Apa Benar ASMR Bagus Buat Kesehatan?

Dibaca Normal: 5 menit aja
ASMR adalah

Sudah pernah menonton video ASMR di Youtube, GenK? Bagaimana rasanya menurut kamu? Menenangkan, membuat ngantuk, atau ada sensasi lainnya? ASMR adalah tren yang ternyata punya manfaat buat kesehatan loh.

Apa Itu ASMR?  

Autonomous Sensory Meridian Response atau ASMR adalah respons tubuh yang ditandai dengan sensasi dan rasa tertentu karena pemicu berupa sentuhan, visual, dan suara yang lembut dan perlahan.  

Belakangan kian banyak kreator suara ASMR di Youtube yang menawarkan karyanya dengan benefit berupa relaksasi, tidur nyenyak, bahkan mengurangi kecemasan dan depresi bagi pendengar.  

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Manfaat ini katanya bisa dicapai hanya dengan suara-suara repetitif seperti bunyi ketukan di meja, suara orang menyisir rambut, bahkan suara orang menggigit apel. Sekilas tampak sederhana ya, GenK? Namun rupanya manfaat ini memang bisa dicapai jika kamu mendengar ASMR.  Yuk, cari tahu manfaat ASMR untuk tubuh. 👇

Manfaat ASMR Pada Tubuh

Pada dasarnya, ASMR adalah sensasi dan perasaan spesifik yang kita alami karena pemicu tertentu. Sensasi ini termasuk di antaranya sensasi fisik, seperti kegelian yang bergerak ke area tubuh lain.  

Nah, sensasi tersebut bisa memberi beberapa manfaat pada tubuh. Berikut beberapa contohnya:

1. Memberi perasaan rileks dan nyaman

asmr adalah 1

Memberi perasaan rileks dan nyaman (sumber: unsplash.com)

Menurut ASMR University, ASMR ditandai dengan munculnya beragam sensasi menenangkan karena stimuli yang lembut pada otak.  Stimuli ini secara umum terbagi atas tiga kategori:

  • Stimuli yang dapat dirasakan, contohnya sentuhan ringan, pijat, sentuhan pada rambut, grooming, dan pengujian fisik.
  • Stimuli visual, termasuk melihat pergerakan pelan tangan.
  • Stimuli pendengaran, termasuk ragam vokal (suara lembut, berbisik, pelan, pitch yang naik, suara monoton, atau suara yang terdengar caring), ragam suara mulut (suara mengunyah, meniup, dan yang dihasilkan mulut lainnya), dan suara-suara objek (suara mengetuk, menggores, memotong, memegang, dan mengusap benda tertentu).
Baca Juga
Apa Benar Makanan Sehat Bisa Bikin Kamu Bahagia?

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Sejarah Anime Hingga Sampai ke Indonesia

Film, Animasi & Video

Jangan Sampai Kelewatan YouTuber Indonesia Inspiratif Ini!

Film, Animasi & Video

Mengubah Naskah Menjadi Ilustrasi lewat Storyboard

Film, Animasi & Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link