fbpx

4 Tips Fashion Pria Esensial yang Wajib Kamu Ketahui

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
tips fashion pria

Kamu bosan dengan gaya berpakaian yang itu-itu saja? Ingin mencoba tampilan baru yang lebih memukau dan kece? Coba simak dulu tips-tips fashion pria berikut supaya kamu semakin atraktif, GenK! 

Untuk kebanyakan pria, fashion  mungkin masih menjadi hal nomor dua yang seringkali tidak terlalu dipedulikan. Padahal visual yang kamu sajikan dari tampilan fashion-mu bisa memberikan dampak yang cukup signifikan dalam berbagai hal loh. Mulai dari memberikan rasa percaya diri, hingga ke impresi orang lain terhadapmu. 

Menampilkan gaya fashion terbaik yang sesuai dengan karaktermu dapat mendorong rasa percaya diri serta membangun citra yang baik di hadapan orang. Untuk itulah, kali ini kami akan membagikan beberapa tips fashion pria yang dapat membuatmu semakin terlihat atraktif, GenK. Cekidot!

1. Gunakan Pakaian yang Pas Ukurannya 

Tips fashion pria 1

Gambar pakaian yang pas (sumber: theessentialman.com)

Tips fashion pria pertama yang wajib kamu ketahui adalah urusan ukuran pakaian yang kamu kenakan. Ini dia hal utama yang tanpa disadari sering menjadi masalah gayamu, GenK. Sebelum kamu belajar dan mencoba beragam gaya fashion yang ada di luar sana, kamu wajib memahami ini terlebih dulu. 

Ukuran pakaian yang dikenakan seseorang bisa menghasilkan efek yang cukup drastis dari tampilan yang ingin disajikan. Penentuan baju dan celana yang pas dengan bentuk dan ukuran tubuh harus kamu perhatikan betul-betul.

Pasti tahu dong yang namanya ukuran baju itu krusial banget. Bukan hanya dalam hal memberikan kenyamanan saat pemakaiannya, tapi juga look yang kamu tampilkan. Ketahuilah ukuran baju yang benar-benar pas untukmu, tidak terlalu besar dan tidak terlalu sempit. 

Pilihlah baju yang benar-benar pas dan sesuai dengan ukuran tubuhmu, kecuali kamu memang berniat untuk menggunakannya sebagai bagian mix & match pakaian oversize-mu. 

Pakaian yang terlalu besar misalnya, bisa membuatmu terlihat kurang rapi karena bahan yang berlebihan, serta bisa menampilkan ilusi tubuh yang terlihat lebih pendek. Sebaliknya, pakaian yang terlalu kecil bisa memberikan sensasi yang tidak nyaman untuk waktu penggunaan yang lama. 

Baca Juga   8 Merk Sepatu High Heels yang Dikenal Nyaman

2. Investasi Pada Item Klasik 

Tips fashion pria 2

Item fashion klasik (sumber: theessentialman.com)

Tren fashion selalu berubah dari waktu ke waktu. Dalam waktu yang singkat, kamu bisa menemukan banyak gaya baru saat kamu baru saja akan mencoba suatu gaya. Mencoba untuk mengikuti tren fashion terbaru memang tidaklah mudah, GenK. Maka dari itu, memilih pakaian klasik merupakan solusi terbaik. 

Beberapa jenis fashion items memang didesain agar selalu terlihat menarik dalam situasi dan musim apapun. Dengan memiliki fashion item klasik dalam koleksi di lemarimu, kamu bisa tampil menarik kapanpun dan di manapun. 

Berikut ini fashion item yang mesti kamu miliki: 

  • Kaos polo berwarna hitam dan putih. Wajib banget untuk ada di antara tumpukan bajumu. Paling fleksibel dan bisa dikombinasikan untuk berbagai tampilan. Mau dipake langsung juga tetap oke.
  • Celana jeans. Item yang satu ini sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan panjang lebar lagi, GenK. Apa pun atasannya, celana jeans hampir selalu bisa menjadi pilihan padu padan yang kece
  • Sepatu sneaker berwarna putih. Baik gaya casual pria, maupun untuk tampilan yang terlihat lebih formal, sepasang sneaker putih selalu bisa kamu andalkan untuk menjadi sahabat terbaik dalam berbagai acara. 
  • Jaket denim/jaket kulit. Mau tampilan manly yang selalu bisa membuatmu jadi lebih atraktif? Kenakan saja jaket denim atau jaket kulit untuk jadi kece secara instan.

3. Bermain Warna 

Tips fashion pria 3

Ilustrasi pakaian warna netral (sumber: theessentialman.com)

Salah satu hal yang sering menjadi momok bagi para pria dalam memilih fashion adalah urusan pemilihan warna pakaian. Rasa takut untuk mencoba warna-warna terang dan cara padu padan yang tepat seringkali membuat para kaum Adam menyerah duluan saat menentukan fashion yang sesuai. 

Tips fashion pria yang paling cocok untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan warna-warna netral sebagai acuan pemilihan pakaianmu, GenK. Warna netral adalah warna yang mudah untuk dikombinasikan karena sifatnya yang tidak terlalu terang dan mencolok. 

Berikut ini adalah contoh palet warna netral dasar yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membentuk koleksi wardrobe-mu. Ada warna putih, hitam, coklat, hijau olive, navy blue, abu-abu, dan khaki

Tips fashion pria 4

Palet warna netral (sumber: theessentialman.com)

Dengan memiliki koleksi pakaian berwarna netral, kamu tidak perlu khawatir lagi dalam urusan mix & match outfit, karena pada dasarnya semua warna netral dapat dipadupadankan dengan sempurna bersama warna netral lainnya, bahkan untuk warna-warna terang seperti neon sekalipun.

Buat kamu yang tertarik untuk menggunakan outfit neon, bisa coba disimak tips mix & match baju neon di artikel kami sebelumnya, GenK. 

Tips: Kamu bisa menerapkan rumus rasio 3:1 dalam koleksi pakaianmu. Setiap tiga fashion item berwarna netral, kamu bisa menyimpan satu pakaian berwarna terang, atau pakaian dengan desain grafis yang mencolok dan macam-macam pattern

Baca Juga   5 Jenis Sepatu Pria yang Membuatmu Tampil Modis

4. Quality Over Quantity

Tips fashion pria 5

Gambar jeans high quality vs low quality (sumber: Youtube Alpha M)

Kualitas pakaian yang kamu kenakan juga merupakan faktor penting lainnya dalam hal pemilihan fashion item. Meskipun tidak selalu menjadi patokan utama, tapi harga memang berbanding lurus dengan kualitas sebuah produk, GenK. 

Dua pasang sepatu yang sama, satunya dijual dengan harga Rp. 1.000.000 dan yang lainnya di harga Rp. 100.000, mana yang menurutmu akan lebih tahan lama? Pastinya sepatu dengan harga yang lebih tinggi. Tentunya hal tersebut dikarenakan bahan yang dipakai lebih berkualitas, GenK. 

Meskipun begitu, ada juga pakaian yang dijual dengan harga murah tapi kualitasnya tetap oke. Kuncinya adalah memilih pakaian yang kamu butuhkan dengan memperhatikan kualitasnya, bukan cuma dari harga semata, GenK. 

Dikutip dari The Essential Man, kamu bisa mencoba untuk pergi ke toko pakaian yang menjual produk-produk berkualitas, sekalipun harganya lebih mahal dari yang biasa kamu beli. Sentuh dan rasakan perbedaan dari bahan pakaian yang digunakan dan bayangan dirimu memakainya. 

Pasti akan terasa berbeda dong dibanding pakaian yang mungkin dibeli dari toko obral. Kamu bisa menabung dan membuat wishlist pakaian yang kamu inginkan, lalu tunggu hingga ada sale pada waktu-waktu tertentu. Biasanya menjelang akhir tahun dan hari-hari besar pasti akan ada diskon besar-besaran.


Tampil menarik dengan mengikuti beberapa tips fashion pria bisa membuatmu menjadi terlihat semakin tampan dan menarik tentunya. Jangan takut untuk mencoba dan berinovasi dengan gaya favoritmu, GenK. 

Polling

Tentang Penulis

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

Yuk, Belajar Fashion dari 5 Games Berpakaian Ini

Fashion

Mengenal Lookbook, Buku Panduan Inspirasi Gaya

Fashion

Tips Mix and Match Baju Neon, Gak Perlu Takut Saltum Lagi, GenK

Fashion

Cara Membuat Tie Dye Anti-Gagal

Fashion

Bikin Clutch Bag Gak Harus Mahal! Ini Tips DIY-nya

Fashion

8 Merk Sepatu High Heels yang Dikenal Nyaman

Fashion

5 Inspirasi OOTD Bukber untuk Wanita

Fashion

11 Merek Tas Kelas Dunia Idaman Para Wanita

Fashion

7 Keuntungan Kalau Kamu Memakai Baju Hitam

Fashion

Tetap Stylish dengan 6 Tips Fashion Hijab Ini

Fashion

Berkreasi lewat Sepatu Lukis

Fashion

5 Jenis Sepatu Pria yang Membuatmu Tampil Modis

Fashion

Tampil Stylish dengan 5 Bahan Kerudung Ini!

Fashion

Tampil Beda dengan 5 Jenis Tas Pria Ini

Fashion

Ini Dia Sejarah Perkembangan Dasi, GenK!

Fashion

Tips dan Trik Thrift Shopping

Fashion

5 Jenis Outer Wanita yang Gak Bikin Mati Gaya

Fashion

Cara Mudah Merawat dan Mencuci Sepatu Sesuai Jenis dan Bahannya

Fashion

Girl, Tampil Trendi dengan 5 Jenis Tas Ini!

Fashion

5 Inspirasi OOTD ke Kampus

            Artikel Selanjutnya     
kid logo
Mau inspirasi ngalir deras,
kreativitas anti mandek?
Dapetin newsletter gratis dan undangan eksklusif ke acara-acara kreativv ID!

 
close-link