Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat time lapse

Mengabadikan momen matahari terbenam, ramainya pusat kota, atau pergerakan awan? Semua bisa kamu potret dengan teknik time lapse. Di sini kami akan membagikan apa saja peralatan yang dibutuhkan dan cara membuat time lapse untuk pemula. Yuk simak artikelnya!

Time lapse adalah teknik fotografi yang mengambil gambar atau video menggunakan interval waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk menampilkan beberapa frame foto dalam satu momentum dan sudut pandang.

Cara Membuat Time Lapse 1

GIF time lapse bulan di malam hari (sumber: giphy.com)

Kalau di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang 5 aplikasi time lapse di Android dan iPhone, sekarang saatnya mempelajari tentang cara membuat time lapse nih. Kami bakal membahas dari yang paling mendasar, yaitu starter pack untuk memotret dan merekam time lapse. Baru deh berikutnya kami bakal membagikan tutorial pembuatannya khusus buat kamu. Yuk langsung saja dimulai pembahasannya! 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Alat-Alat untuk Time Lapse

Pertama-tama siapkan gear atau peralatan kamera yang dibutuhkan untuk membuat time lapse. Namun ini sifatnya tidak saklek, kamu dapat melakukan improvisasi alat sesuai kebutuhan dan budget. Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat time lapse:

Cara Membuat Time Lapse 2

Kamera untuk memotret time lapse (sumber: pexels.com)

1. Kamera

Alat utama untuk membuat time lapse adalah kamera. Tidak mesti kamera DSLR dan mirrorless, tapi kamu juga bisa menggunakan ponselmu. Pastikan baterai kamera sudah diisi sampai penuh, karena kamu akan merekam atau memotret gambar dalam jangka waktu tertentu. Kalau tiba-tiba mati, footage videomu bisa terpotong dan gambar pun jadi terasa jumping

2. Tripod

Mau merekam matahari terbenam tapi takut pegal badan. Jangan jadikan ini sebagai kendala, gunakanlah tripod. Tripod adalah alat yang digunakan untuk membantu badan kamera berdiri tegak. Biasanya dipakai jika kamu memotret dengan shutter speed yang lambat, kira-kira 30 atau bisa lebih lambat lagi. Dengan menggunakan tripod, kameramu tidak akan bergeser dan gambar pun jadi stabil. Wajib banget digunakan saat merekam momen indah untuk video time lapse

Baca Juga
5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

3. Intervalometer

Cara Membuat Time Lapse 3

Alat intervalometer (sumber: shootblue.tv)

Intervalometer adalah perangkat yang dihubungkan ke kamera supaya kamu sebagai fotografer lebih mudah untuk mengontrol kamera dalam hal berapa lama pemotretan dan berapa banyak foto yang sudah diambil. Meski alat ini memiliki model yang bervariasi, namun semuanya tetap memiliki fungsi yang sama. Selain digunakan untuk merekam atau memotret time lapse, intervalometer juga memiliki kegunaan lain loh. Ini dia fungsinya:

  • Memotret gambar yang memiliki komposisi menumpuk, seperti foto milky way. Seandainya kepo, kamu bisa membaca informasi tentang cara foto milky way di artikel sebelumnya.
  • Intervalometer cocok digunakan ketika kamu mengaktifkan timer saat memotret.
  • Dapat memotret setiap detik secara terus menerus dalam kurun waktu 1,5 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Ini Dia Daftar Tayangan Baru di Netflix Bulan April 2020

Film, Animasi & Video

Bikin Gemas, Ini Dia Rekomendasi Film untuk Pecinta Kucing

Film, Animasi & Video

Trilogi The Hobbit dan Akhir Kisah Petualangan di Middle Earth

Film, Animasi & Video

5 Film yang Wajib Kamu Nonton di Bulan Ramadan

Film, Animasi & Video

Berburu Teka-Teki dan Nasib Umat Manusia di The Maze Runner

Film, Animasi & Video

Type of Shot Kamera, Ilmu Wajib Para Pembuat Film

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>