Panduan Cara Merawat Tas Agar Awet dan Tahan Lama

Dibaca Normal: 4 menit aja
Cara-Merawat-Tas

Tas yang cantik dan bagus memang bisa jadi aksesoris penyempurna penampilan, GenK. Maka dari itu, menjaga tas kesayanganmu agar selalu dalam kondisi yang prima merupakan suatu keharusan. Makanya, kamu harus tahu cara merawat tas yang baik dan benar agar awet dan tidak mudah rusak.

Berbagai jenis bahan yang dipakai untuk membuat tas memiliki ciri khas dan cara perawatan yang berbeda-beda. Treatment khusus tentunya diperlukan untuk menjaga agar kondisi tas selalu tampak paripurna, baik dari segi tekstur, warna, sampai beragam fungsinya.

Kamu pastinya tak mau dong, tas yang sudah susah payah dibeli dan berharga cukup mahal jadi rusak hanya dalam waktu singkat. Nah, maka dari itu, beberapa cara merawat tas berikut bisa dicoba untuk untuk menjaga koleksi yang kamu miliki di rumah.

1. Simpanlah Tas dengan Benar

Cara merawat tas 1

Inspirasi tempat penyimpanan tas (sumber: balay.ph)

Cara merawat tas pertama yang paling penting dan harus diperhatikan adalah di bagian penyimpanannya. Yap, cara menyimpan tas yang baik dan benar bisa jadi salah satu langkah untuk memperpanjang usia tas dan membuat koleksimu selalu terjaga dengan rapi, GenK.

Jika kamu adalah pecinta tas dengan beragam jenis koleksi yang ada di rumah, cobalah untuk memberikan tempat penyimpanan khusus. Letakkanlah tas di dalam suhu ruangan, baik itu di area terbuka maupun lemari atau kabinet terpisah.

Hindari meletakkan tas, khususnya yang terbuat dari bahan kulit di dalam tempat dengan suhu yang tinggi. Material pembuat tas akan mudah terkelupas jika terpapar panas secara terus-menerus, apalagi di tempat yang tertutup tanpa adanya sirkulasi udara yang baik.

Pastikan tempat penyimpanan tas yang kamu gunakan tak hanya memiliki suhu yang stabil, tapi juga aliran udara yang lancar. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar tas selalu dalam kondisi kering, sehingga tidak mudah lembap dan terkena penjamuran.

Baca Juga
11 Merek Tas Kelas Dunia Idaman Para Wanita

2. Bungkus Tas Jika Perlu

Cara merawat tas 2

Dust cover khusus untuk membungkus tas (sumber: ehuahao.com)

Masih soal penyimpan, cara merawat tas yang baik dan benar adalah dengan menggunakan pembungkus khusus. Kamu pasti sering lihat dong tas branded seperti Chanel, Louis Vuitton, Gucci, dan Prada yang selalu dibungkus di dalam kompartemen khusus saat tidak digunakan.

Nah, cara merawat tas ini memang sudah bukan rahasia lagi, GenK. Ibaratkan makanan, tas pun juga rentan dari berbagai macam faktor yang dapat menurunkan kualitas tas. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bisa dari suhu, penjamuran, sampai gangguan hewan sejenis tikus dan kecoa. 儭

Ih, siapa yang sih yang mau tasnya rusak akibat berlubang karena gigitan tikus? Makanya, GenK, kamu dapat menempatkan tas di dalam dust bag yang sesuai dengan ukuran tas sebelum menyimpannya di lemari atau kabinet khusus.

Mau tambah aman? Kamu juga bisa memasukkan gel silica ke dalam tas untuk mencegah penjamuran. Dust bag dan gel silica bisa dengan mudah ditemukan di tempat penjualan tas atau bahkan sudah ada pas kamubeli loh.

Baca Juga
Tampil Beda dengan 5 Jenis Tas Pria Ini

3. Cara Membersihkan Tas

Cara merawat tas 3

Cara membersihkan tas yang baik dan benar (sumber: handbags.lovetoknow.com)

Tas yang terawat adalah tas yang selalu dibersihkan secara rutin dengan cara yang benar. Cara membersihkan tas juga punya peran penting untuk menjaga kualitas bahan agar tampak selalu cantik dan siap untuk kamu pakai kapan pun, GenK.

Cara merawat tas yang baik dan benar adalah dengan rajin membersihkan tas secara reguler memakai teknik dan alat yang tepat. Waduh, gimana tuh? Gak perlu susah-susah, sekarang, kamu cukup membeli pembersih khusus tas dengan harga yang terjangkau di toko favoritmu.

Carilah informasi tentang cara membersihkan tas saat kamu berbelanja dan cobalah untuk menanyakan apakah sang penjual juga menyarankan pembersih tertentu untuk produk tersebut. Jangan asal membersihkan tas dengan tisu basah, sabun, bahkan dengan detergen yah!

Penggunaan bahan kimia yang keras dapat berpotensi merusak material tas. Cara membersihkan tas paling sederhana adalah dengan menggosok secara perlahan menggunakan kain lembut seperti microfiber.

Itu dia tadi beberapa tips praktis cara merawat tas yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, GenK. Nah, bukan hanya cara merawat tas, kamu juga dapat menyimak artikel kami sebelumnya tentang cara merawat dan membersihkan sepatu loh. Semoga bermanfaat!


Simpulan

Wah, selepas membaca artikel ini, kamu sudah lebih banyak mengerti tentang cara merawat tas yang baik dan benar. kreativv ID sebagai sebuah creative content platform, berkomitmen untuk memberikan konten-konten berkualitas dari beragam bidang di industri kreatif untuk para pembaca setia.

Buat GenKreativv yang pengen terus update dengan informasi terkini di industri kreatif, kunjungi terus blog kami dan subscribe ke newsletter untuk konten terbaik langsung ke emailmu.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

7 Jenis Celana Wanita Bikin Kamu Tampil Makin Kece

Fashion

7 Jenis Celana Pria Penyempurna Gaya yang Wajib Kamu Tahu

Fashion

6 Jenis Jas Pria Paling Modis, Bikin Tampilan Tambah Klimis

Fashion

Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link