Mengenal Lookbook, Buku Panduan Inspirasi Gaya

Dibaca Normal: 4 menit aja
fashion lookbook

Kamu pemilik usaha fashion? Sering kebingungan bagaimana cara menawarkan produk ke calon pelanggan? Mending coba membuat lookbook fashion supaya bisnismu makin lancar.

Untuk memasarkan sebuah produk fashion, biasanya kita akan disodorkan foto produk tersebut atau ditunjukan secara langsung. Tapi seringkali foto produk saja tidak cukup, GenK. Para calon pembeli biasanya akan penasaran bagaimana sih cara padu padan yang tepat supaya terlihat kece.

Kamu bisa melihat inspirasi gaya berpakaian dari item fashion yang kamu inginkan melalui sebuah lookbook. Jadi gak ada lagi cerita kesulitan mencari pasangan baju, atau hiasan aksesoris. Buat kamu yang mau tahu selengkapnya, yuk simak artikel di bawah.

Apa Itu Lookbook?

lookbook 1

Mengenal lookbook (sumber: medium.com)

Di dalam industri fashion, majalah atau katalog memegang fungsi yang sangat penting sebagai referensi gaya yang akan dibuat. Para desainer biasanya menjadikan sebuah majalah editorial khusus fashion untuk acuan dalam menata gaya busana karya-karyanya.

Karya para desain yang telah jadi biasanya akan disusun menjadi sebuah buku yang berisi tampilan outfit lengkap, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Buku inilah yang disebut dengan lookbook.

Lookbook merupakan koleksi foto rancangan hasil desain yang telah dipadu dan padankan menjadi sebuah tampilan utuh. Mulai dari ujung kepala, hingga ujung kaki. Bentuknya jadi mirip seperti sebuah katalog, GenK.

Di dalamnya berisi foto-foto model yang menggunakan produk utama, dalam berbagai gaya dan tampilan. Tidak ketinggalan juga informasi mengenai semua produk yang digunakan.

Baca Juga
Tips Mix and Match Baju Neon, Gak Perlu Takut Saltum Lagi, GenK

Fungsi Lookbook

lookbook 2

Lookbook merupakan salah satu media promosi (sumber: mouldings.co)

Lookbook adalah salah satu jenis media pemasaran, yang banyak digunakan untuk mempromosikan produk dari sebuah merek. Sebagai media pemasaran, lookbook bertujuan untuk menarik para calon pembeli untuk membeli produk-produk yang ditawarkan.

Meskipun pada umumnya digunakan di dunia fashion, bidang-bidang industri lain juga dapat memanfaatkan lookbook untuk mempromosikan produk yang dijual loh. Ini salah satu trik cara jualan online yang bisa kamu coba, GenK.

Baik produk yang ditawarkan berupa barang kerajinan, alat-alat elektronik, furnitur, hingga peralatan makan, semuanya bisa. Pokoknya nih, apa pun yang kamu jual, selama masih bisa disentuh dan digunakan, lookbook adalah pilihan yang tepat sebagai media promosi.

Tak sekadar menyodorkan foto produk, dengan memberikan inspirasi cara penggunaannya, calon pembeli dapat lebih tertarik untuk membeli produk yang kita tawaran. Calon pembeli jadi lebih tahu kapan, dimana, dan bagaimana memakai sebuah produk supaya lebih fungsional.

Baca Juga
Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Manfaat Lookbook untuk Bisnismu

lookbook 3

Contoh complete look (sumber: fashionista.com)

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan lookbook untuk strategi pemasaran digitalmu. Selain meningkatkan pengalaman pelanggan, beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapatkan adalah:

  • Sumber inspirasi

Tujuan utama dari penggunaan lookbook adalah untuk menampilkan produkmu sebagai bagian dari sebuah tampilan utuh, dan bukan sebagai sebuah item yang terpisah.

Para pembaca akan tahu item apa saja yang bisa dikombinasikan, serta kapan dan bagaimana harus menggunakannya. Ibaratnya kayak panduan lengkap gitu, GenK.

  • Cerita di balik koleksimu

Menceritakan kisah di balik sebuah koleksi dapat meningkatkan nilai jual merek dan produkmu, GenK. Dengan membawa cerita dalam koleksimu, para calon pembeli akan lebih percaya dan loyal terhadap merek yang kamu bawa.

Filosofi di balik gaya desain, warna, dan model sebuah produk akan menawarkan pengalaman lebih bagi para penggunanya. Ini dia nilai plus yang membedakan lookbook dari fashion runway biasanya.

  • Membangun brand awareness

Bersaing di dunia fashion mengharuskan kamu untuk selalu berinovasi dengan sesuatu yang unik dan baru. Menjadi trendsetter dapat kamu lakukan dengan membuat orang-orang membicarakan hasil karyamu, melalui foto-foto terbaik yang menampilkan mahakaryamu.

  • Meningkatkan penjualan

Lookbook haruslah dibuat dengan akses yang mudah, agar para pembaca dapat langsung membeli hasil rancanganmu. Kamu dapat mencantumkan tombol atau link yang terhubung langsung dengan situs web produk. Jadi pelanggan bisa langsung belanja deh.

Baca Juga
Panduan Lengkap Cara Memilih Ukuran Baju yang Pas

Memilih Lookbook yang Tepat Untuk Beragam Keperluan

lookbook 4

Elemen visual adalah kunci dari lookbook (sumber: print-print.co.uk)

Nah, buat kamu yang tertarik untuk membuat lookbook, tidak perlu khawatir lagi. Kamu dapat membuat versi kamu sendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari produk yang ingin kamu pasarkan.

Kunci dalam membuat sebuah lookbook adalah pada elemen-elemen penyusunnya. Sesuaikanlah komponen yang tepat dengan jenis produk yang ingin dibawa. Perlu diingat, tujuan dari lookbook adalah sebagai referensi sumber gaya dan penggunaan dari sebuah produk.

Maka dari itu, visual memegang peranan yang sangat penting untuk menyampaikan pesan yang ingin kamu bawa kepada para calon pengguna. Apalagi untuk produk yang memang lebih menjual desain dibanding kegunaannya.

Supaya kamu dapat lebih memahami target pasarmu, cobalah posisikan dirimu ibarat calon pembeli, dan pikirkanlah beberapa hal berikut:

  • Apa yang dapat saya lakukan dengan produk ini?
  • Mengapa saya membutuhkan produk ini?
  • Bagaimana saya memakai produk ini?
  • Kapan saya harus memakai produk ini?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kamu dapat membayangkan desain visual dan susunan lookbook yang paling pas untuk produk-produkmu. Pemilihan visual yang efektif sangat esensial, untuk memastikan produk dapat ditampilkan dengan sebaik mungkin.

Visual yang efektif adalah visual yang terdiri dari elemen-elemen strategis, untuk mendukung penyampaian informasi produk. Beberapa elemen yang wajib kamu pertimbangkan meliputi pemilihan warna latar dan komponen pendukung, model produk, gaya desain, dan penempatan produk.


Lookbook bisa jadi pilihan yang tepat untuk mempromosikan produk fashion, sekaligus menjadi inspirasi gaya berbusana, GenK. Jadi gak perlu repot-repot lagi mencari padu padan yang cocok. Gimana? Tertarik untuk membuatnya?

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

Fashion

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Fashion

6 Jenis Topi yang Bikin Penampilanmu Makin Fashionable

Fashion

4 Rekomendasi Situs Belajar Desain Baju Gratis dan Berbayar

            Thank u, next!