Cara Membuat Tie Dye Anti-Gagal

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat tie dye

Warna-warna cerah dan motif unik dari kreasi tie dye memang menarik untuk dipandang. Apalagi kalau dibikin jadi salah bagian dari koleksi fashion item kamu. Gak perlu beli, kami akan kasih tahu cara membuat tie dye praktis untuk gaya OOTD kamu berikutnya. Dicek yuk!

Dengan menjamurnya tren desain outfit kekinian, kamu bisa menemukan banyak referensi model, dan gaya desain fashion bermacam rupa. Dari banyaknya pilihan art yang ada, tie dye menjadi salah satu yang cukup populer, GenK.

Dengan pola dan cara pembuatan yang khas, pakaian hasil tie dye memang dapat mencuri perhatian orang. Selain artsy, cara membuat tie dye pun ternyata sangat mudah loh.

Kamu bisa buat sendiri di rumah dengan gaya dan ciri khasmu, GenK. Kami bakal kasih tahu kamu cara bikin tie dye ala kamu sendiri dengan macam-macam motif. Sudah siap? Ayo kita mulai!

Dasar Pembuatan Tie Dye

Tie dye adalah teknik pewarnaan pakaian yang ditemukan pertama kali di Amerika pada pertengahan tahun 1960-an. Proses pewarnaan yang juga disebut teknik ikat celup ini dilakukan dengan menggunakan pewarna khusus yang disebut dye.

Cara membuat tie dye pun terbilang mudah karena tidak membutuhkan perlengkapan khusus yang ribet. Kamu bisa dengan mudah menemukan alat-alat untuk membuat tie dye di toko-toko terdekat.

Dalam pembuatannya, ada banyak teknik berbeda yang dapat kamu coba untuk menghasilkan variasi pola dan motif pada pakaian. Mulai dari pola spiral, galaksi, emoji, mandala, garis, dan masih banyak lagi.

  • Alat dan Bahan

cara membuat tie dye 1

Alat dan bahan untuk membuat tie dye (sumber: instructables.com)

Sebelum kamu belajar cara membuat tie dye, persiapkan dulu beberapa peralatan dan bahan-bahan berikut:

1. Persiapkan kaos berwarna putih polos berbahan kain katun 100%. Kamu membutuhkan bahan utama kaos putih polos sebagai kanvas untuk kreasi tie dye-mu. Kamu dapat menggunakan kaos dari bahan campuran 50% kain katun dan 50% kain polyester.

Catatan: Jika kamu memakai kaos dari bahan 100% kain polyester, warna tie dye biasanya tidak akan menempel dengan sempurna serta lebih mudah luntur. Warna dye hanya dapat melekat dengan baik pada kain berbahan alami seperti katun, rayon, atau sutera

Tips: Untuk kaos baru, kamu wajib mencucinya hingga bersih sebelum diwarnai. Pastikan sebelum diwarnai, kaos yang kamu gunakan bersih dari kotoran juga yah.

Baca Juga
7 Keuntungan Kalau Kamu Memakai Baju Hitam

2. Siapkan campuran pewarna dye. Kamu dapat membeli pewarna khusus pakaian di toko-toko tekstil atau tempat penjual bahan-bahan kerajinan. Bahan pewarna tersebut biasanya masih dalam bentuk bubuk. Saat kamu membeli, pilihlah tiga warna dasar merah, kuning, dan biru.

Tips: Kamu bisa mencampurkan ketiga warna dasar tadi menjadi warna ungu, oranye, dan hijau. Gunakanlah air hangat untuk melarutkan bahan pewarna dye yang telah kamu beli. Beberapa toko juga ada yang telah menyediakan tie dye siap pakai di dalam botol. Jadi bisa langsung kamu pakai deh!

3. Sediakan karet gelang atau tali untuk mengikat kaos saat proses pewarnaan. Tali dan karet gelang akan digunakan untuk mengikat kaos agar mudah untuk diwarnai dan menghindari bercampurnya warna, GenK.

4. Untuk hasil warna yang lebih baik, siapkanlah larutan pengawet sederhana. Campurkan 250 ml soda abu dengan 4 liter air hangat ke dalam ember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fashion

Yuk Kenali 10 Jenis Dompet Berikut, Manakah Favoritmu?

Fashion

7 Jenis Celana Wanita Bikin Kamu Tampil Makin Kece

Fashion

7 Jenis Celana Pria Penyempurna Gaya yang Wajib Kamu Tahu

Fashion

Panduan Cara Merawat Tas Agar Awet dan Tahan Lama

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link