Cara Mudah Merawat dan Mencuci Sepatu Sesuai Jenis dan Bahannya

Dibaca Normal: 6 menit aja
cara mencuci sepatu sesuai bahan

GenK, kamu mengoleksi sepatu tapi tidak tahu cara mencuci sepatu dengan benar? Mau coba-coba, tapi takut sepatu kesayanganmu rusak? Atau kamu bingung bagaimana merawat sepatumu supaya awet? Jangan khawatir, GenK, kamu bukan satu-satunya yang merasa begitu kok!

Slider
Slider
Slider

Dalam beberapa tahun terakhir Indonesia dilanda “demam sepatu”, hal ini terlihat dari banyaknya merek sepatu lokal yang bermunculan. Tidak hanya sebagai alas kaki, sepatu sekarang sudah menjelma menjadi bagian penting untuk melengkapi penampilan kamu, GenK. Tentu kamu tidak mau penampilan kamu turun drastis karena sepatu yang kotor dan terlihat belel.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Sayangnya, karena posisinya yang berada di kaki, sepatu adalah bagian outfit yang paling mungkin terkena kotoran. Ketika cuaca hujan sepatu juga sangat rawan noda ketika harus menginjak genangan air. Pada saat cuaca kering, debu akan sangat mudah menempel ke bagian sepatu, meninggalkan kesan kotor dan juga usang.

Untuk menghadapinya tentu kamu bisa membawa sepatu kamu ke tempat cuci khusus sepatu yang akhir-akhir ini menjamur. Ketika memasukan sepatu ke tempat cuci sepatu, kamu tentu harus bersabar GenK, karena sepatu kamu harus menunggu giliran untuk dibersihkan. Apalagi ketika musim hujan, waktu tunggu kamu pasti menjadi lebih lama. Biaya membersihkannya pun beragam, mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 150.000 untuk sepasang sepatu tergantung dari kesulitan pengerjaan hingga bahannya.

Lalu bagaimana jika kamu membutuhkan sepatumu secepatnya atau tidak mau mengeluarkan uang untuk memasukannya ke tempat cuci sepatu. Tenang saja kami akan membantu kamu GenK!

Cara Merawat dan Mencuci Sepatu

Setiap jenis sepatu memiliki kesulitannya tersendiri untuk dirawat dan juga dibersihkan, tergantung dari bahan utama sepatu tersebut. Cara mencuci sepatu kanvas tentu tidak bisa disamakan dengan cara membersihkan sepatu suede yang terkenal mudah kotor itu. Untuk itu kami membagi cara mencuci sepatu kamu sesuai jenis dan bahan utamanya, GenK.

Running Shoes

sepatu1

                 Sumber: Nahproject.com

Sepatu lari biasanya menggunakan bahan jala atau rajutan pada bagian atas. Untuk merawat jenis yang satu ini sebetulnya cukup sederhana, GenK. Yang paling penting adalah berhati-hati ketika memakainya dan juga mencopotnya. Ini berarti kamu harus melonggarkan tali sepatu sebelum menggunakannya dan juga tidak boleh menginjak bagian  depan sepatu untuk mencopotnya

Walaupun sering digunakan sebagai sepatu casual, sepatu jenis running shoes merupakan sepatu yang dirancang untuk berolahraga. Maka dari itu sebisa mungkin kamu harus menggunakan kaus kaki untuk menghindari lembapnya kaki yang bisa menyebabkan jamur di kaki dan juga sepatu.

Cara mencuci sepatu jenis ini adalah dengan menggunakan deterjen berkualitas bagus yang  diencerkan dengan air. Gosok sepatu kamu dengan larutan detergen sebelum dibilas menggunakan air dingin. Untuk mengeringkannya, kamu tidak perlu menggunakan hairdryer, cukup diangin-anginkan di tempat  yang tidak terkena cahaya matahari atau langsung di depan kipas angin.

Sepatu Kanvas

sepatu2

             Sumber: Instagram.com/sepatucompass

Sebelum menggunakan sabun pembersih, kamu harus menggosok sepatu kanvas kamu yang masih kering menggunakan sikat untuk menghilangkan noda dan juga kotoran. Kamu bisa menggunakan sikat medium. Jangan ragu dalam menyikatnya karena sepatu kanvas memiliki ketahanan yang bagus.

Selanjutnya, gunakan sabun pembersih sepatu khusus kanvas. Jika kamu tidak memilikinya, gunakan sabun detergen yang sudah dicampur air. Tuangkan  cari pembersih ke sepatu kamu sedikit demi sedikit pada tiap bagian lalu gosok kembali menggunakan sikat. Jika menurut kamu sepatu sudah bersih, gunakan kain lap untuk membersihkan busa dan juga bagian basah di sepatu kamu. Selanjutnya kamu bisa mengeringkan sepatu di depan kipas angin.

Baca Juga
Tips dan Trik Thrift Shopping

Untuk membersihkan sol sepatu yang berwarna putih, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi sebagai pengganti cairan pembersih sepatu. Pastikan kamu tidak merendam sepatu kanvas di dalam air, karena hal ini akan membuat lem dalam sepatu kanvas rusak dan membuat sepatu kamu terlihat tidak menarik nantinya.

Sepatu Kulit

sepatu3

                    Sumber: bukalapak.com

Ada banyak jenis kulit yang digunakan sebagai bahan dasar sepatu, GenK, tapi semuanya memiliki kesamaan cara rawat. Setiap sepatu kulit perlu dikondisikan agar kilau dan warnanya tetap utuh. Untuk itu kamu harus menggunakan semir sepatu yang berwarna netral atau sol sepatu yang warnanya benar-benar sesuai dengan sepatu kamu. Tentu kamu tidak bisa menggunakan sol sepatu berwarna hitam untuk sepatu kulit kamu yang berwarna coklat muda.

Sebelum mengaplikasikan semir sepatu, pastikan untuk membersihkan kulit sepatu kamu dengan kain lembut. Jika ada noda, gunakan larutan cuka dan air, digosokkan dengan lembut pada noda lalu keringkan menggunakan kain lembut kembali. Setelah itu kamu bisa memoles sepatu kulit kamu dengan semir sepatu.

Sangat dianjurkan untuk memoles dengan semir sepatu setiap sebulan sekali. Dan, gunakanlah semir sepatu yang berbahan minyak atau lilin untuk hasil yang maksimal.

Suede

sepatu4
                                                                              Sumber: starstyleman.com

Sepatu suede terkenal sebagai sepatu yang sangat sulit dibersihkan. Karena itu, untuk menjaga sepatu suede kesayangan kamu, usahakan menggunakan semprotan penahan air khusus sepatu yang mengandung silikon sebelum kamu memakainya. Semprotan ini bisa kamu dapatkan di toko sepatu atau berbagai pusat perbelanjaan. Dengan semprotan ini, sepatu suede kamu bisa lebih terlindung dari air, karena apabila sepatu suede kamu basah tidak ada yang bisa mengembalikan warnanya seperti sedia kala.

Satu hal lagi yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan semprotan perlindungan air tadi: Coba terlebih dahulu ke satu titik di bagian sepatu suede kamu lalu diamkan dalam beberapa jam. Jika semprotan itu tidak mengubah warna sepatu suede kamu, lanjutkan untuk menyemprotkan cairan perlindungan air ke seluruh sepatu kamu.

Walaupun sudah menggunakan semprotan tadi bukan berarti kamu bebas menggunakan sepatu suede kamu melewati genangan air GenK. Apabila kamu tidak bisa menghindari sepatu suede kamu terkena air, bungkus sepatu suede kamu menggunakan koran bekas yang tintanya tidak luntur. Kamu juga bisa memasukan potongan koran ke dalam sepatu kamu untuk membuatnya cepat kering dan menjaga bentuknya.

Jika sepatu suede kamu hanya kotor akibat noda sedikit, kamu bisa menggunakan penghapus karet untuk menghilangkan nodanya. Karena kulit suede yang sensitif, gunakan penghapus dengan lembut ya. Setelah itu, sikatlah dengan gerakan satu arah hanya menggunakan sikat khusus suede yang berbahan halus. Jika kamu menyikat sepatu berbahan suede atau nubuck dengan arah yang tidak beraturan, warna sepatu kamu akan terlihat tidak rata dan usang.

Sandal Kulit

sepatu5

   Sumber: Instagram.com/birkenstockid

Dalam beberapa tahun terakhir birkenstock menjadi trend untuk melengkapi penampilan kamu yang santai. Namun masih jarang yang tahu cara membersihkan alas kaki dengan jenis ini. Padahal untuk membersihkan dan menjaga sandal yang berbahan kulit ini tidaklah terlalu sulit.

Baca Juga
5 Inspirasi OOTD ke Kampus

Cara paling mudah untuk menjaga agar sandal kulit tetap terlihat bersih adalah pastikan kaki kamu bersih dan kering ketika menggunakannya. Ingat, GenK, tidak ada yang lebih menyebalkan dari sandal kulit yang mempunyai bekas telapak kaki penggunanya. Sementara untuk mencucinya, gunakan campuran soda kue dan air. Gosokan campuran tadi ke atas bagian telapak kaki sandal kulit kamu. Jangan pedulikan busa cokelat kasar yang akan terbentuk.

Selanjutnya ambil sikat gigi dan sikat sisanya dengan gerakan memutar. Setelah dirasa cukup bersih Bilas dengan air mengalir yang dingin karena air panas dapat merusak kulit sandalmu. Keringkan sandal kulit kamu dengan lap kering lalu taruh di tempat berangin yang terhindar dari sinar matahari langsung. Pastikan sandal kulit kamu sudah benar-benar kering sebelum digunakan.

Hal yang Harus Dihindari dalam Merawat Sepatu

Setelah membahas cara mencuci sepatu dan juga merawatnya, kamu harus mencatat juga beberapa hal yang harus kamu hindari berikut. Karena bukannya membersihkan, hal-hal ini bahkan bisa merusak sepatu kamu.

Mesin Cuci

Berlawanan dengan kepercayaan umum, mesin cuci adalah zona larangan untuk semua jenis sepatu berbahan kanvas / rajutan atau sepatu mesh. Bahkan dalam setting putaran paling rendah sekalipun, mesin cuci bisa merusak lem yang menjaga kerapatan sepatu dan membuat sol sepatu kamu terlihat lebih usang.

Membungkus dalam Kantong Plastik

Sama seperti kulit kita, sepatu berbahan dasar kulit membutuhkan aliran udara yang baik untuk memungkinkannya bernafas. Jangan pernah menyimpan sepatu kamu dalam kantong plastik untuk menjaganya bebas debu.

Digunakan Terus-menerus

Terus-menerus memakai sepasang sepatu yang sama dapat merusak struktur sepatu. Dalam hal ini, tidak ada jumlah pembersihan yang dapat menyelamatkannya. Rotasi beberapa pasang sepatu kamu sesering mungkin, GenK.

Kaki yang Basah

Selalu keringkan kaki kamu sebelum mengenakan sepatu.  Kaki yang basah atau lembap dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan dan juga menyebabkan sepatu menjadi berjamur.

Baca Juga
Girl, Tampil Trendi dengan 5 Jenis Tas Ini!

Mendiamkan Noda dan Air

Lumpur dan cairan yang membuat sepatu basah harus segera dibersihkan, khususnya dari sepatu kulit. Apabila kamu tunda-tunda, noda ini bisa berkerak dan akhirnya susah dihilangkan, GenK.

Penggunaan Hairdryer

Jangan keringkan sepatu lembap kamu langsung di dekat sumber panas. Hal ini bisa merusak lem sepatu kamu dan merusak bahan dasar sepatu. Pengeringan alami menggunakan udara adalah yang terbaik.


Dengan rutin mencuci dan merawat sepatu kamu secara tepat, tentunya penampilan kamu akan lebih maksimal. Semoga artikel ini membantu ya, GenK!  

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Fashion

Sekilas Terlihat Sama, Yukata dan Kimono Itu Ternyata Berbeda, Loh!

Fashion

Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

Fashion

5 Jenis Sepatu Pria yang Membuatmu Tampil Modis

Fashion

Yuk Kenali 10 Jenis Dompet Berikut, Manakah Favoritmu?

Fashion

5 Jenis Celana Jeans Wanita yang Lagi Ngehits Banget

Fashion

Yuk Intip Inspirasi Gaya Padu Padan Celana Kulot!

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link