fbpx

Apa Benar ASMR Bagus Buat Kesehatan?

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
ASMR adalah

Sudah pernah menonton video ASMR di Youtube, GenK? Bagaimana rasanya menurut kamu? Menenangkan, membuat ngantuk, atau ada sensasi lainnya? ASMR adalah tren yang ternyata punya manfaat buat kesehatan loh.

Apa Itu ASMR?  

Autonomous Sensory Meridian Response atau ASMR adalah respons tubuh yang ditandai dengan sensasi dan rasa tertentu karena pemicu berupa sentuhan, visual, dan suara yang lembut dan perlahan.  

Belakangan kian banyak kreator suara ASMR di Youtube yang menawarkan karyanya dengan benefit berupa relaksasi, tidur nyenyak, bahkan mengurangi kecemasan dan depresi bagi pendengar.  

Manfaat ini katanya bisa dicapai hanya dengan suara-suara repetitif seperti bunyi ketukan di meja, suara orang menyisir rambut, bahkan suara orang menggigit apel.  

Sekilas tampak sederhana ya, GenK? Namun rupanya manfaat ini memang bisa dicapai jika kamu mendengar ASMR.  

Yuk, kita kupas cara kerja ASMR untuk menghasilkan manfaat pada tubuh.  

Manfaat ASMR Pada Tubuh

Pada dasarnya, ASMR adalah sensasi dan perasaan spesifik yang kita alami karena pemicu tertentu. Sensasi ini termasuk di antaranya sensasi fisik, seperti kegelian yang bergerak ke area tubuh lain.  

Nah, sensasi tersebut bisa memberi beberapa manfaat pada tubuh. Berikut beberapa contohnya:

1. Memberi perasaan rileks dan nyaman

asmr adalah 1

Memberi perasaan rileks dan nyaman (Sumber: unsplash.com)

Menurut ASMR University, ASMR ditandai dengan munculnya beragam sensasi menenangkan karena stimuli yang lembut pada otak.  Stimuli ini secara umum terbagi atas tiga kategori:

  • Stimuli yang dapat dirasakan, contohnya sentuhan ringan, pijat, sentuhan pada rambut, grooming, dan pengujian fisik.
  • Stimuli visual, termasuk melihat pergerakan pelan tangan.
  • Stimuli pendengaran, termasuk ragam vokal (suara lembut, berbisik, pelan, pitch yang naik, suara monoton, atau suara yang terdengar caring), ragam suara mulut (suara mengunyah, meniup, dan yang dihasilkan mulut lainnya), dan suara-suara objek (suara mengetuk, menggores, memotong, memegang, dan mengusap benda tertentu).

2. Memberi Sensasi Mirip Bonding dengan Orang Tersayang

asmr adalah 2

Sensasi Mirip Bonding dengan Orang Tersayang (Sumber: unsplash.com)

Stimuli ASMR dapat mengaktivasi rasa ikatan biologis dan perasaan terhubung dengan stimuli atau kreator stimuli tersebut. Ikatan biologis dan perasaan terhubung ini biasanya dirasakan antara orang tua dengan anak, sesama anggota keluarga, sesama teman, dan pasangan.

Dengan kata lain, bonding yang diciptakan stimuli ASMR mirip-mirip rasanya dengan rasa bonding dengan orang-orang yang kamu sayangi.

Baca Juga   Pak Raden: Dari Suyadi untuk Anak-anak Indonesia

Kondisi ini bisa terjadi karena ASMR dan bonding dengan orang terdekatmu itu dipicu oleh bentuk pemicu yang mirip. Contohnya seperti sentuhan, tatapan, dan suara lembut dari orang kesayangan yang kamu percayai.

Coba, ingat-ingat, sentuhan dan suara orang-orang yang kamu sayang membuatmu nyaman, tenang, dan aman kan?  

Penelitian Giulia Poerio dkk. dalam PloS Journal menyebutkan, ketika bonding ini muncul, kelenjar pituitari pada otak mengeluarkan hormon endorfin, oksitosin, serotonin, dan neurotransmitter dopamin.  

Endorfin membuat kita merasakan euforia ringan, tingle, nyaman, tenang, dan mengantuk. Otak menerima stimuli yang ditangkap aman dan dapat dipercaya, seperti suara-suara dari orang terdekat kita.  

Saat mendengar ASMR, endorfin menstimulasi munculnya dopamin, yang mengatur hasrat dan motivasi kita.  

Dopamin membuat kita ingat pada hal-hal menyenangkan. Itulah sebabnya meskipun isi ASMR terkadang repetitif, kita bisa termotivasi untuk fokus mendengarkan selama 30 menit tanpa putus.  

Nah, setelah pemicu ASMR usai, serotonin membuat mood kita terus naik, merasa puas dan tenang, sehingga merasa nyaman dan aman untuk tidur nyenyak.  

Hormon yang sama dirilis otak ketika kita ditenangkan dan dibuat nyaman oleh orang-orang yang kita sayang loh, GenK!  

Serba Serbi Pemicu ASMR  

Wah, seru ya, GenK, kalau rasa nyaman dan tenang bisa muncul dari mendengar, merasa, atau melihat pemicu ASMR.  

Memang, ragam jenis ASMR banyak sekali, dan unik-unik. Tidak heran, karena di Youtube saja kini sudah ada lebih dari 13 juta video ASMR.  

Di antara jutaan video itu, banyak pula yang sekilas rasanya tidak memunculkan perasaan apa-apa, lebih-lebih berefek positif buat kesehatan mental kamu. Pernah merasakannya, kan?  

Baca Juga   Jangan Sampai Kelewatan 3 YouTuber Indonesia Ini, GenK!

Nah, fenomena ini rupanya bisa dijelaskan secara ilmiah, GenK. Yuk, simak!

1.Suara mengunyah, bernafas, mengetuk-ngetuk meja, apa faedahnya?

Kalau kamu perhatikan lagi, rasanya banyak jenis ASMR yang sekilas tidak relatable dengan bonding yang kita rasakan pada orang tersayang.

Suara dan video orang sedang mengunyah, bernapas, mengetuk-ngetuk meja, menyisir rambut; apa hubungannya dengan orang-orang terdekat kamu?

Jangan salah. Suara-suara dan visual yang kamu tonton terus menerus itu memunculkan kesan tidak mengancam, karena tidak keras, tidak mengagetkan, dan tidak tiba-tiba. Itu alasannya kamu merasa nyaman dengan aktivitas-aktivitas nirfaedah yang ada di video.

asmr adalah 3

Ilustrasi nyaman dengan orang tersayang (Sumber: unsplash.com)

Di samping itu, suara dan visual stimuli ASMR yang lembut dibuat dengan volume yang tidak terlalu keras. Kamu jadi merasa sosok yang membuat video ada di dekat kamu.

2.Kenapa ada yang bisa merasakan ASMR, ada yang tidak?

Kamu dan temanmu menonton satu video ASMR yang sama. Kamu mulai merasakan sensasi menenangkan seiring video berjalan. Tapi temanmu tidak. Kamu jadi kebingungan menjelaskan sensasi yang kamu rasakan. Apakah benar-benar ASMR, atau hanya sugesti saja?  

Jangan bingung, GenK. ASMR adalah kondisi yang memberi efek berbeda-beda pada tiap orang. Sederhananya, kita lahir dengan selera berbeda-beda akan stimuli ini.  

Sama halnya seperti selera makan kamu bangkit mencium bau rendang, sementara temanmu jadi  ingin makan kalau mencium wangi telur digoreng.

Di samping itu, jumlah endorfin dan tingkat sensitifitas juga berbeda-beda pada tiap orang. Molekul otak ini dipengaruhi lingkungan, pola makan, gangguan mental, racun-racun di tubuh, pemakaian obat, pengalaman masa kecil, dan bahkan norma-norma hidup. Kompleks banget ya, GenK.  

Jika otak kamu bisa merilis banyak endorfin dalam waktu singkat, temanmu belum tentu. Nah, orang yang merilis banyak endorfin dengan mudah biasanya lebih mudah merasakan kesenangan ASMR dari pemicu-pemicu kecil.  

Baca Juga   Ini Dia Cara Membuat GIF Menarik di Ponsel!

Di samping itu, ASMR juga tidak akan terasa, atau malah memunculkan rasa tidak nyaman kalau kamu punya pengalaman buruk yang terkait dengan stimulinya.  

Contoh, kamu mendengar stimuli ASMR ketukan di meja. Sementara itu, kamu punya memori buruk tentang dosen yang intimidatif, kasar, dan hobi mengetuk-ngetuk meja kelas dengan bunyi senada.  

Memori ini diperburuk dengan kondisi kamu yang rupanya gejala gangguan kecemasan. Alhasil, kamu bisa jadi merasa tidak nyaman sama sekali, lebih-lebih merasakan ASMR.

3.Bisa merasakan ASMR, lalu tidak lagi

Pernah gak kamu merasakan ASMR setelah menonton satu video, tapi di lain hari kamu tidak merasakan hal yang sama lagi?

Ini, wajar kok, GenK.  

ASMR adalah hal yang sangat bergantung pada reseptor endorfin. Reseptor endorfin pada otak bisa berkurang sensitivitasnya. Sama halnya seperti kamu senang makan soto hari ini, besok tidak mau lagi, karena bosan.  

Begitu pula dengan orang yang menggunakan obat-obatan, seiring waktu butuh menaikkan dosis agar merasakan efek yang sama seperti pertama mencoba.

4.ASMR tanpa stimuli, memangnya bisa?

Jawabannya, bisa GenK. Contoh sederhananya, kamu berencana pergi liburan dengan teman dekatmu. Rencana ini membuat kamu merasakan kesenangan ringan karena endorfin dan serotonin bekerja di dalam otakmu.  

Di samping itu, memikirkan pemicu ASMR saja sudah bisa menaikkan jumlah hormon-hormon bahagia di otak, loh.  

Misalnya, kamu baru akan mengajak temanmu jalan-jalan akhir pekan ini, tapi kamu sudah bisa merasakan kesenangan yang mungkin terjadi, lewat pikiran sendiri.  

asmr adalah 4

Ilustrasi merasakan kesenangan lewat pikiran (Sumber: unsplash.com)

Itu juga yang terjadi ketika kamu sedang mencoba meditasi. Ketika kamu menenangkan pikiran sendiri, momen ASMR itu bisa tahu-tahu muncul, meskipun tanpa stimuli dari luar.

Wah, ternyata ASMR adalah fenomena yang dekat ya, GenK, dengan keseharian kita. Pemicu yang lembut rupanya bisa membuat kamu tenang dan nyaman, sehingga stres dan anxiety kamu sehari-hari karena tekanan hidup ini bisa mereda.


Tertarik mencoba?

Polling

Tentang Penulis

Halo GenKreativv disini.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Ini Dia Cara Membuat GIF Menarik di Ponsel!

Film, Animasi, dan Video

Tips dan Trik Dasar Membuat Showreel

Film, Animasi, dan Video

9 Anime Terbaik yang Dirilis Hingga Mei 2019

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Fungsi dan Cara Membuat Clapper Board Sederhana

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Lip Sync di Video Animasi Kamu

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Stop Motion dan Bahan yang Dibutuhkan

Film, Animasi, dan Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi, dan Video

Level Candu Drama Korea, Kamu Termasuk Yang Mana?

Film, Animasi, dan Video

8 Film Musikal Terbaik yang Bikin Kamu Sing-along

Film, Animasi, dan Video

10 Film Animasi yang Gak Ngebosenin Buat Ditonton Ulang

Film, Animasi, dan Video

8 Film Animasi Terbaik Disney dari Tahun ke Tahun

Film, Animasi, dan Video

Meski Takut, Kenapa Kita Suka Nonton Film Horor?

Film, Animasi, dan Video

Kenapa Green Screen Warnanya Hijau?

Film, Animasi, dan Video

10 Film Action Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

Film, Animasi, dan Video

10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Film, Animasi, dan Video

Sejarah Film dari Masa ke Masa

Film, Animasi, dan Video

Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Film, Animasi, dan Video

Wong Kar Wai dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Film, Animasi, dan Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

            Artikel Selanjutnya