Fashion

6 Motif Batik Terbaik yang Bikin Kamu Fashionable, Cantik Banget!

motif-batik-terbaik

8 tahun lalu UNESCO telah meresmikan batik ke dalam daftar warisan budaya. Sejak pernyataan tersebut, setiap tanggal 2 Oktober bangsa Indonesia merayakan Hari Batik Nasional. Semenjak itu pula,  banyak motif batik terbaik yang punya beragam desain cantik semakin populer, serta jadi pilihan busana kegemaran masyarakat dari berbagai kalangan.

Nggak cuma formal style aja, batik kini kerap dipilih untuk gaya harian. Mulai dari fashion untuk ngantor, kuliah, hingga nge-mall. Apalagi batik sekarang banyak hadir dalam style modern yang lebih kekinian. Lebih menawarkan tampilan dengan kesan yang fresh.

Ngomongin soal batik, kamu tahu nggak sih, motif batik Nusantara terbaik yang paling populer dan cocok dipakai untuk segala kesempatan?

1. Batik Sogan yang Punya Kesan Mewah Elegan

motif Batik terbaik Sogan

Sumber: webicdn.com

Sogan merupakan motif batik terbaik yang berasal dari Solo dan Yogyakarta dan menjadi  favoritnya Presiden RI, Joko Widodo. Ciri khas batik sogan terlihat dari warna cokelat muda dengan motif beraksen bunga dan titik serta lengkungan dan garis-garis. Motif batik satu ini sudah ada sejak zaman nenek moyang dulu, lho. Karena perpaduan warna cokelat dan hitamnya menawarkan kesan elegan, sogan biasa digunakan para raja di keraton. Kini, warna batik sogan lebih beragam, nggak heran kalau jadi idaman para pecinta fashion, baik di Asia maupun Eropa.

2. Motif Batik Priangan untuk Style Kalem Berwibawa

Batik Ciamis

Sumber: infobatik.id

Berasal dari Tasikmalaya, motif priangan lebih digemari kaum pria karena gambarnya terlihat rapi dan menciptakan kesan kalem penuh wibawa. Meski banyak hadir sebagai atasan, batik priangan juga cocok kamu jadikan bawahan cantik, kok. Menggambarkan lingkungan alam yang kaya warna, batik priangan hadir dalam koleksi warna yang lebih cerah, seperti merah, hijau muda hingga biru muda. Motif utamanya adalah bentuk bunga, daun, burung atau bentuk lain yang menggambarkan kekayaan alam Nusantara.

3. Batik Parang yang Pancarkan Aura Penuh Semangat

motif Batik terbaik Parang

Sumber: zakyfamily.com

Kalau motif batik terbaik parang asal Solo, pastinya udah nggak asing lagi, kan? ‘Parang’ berasal dari kata ‘pereng’, yang artinya adalah ‘lereng’. Motif parang merupakan lambang dari jalan yang berkesinambungan tanpa putus. Kalau kamu memakai batik dengan motif parang, diharapkan semangatmu tak akan pernah putus dalam upaya meraih impian dan cita-cita. Batik parang adalah salah satu favorit turis mancanegara yang mengunjungi Kampung Batik Laweyan, Solo, lho. Sekarang pilihan warna dan motif batik parang lebih beragam. Kamu bisa menemukan batik parang kombinasi yang kece banget.

Baca Juga :   Shibori, Teknik Celup Khas Jepang yang Mirip Batik 
About author

Related posts
Fashion

Kain Gringsing Asal Bali, Sarat Filosofis dan Termahal di Indonesia

Fashion

8 Merek Sepatu High Heels Wanita yang Terkenal Nyaman

Fashion

Cara Membuat Tie Dye Anti-Gagal

Fashion

6 Street Fashion Unik China yang Lagi Tren di TikTok