Jelajahi Setiap Sudut dengan Cara Membuat Video 360 Derajat

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat video 360

Melihat ke segala arah lewat video 360 memang bisa memberi experience tersendiri, GenK. Di sini kami ingin mengajakmu untuk tidak sekadar menikmati konten, tetapi juga ikut serta dalam pembuatan video tersebut. Yuk simak cara membuat video 360 derajat berikut ini!

Apa Itu Video 360 Derajat?

Video 360 derajat adalah sebuah video yang memungkinkan kamu untuk melihat ke setiap sudut bagian yang ada di video tersebut. Keren kan? Bandingin aja, dengan kamera biasa, kamu hanya bisa melihat dari salah satu bagian, misalnya depan, belakang, atas, bawah, atau samping. 

Lebih dari itu, lewat video 360 derajat, kamu bisa mengatur control center sepuasnya loh. Mau menghadap ke kanan atau ke kiri, ke depan atau ke belakang, dan lain sebagainya bisa langsung kamu dapatkan hanya dalam satu video. Sehingga kamu tidak perlu terpaku dengan apa yang diliput oleh cameraman. 📷

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Jenis-Jenis Video 360

Berikutnya mulai masuk ke pembahasan yang bersifat teknis nih. Sebenarnya terdapat dua jenis 360°, yaitu monoscopic dan stereoscopic. Berikut adalah penjelasan setiap jenisnya:

  1. Monoscopic adalah standar format yang biasanya digunakan untuk 360° video. Bila menggunakan format ini, kamu bisa menggerakan control center berputar ke segala arah. Biasanya digunakan untuk video YouTube dan Facebook.
  2. Stereoscopic adalah teknik yang digunakan untuk membuat atau menampilkan ilusi dimensi yang mendalam pada sebuah gambar atau video. Gambar yang awalnya berbentuk 2D, kemudian dikombinasikan untuk memberikan efek 3D. Teknik ini biasanya digunakan pada VR Headsets.

Kenapa Video 360 Derajat Banyak Disukai?

cara membuat video 360 1

Contoh video 360 (sumber: giphy.com)

Seandainya kamu termasuk salah satu penyuka 360 video, pernah gak sih kamu bertanya-tanya, “Kenapa saya suka menonton video 360 yah?”

Allows the user to look anywhere or everywhere.”

Video 360 derajat memberikan pengalaman yang mendalam kepada penggunanya dengan memberikan fitur mengontrol arah kamera. Ibaratnya seperti langit tanpa batas, di mana kamu bisa melihat ke segala penjuru yang ada di video tersebut. Kesan seperti inilah yang ingin ditawarkan kepada pengguna, GenK. Canggih banget! 😀

Baca Juga
5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Ingin Membuat Anime? Yuk Pahami Perbedaan Anime dan Kartun

Film, Animasi & Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Film, Animasi & Video

Pentingnya Kerangka Cerita dan Karakter dalam Penyutradaraan Film

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link