Film, Animasi & Video

5 Situs Download Footage Video Gratis Terbaik

Sebagai seorang content creator di Youtube, wajib bagi kita mengetahui situs penyedia footage video yang dapat di download secara gratis dan tanpa hak cipta (no copyright).

Tidak jarang seorang youtuber menggunakan footage dari channel lain, padahal hal itu bisa berbahaya untuk kelanjutan channel.

Contoh saja, pada tahun 2020 silam channel Calon Sarjana dan Yt Crash terkena strike copyright hingga channel dihapus dari youtube. Padahal subscriber dan penonton video sudah mencapai jutaan.

Kesalahannya tidak lain adalah sumber footage video dan thumbnail yang asal ambil dari channel lain, sehingga si pemilik video tersebut beramai-ramai melaporkan hingga channel dihapus.

Kejadian ini jarang sekali terjadi sebelumnya, apalagi untuk channel youtube sekelas Calon Sarjana yang mencapai jutaan subscriber.

Youtube punya aturan batas penggunaan hak wajar, namun ada kalanya kita bisa memanfaatkan situs penyedia footage gratis tanpa hak cipta.

Selain bisa menghemat biaya, kita juga akan mendapatkan berbagai variasi video dari sumber yang berbeda. Dan tentunya, aman dari strike copyright yang bisa membuat kita jantungan secara mendadak.

Berikut ini adalah situs penyedia footage video gratis terbaik yang aman dari hak cipta menurut rajatips :

1. Videvo.net

Sumber Gambar : http://www.videvo.net

Situs pertama yang admin rekomendasikan adalah videvo. Selain stok yang melimpah, situs ini juga menyediakan footage berbayar.

Oleh karena itu, sumber pemasukan pun tidak hanya dari iklan, tapi juga dari langganan para pengguna. Dan biasanya, situs yang tidak hanya mengandalkan pendapatan dari iklan akan lebih aktif dan tahan lama.

Jadi, tak usah ragu lagi memilih videvo sebagai pilihan utama. Karena selain lengkap, pilihan video gratis pun sangat melimpah. Jika anda ingin menggunakan stok video dari situs ini, jangan lupa berikan atribut di deskripsi video/project anda ya.

2. Pexels.com

Sumber Gambar : pexels.com

Anda mungkin tidak asing dengan situs yang satu ini. Yup, selain menyediakan stok foto gratis, video pun juga menjadi salah satunya.

Baca Juga :   5 Film yang Wajib Kamu Nonton di Bulan Ramadan

Tidak usah ditanya lagi betapa lengkapnya situs ini. Selain lengkap, stok video & foto yang disediakan pun berkualitas. Kita bisa mendapatkan hasil shoot dari para professional secara gratis sob!

Namun entah mengapa situs ini tidak bisa dibuka secara biasa di negara Indonesia.

Untuk bisa mengaksesnya secara lancar, kita perlu VPN tambahan. Atau gunakan saja browser Opera Mini agar tidak perlu menginstall VPN tambahan.

3. Mixkit.co

Sumber Gambar : Mixit.co

Situs ketiga ini harusnya menjadi yang terbaik diantara yang lain, karena kualitas video sangatlah bagus. Namun karena kepopulerannya masih kalah dengan 2 diatas, maka saya tempatkan di urutan ketiga.

Saat pertama kali menemukan situs ini, saya pun sempat heran dan bertanya-tanya :

Gila, ini gratis semua???

Yaa, karena stok videonya keren-keren, eh kita bisa mendownloadnya dengan sangat mudah dan gratis. Siapa yang gak mau coba, hehehe…

4. Videezy.com

Sumber Gambar : videezy.com

Yang ini juga tak kalah bagus sob. Videezy mirip dengan Videvo dimana situs ini menyediakan stok gratis dan berbayar.

Jangan tanya seperti apa lengkapnya footage yang disediakan, mending rakit PC aja deh, eh maksudnya cek sendiri aja, hehehe.

5. Mazwai.com

Sumber Gambar : qodeinteractive.com

Namanya mungkin agak asing di telinga kalian. Tapi jangan khawatir, tidak semua yang tidak kita kenal gak berkualitas. Justru ini merupakan situs yang sedang naik daun, jadi kita patut mendukungnya.

Saya mengetahui situs ini dari rekomendasi orang luar negeri, jadi jangan diragukan lagi kelengkapan footage dan kualitasnya.

Diluar situs tersebut, tentu saja masih ada yang lain, contohnya Pixabay. Namun sesuai pengalaman admin, list diatas merupakan yang terbaik diantara yang lain.

Tapi tentu saja, semuanya dapat berubah sewaktu-waktu. Dan kalian juga punya pilihan masing-masing.

Nah dari 5 situs download footage gratis diatas, mana yang menurut kalian cocok?

Semangat berkarya!!! Semoga kita bisa menjadi content creator yang sukses!!! 😊

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Film-Film Hidden Gem Studio Ghibli, Keren tapi Jarang Orang Tahu

Film, Animasi & Video

Rekomendasi Film Bertema Liburan Asyik Buat Ditonton di Rumah

Film, Animasi & Video

Cuma Untuk Para Pemberani, Ini 5 Rekomendasi Film Horor Korea!

Film, Animasi & Video

Ini Dia 4 Drama Korea JTBC Komedi Yang Bisa Menemani Puasa Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published.