5 Keuntungan Kalau Kamu Belanja Baju Thrift Shop

Dibaca Normal: 5 menit aja
thrift shop

Tampil gaya gak mesti mahal kok. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam pakaian branded dengan harga terjangkau. Coba gunakan metode belanja thrift shop. Metode ini menyimpan banyak manfaat buat kamu loh. Yuk simak 5 keuntungan kalau kamu beli baju thrift shop!

Zaman sekarang, kaus dan celana jeans merupakan dua fashion item yang wajib dimiliki. Tapi bosan juga yah kalau setiap hari setelannya cuma itu-itu saja? Sedang merasa bosan dengan gaya busanamu yang monoton? Saat ini ada metode berbelanja yang sedang digandrungi orang-orang, terutama kawula muda. Nama metodenya adalah thrift shopping.

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang tips dan trik thrift shopping, sekarang saatnya kami membagikan 5 keuntungan yang bakal kamu dapatkan kalau beli baju thrift shop. Apa saja tuh, GenK? Yuk kita simak sama-sama informasinya!

1. Baik untuk Kesehatan Dompetmu

thrift shop 1

Ilustrasi belanja baju bekas (sumber: timeout.com)

Keuntungan pertama yang akan terasa banget kalau kamu membeli baju thrift shop yaitu kamu bisa melakukan penghematan biaya. Kalau kamu punya budget terbatas, cobalah untuk beralih ke pakaian bekas.

Sesuatu yang bekas tidak selamanya berkonotasi negatif, GenK, karena umumnya pakaian bekas yang dijual masih layak pakai. Bahkan lebih modis daripada pakaian yang sering kamu temukan di pasaran. Ini benar-benar menjadi keuntungan besar buat kamu yang ingin tampil modis tanpa perlu biaya mahal.

Bukankah hidup lebih hemat adalah ide yang bagus?

Selain soal belanja, baju yang sudah dibeli tersebut bisa kamu jual lagi loh. Ada banyak penggemar baju thrift yang menanti pakaian unik milikmu. Tinggal buat akun di aplikasi jual beli online dan semua orang bisa melihat barang daganganmu. Simpel banget bukan?

Tips: Jika kamu berencana menjual kembali baju thrift yang sudah dibeli, usahakan kamu tetap menjaga kualitas pakaiannya, supaya ketika dijual kembali tidak ada kerusakan yang berarti. Dengan begitu, harga penjualan juga tidak akan berbeda jauh dari saat pertama kali kamu membeli baju tersebut di thrift store.

2. Barang Thrift Shop Itu Limited Edition

thrift shop 2

Bergaya dengan baju thrift (sumber: pexels.com)

Ketika kamu memperhatikan baju-baju bekas yang ada di pasar atau online shop, apakah kamu pernah melihat pakaian tersebut dijual di mall-mall besar, butik, atau distro baju? Jawabannya adalah tidak. Kalaupun ada sangatlah jarang dan susah ditemukan.

Apa yang ingin kamu beli? Apakah jaket bomber? Atau mungkin kemeja dengan motif mozaik? Semua ada, GenK, bahkan barang-barang branded sekalipun bisa kamu dapatkan dengan harga yang super duper terjangkau.

Buat kamu yang suka mengoleksi pakaian unik pokoknya wajib banget untuk cobain thrift shopping. Baju yang kamu punya benar-benar langka dan bakal susah ditemukan di mana pun. Tampil unik dan berbeda dengan pakaian bekas? Gak jadi masalah, GenK.

Tips: Ketika membeli pakaian thrift di pasar, kamu mesti terampil memilih satu pakaian di antara ratusan atau ribuan tumpukan pakaian lainnya. Ibarat mencari harta karun, justru bisa jadi kamu malah menemukan pakaian kece di tumpukan terbawah. Kami merekomendasikan Pasar Cimol Gedebage Bandung atau Pasar Senen Jakarta jika kamu ingin berburu baju bekas.

Baca Juga
Tetap Stylish dengan 6 Tips Fashion Hijab Ini

3. Cepatnya Pergantian Mode Busana

thrift shop 3

Contoh baju-baju bekas (sumber: saturdayeveningpost.com)

Keuntungan dari membeli baju thrift shop berikutnya adalah perputaran mode busananya yang sangat cepat. Hal ini nyata terasa ketika kamu membeli pakaian di online shop. Misal minggu ini tema item-nya jaket parka, minggu depan bisa berubah lagi jadi kaos garis-garis.

Hal ini memungkinkan kamu untuk memiliki beragam pilihan busana dalam jangka waktu tertentu. Sudah bosan dengan baju yang itu-itu saja? Tinggal tunggu admin toko online tersebut mengunggah barang dagangannya. Biasanya mereka mengunggah barang-barang baru setiap satu minggu sekali.

Tips: Karena lakunya cepat banget, kamu harus gercep supaya tidak kehabisan. Kalau perlu sudah stay by di depan ponsel sebelum admin mengunggah barang baru di lapaknya. Saking banyaknya peminat baju thrift, cuma ditinggal cek saldo sebentar, baju yang kamu incar sudah diborong orang, GenK. Karena siapa cepat dia dapat.

4. Mengeksplor Banyak Gaya Busana

thrift shop 4

Mix and match baju (sumber: marieclaire.com)

Membahas soal mix and match memang tidak akan ada habisnya. Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang mix and match baju neon, OOTD ke kampus, dan lain sebagainya. Semua fashion item tersebut bisa kamu dapatkan dari thrift shop loh, tentunya dijual dengan harga yang lebih murah.

Seperti gaya busana tahun 90-an dan 2000-an awal pasti dijual di sana. Padu padankan baju gaya vintage, retro, atau sekadar baju-baju dengan potongan yang unik dengan koleksi pakaianmu. Tak lupa beri pemanis seperti kacamata, topi, dan totebag untuk mempercantik tampilanmu.

Jika kamu bosan berbelanja pakaian di departement store atau butik, di mana barang-barang ditata dengan rapi dan diberi label yang jelas, thrift shop menjadi solusi yang tepat. Mau mengeksplorasi berbagai macam jenis pakaian pun gak bakal habis, GenK.

Tips: Pergi belanja ke pasar baju bekas merupakan pilihan terbaik kalau kamu ingin mengeksplor banyak gaya busana. Hanya saja kamu mesti jago menawar untuk mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah.

Baca Juga
Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

5. Untuk Membeli Pakaian yang Jarang Dipakai

thrift shop 5

Ilustrasi baju bekas untuk acara spesial (sumber: pexels.com)

Pernahkah kamu membutuhkan pakaian khusus untuk pergi ke sebuah acara spesial? Sayangnya, uangmu tidak cukup kalau harus beli pakaian baru. Nah, inilah keuntungan dari belanja thrift shop. Daripada beli atau menyewa, lebih baik thrifting saja, GenK.

Kamu bisa membeli pakaian apapun yang sekiranya jarang kamu gunakan sehari-hari. Sayang banget kan kalau baju barumu yang kece hanya berakhir di tumpukan lemari pakaian. Tapi bagaimana Kalau benar-benar tidak dipakai lagi? Tinggal jual saja, GenK. Pundi-pundi rupiah akan terus mengalir.

Tips: Tidak perlu takut mix and match pakaianmu dengan pakaian hasil thrift shopping. Buat semua mata tamu di pesta tertuju padamu. Tampil memukau dengan baju bekas? Gas terus!


Ternyata ada banyak keuntungan yang kamu dapatkan kalau beli baju hasil thrift shop, mulai dari berhemat sampai masalah mix and match pakaian. Yuk cek akun toko online kesayanganmu, siapa tahu ada pengumuman soal stok baju thrift baru di lapaknya. Jangan sampai kehabisan, GenK!

Polling

Ditulis Oleh

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

Fashion

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Fashion

6 Jenis Topi yang Bikin Penampilanmu Makin Fashionable

Fashion

4 Rekomendasi Situs Belajar Desain Baju Gratis dan Berbayar

            Thank u, next!