Cara Membuat Film Pendek – Part 1. Tahap Pra Produksi

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat film pendek

Tahap pra produksi film sangatlah penting, karena semua fondasi dasar film semuanya ada di situ, GenK. Buat kamu yang ingin belajar jadi filmmaker, kami bakal membagikan cara membuat film pendek tahap pra produksi nih. Mari simak selengkapnya!

Terdapat tiga tahap saat pembuatan film, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tidak hanya film dengan biaya produksi yang besar saja, tapi ketika kamu ingin membuat film pendek sekalipun pasti akan melalui ketiga tahap tersebut. 

Setiap tahapan memiliki aspek-aspek penting di dalamnya yang mesti dipenuhi olehmu sebagai filmmaker. Di artikel kali ini kami akan membahas dari yang paling dasar, yaitu apa saja yang dibutuhkan saat pembuatan film pendek di pra produksi. Yuk langsung saja simak penjelasan berikut, GenK! 😃

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Dimulai dengan Proses Kreatif 

cara membuat film pendek

Brainstrorming ide (sumber: pexels.com)

Proses kreatif adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengerahkan seluruh kemampuan yang kamu miliki untuk menggodok ide-ide baru yang original. Saat pembuatan film, proses kreatif sangatlah penting, karena di tahap inilah kamu dapat mematangkan perencanaan sebelum akhirnya direalisasikan menjadi karya film.

Di tahap proses kreatif tidak ada yang namanya batasan, sehingga kamu bebas untuk mengeluarkan ide-ide gila yang out of the box tanpa perlu merasa khawatir idemu akan ditolak. 

Apa isu yang akan kamu angkat ke dalam film? 

Tema besar apa yang akan dibawakan? 

Apa konflik utama yang akan dihadapi oleh protagonis?

Semua ditentukan pada tahap ini, GenK. Kalau kamu merasa kesulitan saat melakukan brainstorming ide, coba baca informasi selengkapnya tentang tahap proses kreatif di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya. ✍️

Baca Juga
Cara Membuat Kerangka Karangan Cerita

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Sejarah Anime Hingga Sampai ke Indonesia

Film, Animasi & Video

Jangan Sampai Kelewatan YouTuber Indonesia Inspiratif Ini!

Film, Animasi & Video

Mengubah Naskah Menjadi Ilustrasi lewat Storyboard

Film, Animasi & Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link