Tutorial Cara Membuat Time Lapse Video untuk Pemula

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat time lapse

Mengabadikan momen matahari terbenam, ramainya pusat kota, atau pergerakan awan? Semua bisa kamu potret dengan teknik time lapse. Di sini kami akan membagikan apa saja peralatan yang dibutuhkan dan cara membuat time lapse untuk pemula. Yuk simak artikelnya!

Time lapse adalah teknik fotografi yang mengambil gambar atau video menggunakan interval waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk menampilkan beberapa frame foto dalam satu momentum dan sudut pandang.

Cara Membuat Time Lapse 1

GIF time lapse bulan di malam hari (sumber: giphy.com)

Kalau di artikel sebelumnya kami sudah membahas tentang 5 aplikasi time lapse di Android dan iPhone, sekarang saatnya mempelajari tentang cara membuat time lapse nih, GenK. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Kami bakal membahas dari yang paling mendasar, yaitu starter pack untuk memotret dan merekam time lapse. Baru deh berikutnya kami bakal membagikan tutorial pembuatannya khusus buat kamu. Yuk langsung saja dimulai pembahasannya! 😁

Alat-Alat untuk Time Lapse

Pertama-tama siapkan gear atau peralatan kamera yang dibutuhkan untuk membuat time lapse. Namun ini sifatnya tidak saklek, kamu dapat melakukan improvisasi alat sesuai kebutuhan dan budget. Berikut adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat time lapse:

Cara Membuat Time Lapse 2

Kamera untuk memotret time lapse (sumber: pexels.com)

1. Kamera

Alat utama untuk membuat time lapse adalah kamera. Tidak mesti kamera DSLR dan mirrorless, tapi kamu juga bisa menggunakan ponselmu, GenK. 

Pastikan baterai kamera sudah diisi sampai penuh, karena kamu akan merekam atau memotret gambar dalam jangka waktu tertentu. Kalau tiba-tiba mati, footage videomu bisa terpotong dan gambar pun jadi terasa jumping. 😂

2. Tripod

Mau merekam matahari terbenam tapi takut pegal badan. Jangan jadikan ini sebagai kendala, GenK, gunakanlah tripod. Tripod adalah alat yang digunakan untuk membantu badan kamera berdiri tegak. Biasanya dipakai jika kamu memotret dengan shutter speed yang lambat, kira-kira 30 atau bisa lebih lambat lagi.

Dengan menggunakan tripod, kameramu tidak akan bergeser dan gambar pun jadi stabil. Wajib banget digunakan saat merekam momen indah untuk video time lapse

Baca Juga
5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Yuk Kreasikan Videomu dengan Aplikasi Edit Transisi Video Berikut!

Film, Animasi & Video

Ingin Membuat Anime? Yuk Pahami Perbedaan Anime dan Kartun

Film, Animasi & Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link