Jelajahi Setiap Sudut dengan Cara Membuat Video 360 Derajat

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat video 360

Melihat ke segala arah lewat video 360 memang bisa memberi experience tersendiri, GenK. Di sini kami ingin mengajakmu untuk tidak sekadar menikmati konten, tetapi juga ikut serta dalam pembuatan video tersebut. Yuk simak cara membuat video 360 derajat berikut ini!

Apa Itu Video 360 Derajat?

Video 360 derajat adalah sebuah video yang memungkinkan kamu untuk melihat ke setiap sudut bagian yang ada di video tersebut. Keren kan? Bandingin aja, dengan kamera biasa, kamu hanya bisa melihat dari salah satu bagian, misalnya depan, belakang, atas, bawah, atau samping.

Lebih dari itu, lewat video 360 derajat, kamu bisa mengatur control center sepuasnya loh. Mau menghadap ke kanan atau ke kiri, ke depan atau ke belakang, dan lain sebagainya bisa langsung kamu dapatkan hanya dalam satu video. Sehingga kamu tidak perlu terpaku dengan apa yang diliput oleh cameraman.

Jenis-Jenis Video 360

Berikutnya mulai masuk ke pembahasan yang bersifat teknis nih. Sebenarnya terdapat dua jenis 360簞, yaitu monoscopic dan stereoscopic. Berikut adalah penjelasan setiap jenisnya:

  1. Monoscopic adalah standar format yang biasanya digunakan untuk 360簞 video. Bila menggunakan format ini, kamu bisa menggerakan control center berputar ke segala arah. Biasanya digunakan untuk video YouTube dan Facebook.
  2. Stereoscopic adalah teknik yang digunakan untuk membuat atau menampilkan ilusi dimensi yang mendalam pada sebuah gambar atau video. Gambar yang awalnya berbentuk 2D, kemudian dikombinasikan untuk memberikan efek 3D. Teknik ini biasanya digunakan pada VR Headsets.

Kenapa Video 360 Derajat Banyak Disukai?

cara membuat video 360 1

Contoh video 360 (sumber: giphy.com)

Seandainya kamu termasuk salah satu penyuka 360 video, pernah gak sih kamu bertanya-tanya, Kenapa saya suka menonton video 360 yah?

Allows the user to look anywhere or everywhere.

Video 360 derajat memberikan pengalaman yang mendalam kepada penggunanya dengan memberikan fitur mengontrol arah kamera. Ibaratnya seperti langit tanpa batas, di mana kamu bisa melihat ke segala penjuru yang ada di video tersebut. Kesan seperti inilah yang ingin ditawarkan kepada pengguna, GenK. Canggih banget!

Baca Juga
5 Tripod Kamera Murah Terbaik Harga di Bawah 1 Juta

Alat-Alat yang Digunakan

Sebelum masuk ke cara membuat video 360 derajat, ada baiknya kamu mengumpulkan equipment atau alat-alat yang dibutuhkan terlebih dahulu. Yuk simak satu per satu alatnya, GenK!

  1. Kamera 360簞, ada banyak opsi yang bisa kamu pilih, contohnya seperti GoPro Fusion, Brica Insta 360 Air, dan Ricoh Theta V.
  2. PC atau laptop, hasil video yang kamu rekam memiliki resolusi 4K, sehingga membutuhkan laptop yang berkualitas dengan daya processor yang tinggi.
  3. Storage, footage 360簞 video bakalan memakan banyak memori device-mu loh, karena hasil gambarnya yang high quality. Maka dari itu gunakanlah penyimpanan dengan RAM yang besar.
  4. Software edit video, sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang software edit video PC yang bisa menjadi pilihanmu untuk mengedit video 360 derajat. Namun, kami merekomendasikan Adobe Premiere Pro dan Autopano Video Pro untuk mempermudah proses pengeditan video.

Cara Membuat Video 360 Derajat

Alat-alatnya sudah siap semua, berarti sekarang saatnya kamu terjun langsung untuk membuat video 360 derajat deh. Kami akan membahasnya mulai dari yang paling dasar, yaitu menentukan konsep. Langsung saja kita lihat langkah pembuatannya. 儭

Step 1 – Pilih konten

Apa yang ingin kamu rekam?

Kapan syutingnya?

Kenapa lokasinya harus di situ?

cara membuat video 360 2

Contoh tempat yang menarik untuk dijadikan konten (sumber: pexels)

Sebelum masuk ke proses produksi, buatlah perancangan konsep dasarnya yang dimulai dari pemilihan konten. Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas sangat berguna untuk berempati sebagai penonton. Kamu juga jadi lebih tahu apa point of interest dari videomu, GenK. Ini merupakan trik dari cara membuat video 360 derajat.

Berikut adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi videomu agar dibanjiri penonton:

  1. Menampilkan lokasi dengan interior yang unik.
  2. Pilihlah spot yang bisa menjangkau ke semua arah saat direkam dengan kamera 360簞.
  3. Seakan-akan menceritakan sesuatu lewat point of view orang tertentu.
Baca Juga
8 Tips Fotografi di HP Biar Gak Kalah dengan Kamera Profesional

Step 2 – Buat storyboard

cara membuat video 360 3

Ilustrasi membuat storyboard (sumber: wave.video/blog)

Cara membuat video 360 yang berikutnya adalah dengan merancang gambar storyboard. Storyboard adalah gambar atau ilustrasi yang dibuat sebagai rancangan sketsa rentetan adegan dari video yang bakal kamu buat nantinya. Gambar ini sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan kamu loh, karena bisa menjadi panduan pengambilan gambar saat proses syuting.

Untuk penjelasan lengkapnya, kamu bisa membaca tentang cara membuat storyboard yang sudah pernah kami tulis di artikel sebelumnya.

Step 3 – Mulai syuting footage video 360 derajat

Yuhuuu! Sekarang kita masuk ke tahap produksi, yaitu syuting footage untuk video 360 derajat. Setelah semua alat siap, segeralah datang ke lokasi pada jam yang sudah direncanakan pada step pertama. Jika sudah sampai, cari posisi yang tepat dan harus sesuai dengan perspektif yang kamu ingin sampaikan kepada penonton.

cara membuat video 360 4

GoPro Fusion untuk 360 video (sumber: mashable.com)

Kalau sudah menentukan posisi, lakukan sinkronisasi kamera jika kamu menggunakan banyak kamera untuk merekam gambar. Semakin banyak kamera yang digunakan, maka kualitas gambar akan semakin tinggi.

Hanya saja saat masuk tahap pasca produksi, kamu harus bisa menyatukan potongan-potongan footage video tersebut menjadi satu kesatuan hingga membentuk video 360 derajat.

Tips: Tambahkan atmosfer suara pada video, misalnya seperti suara kicauan burung, daun yang tertiup angin, atau air yang mengalir. Kamu bisa merekamnya menggunakan mic eksternal.

Baca Juga
4 Jenis Microphone Eksternal untuk Membuat Video

Step 4 – Mengedit video

cara membuat video 360 5

Software Autopano Video Pro (sumber: www.file-extensions.org)

Sekarang kami masuk ke tahap pascaproduksi nih, yaitu proses pengeditan video. Nah, footage yang sudah kamu ambil jangan lupa untuk di export.

Apabila kamu menggunakan lebih dari satu kamera, editlah dengan Autopano Video Pro yang merupakan software edit video untuk Windows dan macOS yang dikembangkan oleh Kolor (bagian dari GoPro).

Software ini memungkinkan kamu untuk menyempurnakan penggabungan video yang direkam kamera 1 dan kamera lainnya dengan menyesuaikan geometri dan color grading 360 derajat.


Gak cuma videografer andal, siapa saja bisa mengikuti cara membuat video 360 derajat sendiri loh. Buatlah video ala kamu sendiri dan jangan mau kalah dengan mengunggahnya di media sosial milikmu. Selamat mencoba!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Mengenal Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

Film, Animasi & Video

Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Film, Animasi & Video

Ini Dia Tiga Jenis Film yang Wajib Diketahui Calon Filmmaker

Film, Animasi & Video

Mengenal Apa Itu Mise en Scene dalam Produksi Film

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link