12 Prinsip Animasi yang Harus Kamu Tahu Sebagai Animator Kreatif

Dibaca Normal: 5 menit aja
12 Prinsip Animasi

Kamu yang jago menggambar, membuat desain dan animasi, pasti juga mempelajari sedikit banyak tentang ilmunya. Terutama 12 prinsip animasi yang terkenal. Kedua belas prinsip ini pertama kali diperkenalkan oleh animator Disney, Ollie Johnston dan Frank Thomas dalam buku mereka yang berjudul The Illusion of Life yang diterbitkan pada tahun 1981. Sekarang, 12 prinsip tersebut dijadikan teori landasan bagi para seniman dalam membuat produksi video animasi. Mari mempelajari 12 prinsip animasi tersebut.

1. Squash and Stretch

animasi Squash and Stretch

Sumber: dearocketanimation.com

Squash and stretch merupakan prinsip yang paling dasar. Prinsip ini menunjukkan ilustrasi tentang apa yang terjadi saat suatu benda, misalnya bola, terlempar ke tanah. Efek hantamannya membuat benda tersebut kelihatan jadi lebih flat. Namun, karena volumenya harus tetap utuh, maka benda tersebut juga kelihatan melebar. Ini dinamakan squash and stretch.

2. Anticipation

animasi Anticipation

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Anticipation merupakan persiapan untuk main action. Contohnya, saat kamu mau menendang bola ketika bermain sepakbola. Kamu pasti menggerak-gerakkan dan mengayunkan kaki, lalu menyeimbangkan badan dengan kedua tanganmu. Inilah anticipation. Gerak-gerik yang terjadi saat sedang mempersiapkan gerakan utama, ini bisa kamu lihat di contoh animasi di atas.

Baca Juga
Rekomendasi Film Animasi Terbaik yang Bisa Ditonton Anak-anak Hingga Dewasa

3. Staging

animasi Staging

Sumber: dearocketanimation.com

Saat sedang membuat film, di mana kamu meletakkan kamera? Di mana posisi para aktor yang benar? Apa yang harus mereka lakukan? Kombinasi semuanya ini yang dinamakan staging. Prinsip staging mengarahkan perhatian audiens ke elemen paling penting dalam sebuah scene, yang membuat alur cerita berjalan.

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

5 Alasan Utama Kenapa Kamu Harus Nonton Film Gundala

Film, Animasi & Video

Nostalgia Banget, Ini Drama Korea yang Pernah Tayang di TV Indonesia

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Stop Motion Lengkap dan Mudah

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Opening Video di Adobe Premiere

Film, Animasi & Video

Nonton Film Asing Nggak Paham Artinya? Yuk, Cek Situs Download Subtitle Berikut!

Film, Animasi & Video

Spider-Man, Kisah Perjuangan Penuh Aksi Si Manusia Laba-Laba

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>