Panduan Lengkap Cara Memilih Ukuran Baju yang Pas

Dibaca Normal: 4 menit aja
ukuran baju

Berbelanja pakaian memang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tapi terkadang kamu diribetkan saat hendak memilih ukuran baju yang pas. Apalagi kalau belanja online, GenK. Maka dari itu, berikut ini kami sajikan cara menentukan ukuran baju yang pas khusus untukmu.

Sebentar lagi sudah mau awal bulan nih, pertanda gajian akan segera tiba. Hore! Menambah koleksi baju di lemari sepertinya menarik, apalagi banyak promo spesial yang sedang bertebaran di mana-mana. Waktunya browsing tren baju kekinian yang sedang hits. Pesanan sudah dimasukan, tinggal tunggu datang deh.

Tiga hari kemudian paket telah tiba, hati jadi gembira. Saatnya bajunya dicoba berharap akan tampil memukau layaknya sang model di foto produk. Sayang seribu sayang, desainnya sudah kece, tapi nafas jadi sesak terhimpit ukuran baju yang terlalu kecil.

Daripada uangmu habis terbuang untuk membeli baju yang kebesaran atau kekecilan, mending coba simak panduan memilih ukuran baju yang tepat berikut, GenK. Selamat membaca!

Hitung Cermat untuk Ukuran yang Tepat

Ukuran baju 1

Ilustrasi seseorang sedang memilih baju (sumber: freepik.com)

Menentukan ukuran pakaian yang tepat mungkin terdengar mudah bagi sebagian. Tinggal lihat size tag yang berada di bagian leher baju, lalu sesuaikan dengan ukuran yang biasa kamu beli. Gampang kan? Eits, tidak semudah itu, GenK.

Para shopaholic yang hobi berbelanja pasti tahu kalau setiap brand punya standar ukuran pakaian yang berbeda-beda antara satu dan lainnya. Makanya, daripada kamu kebingungan saat akan membeli baju impian, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih ukuran tubuhmu, GenK.

Jika kamu pernah atau mungkin sering berkunjung ke tukang jahit, kamu mestinya sudah familiar dengan proses pengukuran yang selalu dilakukan oleh para penjahit sebelum menerima pakaian. Tahap ini berguna untuk membuat standar ukuran pakaian pelanggan yang akan dijadikan panduan saat mulai menjahit.

Baca Juga
Tetap Stylish dengan 6 Tips Fashion Hijab Ini
  • Cara Mengukur Baju

Ukuran baju 2

Ilustrasi pengukuran baju (sumber: pexels.com)

Dengan mengetahui ukuran baju yang tepat, kamu sudah tidak akan direpotkan lagi dengan masalah baju yang kekecilan atau kebesaran saat berbelanja, GenK. Kamu bisa melakukan pengukuran sederhana di rumah seperti ini:

  1. Gunakan meteran jahit. Benda wajib para desainer dan penjahit ini bisa didapatkan dengan mudah d toko tekstil atau toko ATK terdekat.
  2. Mulai dari mengukur diameter dada. Pasang meteran jahit melingkari bagian dada atas. Saat melakukan pengukuran, pastikan kamu tidak sedang memakai pakaian yang terlalu tebal seperti jaket atau jas, agar hasilnya bisa lebih akurat.
  3. Khusus untuk ukuran baju wanita, usahakan untuk tidak menggunakan padding tambahan pada bra yang dikenakan supaya diameter dada dapat terukur dengan lebih presisi.
  4. Pada bagian tangan, rentangankan meteran mulai dari ujung pundak hingga ke pergelangan tangan untuk mendapatkan ukuran lengan baju yang pas. Beberapa metode pengukuran panjang lengan ada yang dimulai dari pangkal leher ke pundak, lalu ditarik ke pergelangan tangan.
  5. Untuk ukuran pinggang, gunakan meteran jahit dengan sedikit kendur melingkari bagian perut ke arah samping dan berpatokan pada pusar.
  6. Next, setelah selesai mengukur pinggang, turunkan meteran jahit sampai berada di pusar tepat di bagian pinggul. Lakukan pengukuran yang sama dengan bagian pinggang, namun pastikan kalau kamu berdiri dengan kaki yang rapat agar diameter pinggul dapat terukur dengan baik.
  7. Pengukuran diameter leher juga tidak boleh sampai tertinggal yah. Gunakan meteran melingkari lehermu untuk membantu menentukan size baju yang tepat. Lakukan tahap ini secara perlahan yah, GenK.

Aturan yang mesti kamu perhatikan agar hasil pengukuran jadi lebih akurat adalah dengan tidak terlalu mengencangkan meteran saat melingkarinya ke tubuh. Jangan sampai karena ingin terlihat langsing, kamu sengaja mengetatkan meteran jahit saat mengukur tubuhmu.

  • Tips Mengukur Alternatif

Ukuran baju 3

Foto tukang jahit (sumber: unsplash.com)

 

Selain menggunakan meteran jahit untuk mengukur badan, alternatif lain yang bisa menjadi pilihan adalah dengan memanfaatkan tali atau benang yang ada di sekitarmu. Bisa dengan benang biasa, tali rafia, atau benang wol.

Manfaatkan tali atau benang sebagai pengganti meteran jahit untuk mengukur dada dan pinggangmu. Lingkari tali pada bagian yang akan diukur, lalu hitunglah hasil pengukuran tersebut dengan menggunakan penggaris atau sejenisnya.

Kalau kamu tidak mau kerepotan untuk mengukur baju sendiri, atau takut hasilnya akan jadi kurang tepat karena peralatan yang kurang memadai, kamu bisa langsung bertandang ke penjahit terdekat untuk sekadar meminta dibuatkan size chart pakaian.

Baca Juga
Tips Mix and Match Baju Neon, Gak Perlu Takut Saltum Lagi, GenK

  • Kenali Macam-Macam Size Chart

Dalam dunia fashion, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, ukuran pakaian bisa menjadi urusan yang cukup rumit, bukan hanya sekadar memilih S, M, L, atau XL semata, GenK. Setiap perusahaan produsen pakaian memiliki standar mereka masing-masing yang digunakan untuk membuat produk-produknya.

Standar yang beragam inilah alasan mengapa baju yang dibeli dari merek tertentu dapat memiliki ukuran yang berbeda dengan merek lainnya, meskipun keduanya sama-sama berlabelkan size tag yang serupa.

Nah, ini dia faktor yang mengharuskanmu untuk mengenal macam-macam size chart pakaian, agar acara belanjamu berikutnya jadi lebih tentram, nyaman, dan lancar jaya. Tanpa dihantui baju yang tidak pas.

Size chart adalah informasi yang berfungsi sebagai panduan para pengguna dalam menentukan ukuran baju yang pas berdasarkan pengelompokan spesifik. Contoh yang paling familiar adalah kategorisasi ukuran baju menggunakan huruf, yaitu:

  • S (small): kecil
  • M (medium): sedang
  • L (large): besar
  • X (extra): menunjukan alternatif tambahan yang dapat digunakan untuk ukuran S dan L. Misalnya XL (extra large), XXL (extra extra large), XS (extra small), XXS (extra extra small).

Dalam penggunaan size chart dengan huruf tadi, setiap kategori ukuran kemudian punya standar yang berbeda-berbeda lagi loh. Beberapa negara punya size chart yang mereka gunakan sebagai standar dalam menentukan ukuran pakaian, GenK.

Ukuran baju 4

International size chart (sumber: dressclothingonline.com)

Di Amerika dan Inggris, ukuran pada size chart dibuat dalam bilangan genap mulai dari 2 sampai 26, sementara banyak negara di Eropa memakai satuan hitungan berupa inci. Penggunaan satuan ini dapat kamu perhatikan dengan lengkap pada chart di atas, GenK.

Sekarang, ukuran baju yang tidak sesuai sudah bukan lagi jadi masalah. Mau belanja online pun bisa tetap tentram dan sejahtera berkat cara memilih ukuran baju di atas. Selain belanja online, thrift shopping juga gak ada salahnya untuk kamu lirik loh. Baju-baju kece dengan harga miring yang ramah di kantong bisa langsung jadi milikmu.

Polling

Ditulis Oleh

Wahyu Ramadhan adalah alumnus dari jurusan Bahasa Prancis, Universitas Gadjah Mada. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Hobi menulisnya berkembang sejak ia duduk di bangku SMA hingga sekarang. Dengan menulis, ia dapat belajar banyak hal baru dan berbagi ilmu yang dimilikinya dengan orang banyak. Pemuda yang menyukai warna merah ini senang membaca buku dan belajar hal baru dengan ditemani segelas susu atau jus jambu.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Fashion

Tips dan Trik Cara Membuat Pola Baju yang Mudah dan Simpel

Fashion

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kain, yang Belajar Fashion Wajib Baca

Fashion

6 Jenis Topi yang Bikin Penampilanmu Makin Fashionable

Fashion

4 Rekomendasi Situs Belajar Desain Baju Gratis dan Berbayar

            Thank u, next!