Cara Membuat Film Pendek – Part 1. Tahap Pra Produksi

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
cara membuat film pendek

Tahap pra produksi film sangatlah penting, karena semua fondasi dasar film semuanya ada di situ, GenK. Buat kamu yang ingin belajar jadi filmmaker, kami bakal membagikan cara membuat film pendek tahap pra produksi nih. Mari simak selengkapnya!

Terdapat tiga tahap saat pembuatan film, yaitu pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Tidak hanya film dengan biaya produksi yang besar saja, tapi ketika kamu ingin membuat film pendek sekalipun pasti akan melalui ketiga tahap tersebut.

Setiap tahapan memiliki aspek-aspek penting di dalamnya yang mesti dipenuhi olehmu sebagai filmmaker. Di artikel kali ini kami akan membahas dari yang paling dasar, yaitu apa saja yang dibutuhkan saat pembuatan film pendek di pra produksi. Yuk langsung saja simak penjelasan berikut, GenK!

Dimulai dengan Proses Kreatif 

cara membuat film pendek

Brainstrorming ide (sumber: pexels.com)

Proses kreatif adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengerahkan seluruh kemampuan yang kamu miliki untuk menggodok ide-ide baru yang original. Saat pembuatan film, proses kreatif sangatlah penting, karena di tahap inilah kamu dapat mematangkan perencanaan sebelum akhirnya direalisasikan menjadi karya film.

Di tahap proses kreatif tidak ada yang namanya batasan, sehingga kamu bebas untuk mengeluarkan ide-ide gila yang out of the box tanpa perlu merasa khawatir idemu akan ditolak. 

Apa isu yang akan kamu angkat ke dalam film? 

Tema besar apa yang akan dibawakan? 

Apa konflik utama yang akan dihadapi oleh protagonis?

Semua ditentukan pada tahap ini, GenK. Kalau kamu merasa kesulitan saat melakukan brainstorming ide, coba baca informasi selengkapnya tentang tahap proses kreatif di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga   Cara Membuat Skenario Film untuk Pemula

Menyusun Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerita

Cara membuat film pendek di tahap pra produksi yang berikutnya adalah dengan menyusun unsur intrinsik dan ekstrinsik cerita. Walaupun film pendek, kamu mesti membuatnya secara mendetail, GenK. 

Unsur intrinsik adalah unsur yang menjadi fondasi dasar yang tersusun di dalam batang tubuh sebuah karya. Misalnya judul film, tema, penokohan, latar tempat, latar waktu, pola alur, bahasa yang digunakan, dan lain-lain.

Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur di luar karya sastra yang dapat membuat sebuah karya jadi memiliki nilai dan terikat hubungan dalam sosial masyarakat. Misalnya biografi pengarang, kondisi sosial ekonomi masyarakat, dan nilai-nilai lainnya yang terkandung di dalam film.

Menulis Skenario Film Pendek

cara membuat film pendek

Ilustrasi menulis script film pendek (sumber: premiumbeat.com)

Sebuah film tidak akan lengkap tanpa adanya skenario, karena di dalamnya tidak hanya tertulis narasi biasa, tetapi juga ada deskripsi adegan yang dilakukan semua tokoh. Bagaimana pergerakan dan ekspresi, setting tempat dan waktu adegan, serta dialog antartokoh jika ada. 

Sebuah karya dikategorikan sebagai film pendek karena memiliki durasi di bawah 60 menit, cermat dan kreatif merupakan kewajiban seorang script writer saat mengelola skenario.

Dibutuhkan beberapa tahap untuk akhirnya kamu dapat menyelesaikan sebuah skenario film pendek, yaitu:

  1. Membuat premis
  2. Menulis sinopsis
  3. Mengembangkan sinopsis menjadi naskah panjang
  4. Mulai menulis skenario secara lengkap yang dapat kamu buat dengan aplikasi Celtx, Trelby atau WriterDuet.

Masih haus akan informasi seputar pembuatan skenario film pendek? Untuk lebih detailnya dapat kamu baca di artikel yang pernah kami tulis sebelumnya tentang cara membuat skenario film untuk pemula, GenK.

Baca Juga   10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Merancang Shot List

Cara membuat film pendek pada tahap pra produksi yang berikutnya adalah merancang shot list. Secara pengertian, shot list adalah dokumen yang memang dibuat untuk memetakan seluruh aspek yang mesti dilengkapi untuk membuat film. 

Dokumen ini dibuat berdasarkan naskah dan skenario yang sudah dibuat sebelumnya, kemudian dipecah lagi menjadi scene shot, camera angle, equipment, sound effect, dan lain-lain.

Tips: Shot list tidak punya template khusus yang saklek. Semua elemen yang ada di dalamnya dibuat sesuai kebutuhanmu, GenK. Seperti penjelasan tentang apa itu shot list yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya.

Menggambar Storyboard

cara membuat film pendek

Ilustrasi menggambar storyboard (sumber: conceptartempire.com)

Tahap berikutnya dari cara membuat film pendek adalah menggambar storyboard untuk memvisualisasikan cerita yang sudah ditulis di dalam naskah. Storyboard adalah gambar atau ilustrasi untuk membuat rancangan sketsa yang berisi rentetan adegan video yang nantinya akan kamu buat. 

Gambar-gambar yang kamu buat di storyboard dapat memungkinkan kamu untuk membayangkan bagaimana hasil film pendek buatanmu nantinya.

Ada beberapa cara membuat storyboard, yaitu dapat kamu buat sendiri atau dengan menyewa jasa Storyboard Artist supaya hasil gambarnya jelas dan mudah dipahami oleh seluruh tim, terutama sutradara dan Director of Photography

Recce ke Lokasi yang Sudah Dipilih

recce

Mendatangi lokasi syuting (sumber: pexels.com)

Apabila kamu sudah menemukan lokasi yang ideal untuk syuting dan sesuai dengan naskah yang kamu buat di tahap awal pra produksi film pendek, sekarang saatnya untuk melakukan recce. Apaan tuh, GenK?

Recce adalah mengunjungi lokasi syuting, biasanya dilakukan secara bersama-sama oleh produser, sutradara, Director of Photography, art director, dan penata suara

Kemudian setiap tim akan mengecek apa saja peralatan yang cocok digunakan saat pengambilan gambar. Lalu tentukan juga blocking kamera dan pertimbangkan bagaimana caranya untuk sebisa mungkin mencegah terjadinya noise suara.

Baca Juga   Wong Kar Wai dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Open Casting

casting film

Casting film (sumber: t-vine.com)

Tahap berikutnya di pra produksi adalah melakukan open casting. Supaya informasi seputar open casting dapat diketahui oleh publik, sebar luaskan di semua media sosialmu, GenK. Tak lupa cantumkan tanggal dan lokasi open casting sesuai jadwal yang kamu buat. 

Bagai mencari jodoh, menemukan talent yang cocok untuk memerankan karakter di film pendekmu mungkin tidak selalu mudah. Namun ini bukanlah masalah besar, GenK.

Script Reading

script reading

Reading bersama sutradara dan pemain (sumber: shutterstock.com)

Setelah menemukan cast yang cocok, tahap berikutnya adalah melakukan script reading. Tahap ini biasanya dilakukan oleh aktor dan sutradara demi pendalaman karakter sesuai naskah dan gaya yang diinginkan sutradara. Tak jarang saat melakukan reading sutradara mengubah beberapa dialog aktor, bisa jadi ada penambahan atau malah pengurangan dialog. 

Sebaiknya script reading dilakukan beberapa kali supaya aktor lebih mendalami cerita yang dibangun oleh script writer dan sutradara. Kamu juga dapat merekam seluruh proses reading supaya ada panduan berlatih sang aktor sebelum benar-benar take gambar. 


Terapkan cara membuat film pendek di atas supaya konsep pada pra produksi terkonsep dengan matang. Gak hanya sampai di sini loh, kami juga bakal membahas tentang cara membuat film pendek saat tahap produksi, GenK. So, jangan sampai ketinggalan informasi berikutnya yah!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Film, Animasi, dan Video

Ini Dia Tiga Jenis Film yang Wajib Diketahui Calon Filmmaker

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Apa Itu Mise en Scene dalam Produksi Film

Film, Animasi, dan Video

Tutorial After Effect Praktis untuk Membuat Scribble Effect

Film, Animasi, dan Video

Belajar Dasar-Dasar Sinematografi, Anak Film Wajib Baca

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Film Pendek - Part 2. Tahap Pembuatan Film

Film, Animasi, dan Video

Tutorial Cara Mengedit Video untuk Membuat Efek Clone

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Haul Video, Tren YouTube Kekinian Anak Milenial

Film, Animasi, dan Video

Tutorial Cara Membuat Color Coded Lyrics Cepat dan Mudah

Film, Animasi, dan Video

Kenapa Motion Graphic Designer Banyak Dicari?

Film, Animasi, dan Video

Jenis-Jenis Camera Movement yang Harus Dikuasai Filmmaker

Film, Animasi, dan Video

7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional

Film, Animasi, dan Video

Tips Membuat Travel Vlog, Supaya Liburan Lebih Berkesan

Film, Animasi, dan Video

10 Rekomendasi Efek Transisi Video Keren yang Memukau

Film, Animasi, dan Video

4 Peralatan yang Wajib Dimiliki Para Travel Vlogger

Film, Animasi, dan Video

5 Fakta Unik Film Gundala, Kostumnya Sepabrik dengan Film Watchmen

Film, Animasi, dan Video

Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

Film, Animasi, dan Video

5 Alasan Utama Kenapa Kamu Harus Nonton Film Gundala

Film, Animasi, dan Video

4 Jenis Microphone Eksternal untuk Membuat Video

Film, Animasi, dan Video

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Praktis

            Artikel Selanjutnya