Cara Membuat Skenario Film untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat skenario film

Untuk bisa membuat sebuah film, kamu harus paham bagaimana cara membuat skenario film yang baik dan benar. Nah, di sini kami akan bahas soal penulisan naskah secara lengkap. Yuk simak! Pra produksi menjadi tahap di mana kamu membuat rancangan film dari awal sampai akhir. Berawal dari ide yang tercetus di kepala, kamu bisa kembangkan ceritamu ke dalam bentuk skenario film. 

Slider
Slider
Slider

Jika sudah jadi, kamu bisa langsung masuk ke proses pembuatan shot list, storyboard, dan kebutuhan tim lainnya yang menjadi satu kesatuan unsur di pra produksi film. Ngomong-ngomong soal cara membuat skenario film, kamu tidak hanya perlu mengasah ide kreatif, tetapi juga urusan teknisnya. Penasaran? Yuk lanjut ke pembahasan berikutnya!

Apa Itu Skenario FIlm?

cara membuat naskah cerita 1

Contoh script (sumber: backstage.com)

Naskah atau skenario adalah karya tulis yang dibuat oleh scriptwriter yang nantinya akan digunakan untuk unsur pembuatan film, program televisi, animasi, atau video game. Tidak hanya berupa narasi biasa, tetapi di dalam sebuah skenario sudah terdapat deskripsi aksi tokoh. Seperti gerakan dan ekspresi, setting tempat dan waktu, serta dialog antartokoh.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Skenario dapat berupa cerita original dari penulis maupun hasil adaptasi dari karya tulis yang sudah ada sebelumnya. Contohnya seperti film drama romantis berjudul “The Fault in Our Stars” yang diadaptasi dari novel karya John Green dengan judul yang sama. 

Baca Juga
Cara Membuat Film Pendek - Part 1. Tahap Pra Produksi

Aplikasi untuk Membuat Skenario Film

Ada banyak cara membuat naskah film, bisa lewat Microsoft Word ataupun aplikasi khusus menulis skenario. Sebenarnya sah-sah saja jika kamu ingin menulis di Microsoft Word, tapi bakal kurang praktis karena kamu harus membuat formatnya sendiri. Nah, kalau kamu tertarik untuk mencoba aplikasi untuk membuat skenario, kami punya beberapa rekomendasinya khusus buat kamu nih. Kuy disimak! 

1. Celtx

cara membuat naskah cerita 2

Aplikasi Celtx (sumber: researchgate.net)

Aplikasi yang pertama akan kami bahas adalah Celtx. Merupakan software untuk pra produksi media. Dirancang untuk membuat dan mengatur proyek media, seperti menulis skenario, merancang breakdown film, membuat storyboard, jadwal syuting, rincian pengeluaran, dan lain sebagainya. Semua pekerjaan bisa kamu kerjakan dalam keadaan offline loh. Kece banget

Untungnya lagi, aplikasi ini bisa kamu unduh langsung di situs webnya secara gratis. Aplikasinya juga sangat mudah dioperasikan meskipun kamu belum pernah menggunakannya. Sehingga cocok banget buat kamu yang baru belajar menulis naskah.

Slider
Slider
Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Praktis dan Simpel Banget Nih, 4 Teknik Dasar Editing Video

Film, Animasi & Video

Ini Dia Sutradara Perempuan Indonesia yang Karyanya Patut Diacungi Jempol

Film, Animasi & Video

Bukan Cuma Parasite, Ini Dia 5 Film Korea Terbaik yang Go International

Film, Animasi & Video

Channel Youtube Zumba Ini Bikin Semangat Membara!

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Color Grading di Adobe Premiere

Film, Animasi & Video

6 Rekomendasi Film Tentang Anak Band yang Menginspirasi

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link