang kita pakai saat ke pesta. Karena itu, para produsen dari brand fashion ternama memasarkan clutch bag dengan spesial, layaknya memasarkan perhiasan.

Kemiripan fungsi clutch bag dengan perhiasan juga membuat harganya kini kian melambung, khususnya yang original dari brand kenamaan dunia.

Nah, jika kamu tahu cara membuat tas clutch bag, kamu bisa menghemat pengeluaran ke pesta tanpa ribet membawa tas besar.

DIY Clutch Bag Envelope

Clutch bag dengan desain menyerupai amplop adalah salah satu bentuk yang mudah dibuat. Meski mudah, namun jika kamu membuatnya dengan rapi dan menggunakan warna serta material yang baik, clutch bag handmade buatanmu akan tampak tak kalah cantik di pesta, GenK!

Untuk membuat clutch bag berbentuk envelope, berikut material yang bisa kamu persiapkan:

  1. Kain, atau bahan kulit. Pilih motif yang semi formal atau monokrom. Kamu bisa bermain dengan beragam tekstur bahan, mulai dari yang licin sampai kulit jeruk. Bahan seperti satin memunculkan kesan feminin, sementara bahan kulit mengesankan look kuat.
  2. Pengait. Ada macam macam pengait yang bisa kamu pakai, mulai dari kancing, velcro, sampai pita. Sesuaikan bentuk dan warnanya dengan kain atau bahan kulit yang kamu pakai ya, GenK.
  3. Glue gun atau lem kayu
  4. Gunting
  5. Penggaris
  6. Kertas tebal/kertas kardus
  7. Benang sewarna kain
  8. Jarum
  9. Opsional: tali karet
Baca Juga
Tetap Stylish dengan 6 Tips Fashion Hijab Ini

Kalau sudah siap dengan bahan-bahannya, mari kita mulai langkah-langkah membuat clutch bag:

  1. Bentuk pola amplop di atas kertas tebal atau kertas kardus. Polanya adalah dua persegi panjang, dan satu shape segitiga seperti bagian penutup amplop. Oya, bentuk polanya bisa kamu sesuaikan dengan preferensi ya, Genk.
  2. Potong pola clutch bag.
  3. Susun kertas berpola di atas kain, urutannya persegi panjang, di atasnya persegi panjang lagi, lalu paling atas segi tiga. Beri jarak masing-masing 2 cm. Rekatkan kain ke kertas berpola dengan glue gun atau lem kayu.
  4. Potong kain yang telah ditimpa pola. Sisakan bagian lidah sekitar 1.5 cm sebelum dipotong. Jika sudah dipotong, lem bagian lidah ke arah dalam kertas pola.
  5. Ambil kain untuk lapisan dalam clutch bag. Potong mengikuti pola.
  6. Rekatkan kain lapisan dalam dengan glue gun atau lem kayu.
  7. Ambil kain untuk bagian samping clutch bag. Kain bagian samping ini bisa kamu sesuaikan untuk mengatur seberapa lebar clutch bag kamu bisa dibuka. Potong kain samping sebanyak dua lembar sesuai lebar clutch yang kamu mau. Kamu juga bisa menyisipkan tali karet di kain samping jika mau.
  8. Rekatkan kain samping ke badan clutch bag kamu, di sisi kiri dan kanan.
  9. Pasang pengait antara penutup clutch dengan badan clutch-nya.

Jika kamu memakai velcro, potong sekitar 2 cm dan tempelkan ke bagian dalam penutup dan badan clutch bag dengan glue gun.

Kamu juga bisa memasang kancing dan pita sebagai pengait. Lubangi bagian penutup amplop dan rapikan lubangnya dengan jahit pinggir. Tempel kancing dan pita di bagian badan clutch bag dengan glue gun.

Yak, jadi deh clutch bag! Pola ini bisa kamu kembangkan juga loh ke bentuk bundar, persegi panjang, dan clam.

cara membuat tas 3

Contoh clutch bag (sumber: freepik.com)

Kamu bisa menambahkan beragam elemen untuk memberi kesan glam. Contoh, dengan menempelkan mutiara, beads, payet, dan elemen-elemen shiny lainnya.

Untuk look yang lebih feminin, padukan kain badan clutch bag dengan kain lace, tule, dan kain-kain yang memiliki bordiran.

Baca Juga
7 Keuntungan Kalau Kamu Memakai Baju Hitam

Nah, kamu bisa berkreatifitas menciptakan clutch bag cantik dengan melapisi badan clutch menggunakan kain lace, tule, dan kain-kain transparan lain yang memiliki motif.

Jika kamu ingin tetap menonjolkan kain bahan utama yang melapisi badan clutch bag, kamu bisa menggunakan kain berbordir motif bunga. Potong bagian bordirannya untuk jadi bahan aksen. Kamu juga bisa membeli patch motif bunga.

Letakkan bordiran bunga di sisi penutup clutch bag dan rekatkan dengan glue gun atau jahit hati-hati agar tidak kelihatan.

Penampilan kamu akan lebih cantik dengan tambahan aksesoris wanita yang desainnya lucu. Dan, seandainya, kamu ingin mencari alternatif tas lain, artikel kami tentang jenis tas wanita bisa jadi solusi buatmu.


Selamat mencoba, GenK, dan selamat bersiap ke pesta!

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

Fashion

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Fashion

6 Jenis Topi yang Bikin Penampilanmu Makin Fashionable

Fashion

4 Rekomendasi Situs Belajar Desain Baju Gratis dan Berbayar

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link