Seni Rupa & Desain

Bukan Sulap Bukan Sihir, Ini Dia Fenomena Ilusi Optik di Sekitar Kita

3. Color Blind Test (Tes Buta Warna)

Fenomena ilusi optik 4


Sumber: wikipedia.org

Dapatkah kamu melihat angka yang tertera pada gambar di atas? Angka berapakah yang kamu lihat?

Jika kamu berhasil menebak angka yang tepat, berarti kamu memiliki penglihatan yang baik nih. Gambar di atas merupakan salah contoh dari tes buta warna (color blindness test) yang paling banyak digunakan. Tes buta warna 38 Piring Ishira merupakan salah metode yang paling banyak digunakan di dunia untuk color blindness test.

Dr. Shinobu Ishira asal Jepang merupakan penemu tes tersebut, dengan metode yang dikembangkan olehnya menggunakan kekuatan komposisi warna pada gambar. Hasilnya adalah tes buta warna yang dikenal dengan nama Ishira 38 Plates color blindness test.

Tes buta warna adalah uji coba yang dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya gangguan pada kemampuan persepsi warna pada penglihatan seseorang. Ishihara 38 Plates menggunakan metode dengan memanfaatkan kemampuan mata kita untuk menangkap dan membedakan warna yang ada. 

Mata kita secara alami memiliki sel khusus yang disebut cone cell, dengan fungsi untuk membedakan warna yang diterima oleh mata kata. Sel inilah yang bertanggung jawab pada kemampuan seseorang untuk dapat membedakan warna. 

About author

Related posts
Seni Rupa & Desain

Daftar Aplikasi Ilustrasi Gratis Di Laptop, Cocok Buat Belajar!

Seni Rupa & Desain

Problematika Interpretasi Seni Rupa para Apresiator Muda

Seni Rupa & Desain

Cara Desain Poster di Canva untuk Bikin Konten Keren dan Menarik

Seni Rupa & Desain

Tips Mendesain Karakter, Yuk Dicoba!