Penting Banget, Ini Dia Aturan Menerbangkan Drone di Indonesia

Dibaca Normal: 3 menit aja
aturan menerbangkan drone

Saat ini mau mengambil gambar dengan angle bird eye tidak serumit dulu. Jika di bayanganmu harus menggunakan helikopter, sekarang kamu hanya perlu menggunakan drone loh. Drone adalah pesawat tanpa awak (UAV) yang bisa terbang karena dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control atau komputer canggih. Dahulu perangkat mini ini hanya digunakan oleh sebagian orang karena harganya yang mahal, tapi sekarang kamu bisa membelinya dengan harga terjangkau. Di artikel sebelumnya kami pernah membagikan rekomendasi drone murah, di artikel kali ini kami akan membahas tentang aturan menerbangkan drone di Indonesia supaya tetap aman. Safety first!

Hindari Wilayah KKOP

aturan menerbangkan drone

Ilustrasi penerbangan di wilayah KKOP (sumber: pexels.com)

Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) adalah wilayah di daratan, perairan, atau ruang udara yang ada di sekitar bandar udara yang setiap hari digunakan untuk aktivitas penerbangan. Demi menjamin keselamatan setiap aktivitas penerbangan yang berlangsung di sana, maka terbitlah pelarangan soal menerbangkan drone di daerah KKOP.

Buat kamu yang mau mengambil gambar bird eye di Jakarta ada kabar buruk nih, karena sebagian besar kawasan Jakarta merupakan KKOP yang terlarang untuk menerbangkan drone. KKOP yang dimaksud di sini yaitu wilayah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma, dan Istana Negara. Nah, mulai sekarang catat lokasi mana saja yang tidak boleh untuk menerbangkan drone hobi maupun komersial.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
6 Rekomendasi Drone Murah Harga di Bawah 2 Juta

Pilih Lokasi Terbuka

aturan menerbangkan drone

Mengoperasikan drone di tempat terbuka (sumber: pexels.com)

Aturan menerbangkan drone di Indonesia yang berikutnya yaitu dengan memilih lokasi terbuka, contohnya lapangan. Menerbangkan di tempat terbuka dirasa lebih aman sekaligus menghindari risiko drone nyangkut di pohon atau tiang listrik. Apalagi kalau kamu syuting di lokasi padat penduduk hal tersebut tentu sangat berbahaya. Selain untuk menghindari risiko nyangkut, menerbangkan di lapangan bersama teman-teman dengan kesamaan hobi juga seru loh. Kamu bisa berkumpul dengan komunitas drone di sana, tapi dengan catatan tidak berada di wilayah KKOP yah.

Ketinggian Maksimal Menerbangkan Drone

aturan menerbangkan drone

Drone terbang di udara (sumber: pexels.com)

Mungkin sebagian dari kamu ada yang baru bergabung dengan komunitas drone hobi. Perlu diketahui bahwa menerbangkan drone ada batas maksimalnya loh. Berapa ketinggian maksimum menerbangkan drone di Indonesia? Jawabannya adalah 150 meter dari permukaan tanah berdasarkan tempat pilot mengoperasikan drone tersebut.

Sebenarnya bisa saja jika kamu ingin menerbangkannya lebih tinggi, tetapi risiko kehilangan sinyal GPS-nya sangat besar dan bisa-bisa malah hilang terbawa angin. Selain risiko hilang sinyal, menerbangkan drone di atas aturan maksimal bisa mengganggu navigasi penerbangan. Jadi, jangan coba-coba melanggaran aturannya kalau kamu tidak mau didenda sebesar Rp1,5 miliar atau hukuman penjara maksimal tiga tahun.

Baca Juga
10 Kamera Mirrorless Terbaik Harga 5 Juta-an

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Yuk Kreasikan Videomu dengan Aplikasi Edit Transisi Video Berikut!

Film, Animasi & Video

Ingin Membuat Anime? Yuk Pahami Perbedaan Anime dan Kartun

Film, Animasi & Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link