Cara Membuat Lip Sync di Video Animasi Kamu

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat video animasi

Kami sudah pernah membahas cara membuat video animasi dan prinsip-prinsip dasarnya yang mesti kamu tahu. Sekarang, kami mau lanjut memberitahu kamu cara membuat lip sync di dalam sebuah video animasi. Yuk, simak, GenK!

Mulai dari serial kartun Doraemon sampai film animasi Spiderman-verse, semua tokohnya dibuat dari tangan para seniman visual. Namun adegan yang bergulir tak akan lengkap jika dialognya tak bersuara.  🙊

Nah, di situlah letak pengisian suara punya peran membuat karakter kian hidup dengan dialog. Karena karakter di tokoh animasi bukanlah manusia sungguhan, maka perlu ada suara yang dimasukkan dan disesuaikan. Caranya dengan lip syncing.  

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Jika kamu sedang membuat animasi, selamat! Itu artinya kamu sudah naik tingkat dari penikmat karya menjadi pekarya. Nah, kali ini kita akan membahas cara lip syncing yang tepat dan enak ditonton untuk tokoh-tokoh animasi kamu.  

Apa Itu Lip Syncing?

Ini merupakan salah satu bagian dari cara membuat video animasi.  

Seperti namanya, lip syncing pada dasarnya adalah proses mensinkronisasi atau menyesuaikan antara gerak bibir dengan suara yang dikeluarkan. Nah dalam konteks video animasi, lip syncing menjadi langkah menyesuaikan gerak bibir tokoh animasi kamu dengan pengisian suara. 

Pengisian suara atau dubbing bisa kamu lakukan sendiri atau oleh orang lain. Pengisi suara dikenal dengan sebutan dubber.  

Jika lip syncing dilakukan dengan tepat, adegan-adegan video animasi akan mulus dan nyaman ditonton. Bayangkan, pasti rasanya ganggu ya kalau Doraemon sedang ngomong, lalu dibalas Nobita, tapi suaranya baru sampai Doraemon ngomong? Nah, itulah kenapa lip syncing harus dilakukan dengan teliti, GenK.  😉

cara membuat video animasi 1

RogoDigital (sumber: RogoDigital)

Ada banyak software untuk membantu kamu lip sync, contohnya seperti RogoDigital. Namun, tidak jarang jasa ini berbayar untuk mendapatkan full editing  experience.  

Jika kamu tertarik mempelajarinya, kamu bisa melakukan lip sync sendiri. Gratis tentunya. Yang penting, sediakan waktu dan kesabaran untuk menata pelafalan huruf demi huruf yang diucapkan karaktermu ya!  

Baca Juga
10 Aplikasi Pembuat Animasi untuk Android dan iPhone

Langkah-Langkah Lip Syncing

Bagaimana, sudah siap lip syncing video animasi kamu? Mari kita mulai! 🏃‍♂️

Siapkan bentuk mulut yang tepat

Untuk memulai lip syncing, kamu perlu tahu posisi-posisi mulut saat mengeluarkan suara tertentu. Bentuk mulut karakter memperlihatkan huruf yang tengah kita ucapkan.

Contoh, lafal huruf m, b, p membentuk bibir yang terkatup rapat.  

Lafal a, eu, ieu (i lemah), membentuk bibir terbuka setengah.

Lafal e keras (seperti mengucapkan tempe) membentuk bibir tertarik lebar ke samping.

Lafal s, c, z, d, n, sh, t, g, ch, j membentuk bibir tertarik ke samping juga, tapi tidak selebar e.  

Lafal th membentuk bibir dengan lidah di gigi atas.  

Lafal o dan u membentuk bibir terbuka membulat.  

Lafal f dan v membentuk bibir dengan gigi atas menyentuh bagian dalam bibir bawah.  

Lafal r dan l membentuk bibir tertarik ke samping dan bibir tertarik ke belakang, tapi tarikannya tidak selebar e.  

Lafal k, g, dan h membentuk bibir terbuka seperti huruf a, tapi tidak selebar a.  

cara membuat video animasi 2

Contoh ekspresi wajah karakter (sumber: freepik.com)

Kamu boleh banget bikin gerak yang berlebihan buat bentuk mulut ini, alias dibikin lebay. Perubahan bentuk mulut ini memudahkan buat penonton, layaknya kita lebih mudah mengerti apa yang orang bicarakan saat melihat gerak mulutnya yang terbuka dengan jelas ketimbang bergumam.  

Perhatikan juga dialog yang ingin kamu sampaikan,serta nada yang ingin kamu keluarkan dengan dari dialog tersebut.  

Contoh, karakter yang kamu ciptakan sedang senang. Bentuk bibirnya akan mengekspresikan kegembiraan sambil berbicara. Gambar sudut bibirnya menukik ke atas, seperti senyum sambil memperlihatkan gigi. Sebaliknya, jika ia sedang sedih, sudut bibirnya menukik ke bawah.  😥

Jika kamu ingin memudahkan proses ini, kamu bisa membuat folder berisi template gambar mulut satu tokoh, lengkap dengan penamaan lafal huruf dan nama tokoh yang memiliki mulut itu. Contoh, satu gambar mulut dinamai  Dora-F dan V. Dengan begitu, akan lebih mudah memasang bentuk mulut ke atas layer karakter.  

Namun jika kamu nyaman menggambar manual  terus menerus untuk tiap kata berbeda sesuai intonasinya, bagus, karena gerak mulut si karakter akan terlihat lebih natural ketimbang ragam bentuk mulut yang itu-itu saja.

Baca Juga
Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Belajar timing dari self reference

cara membuat video animasi 4

Ilustrasi lip sync video animasi (sumber: unsplash.com)

Timing selalu menjadi kunci cara membuat video animasi, termasuk dalam urusan lip sync. Nah, kalau bahan untuk gerakan mulutnya sudah siap, sekarang kita mulai belajar atur timing pergerakan mulut sesuai ucapannya, GenK.  

Untuk mempelajari timing gerakan mulut yang pas, kamu juga bisa mencoba merekam diri sendiri saat mengucapkan dialog itu. Jangan takut merasa aneh kalau merekam diri sendiri ya, GenK. Animator sering kok menggunakan rekaman dirinya sebagai referensi untuk membuat animasi, termasuk saat membuat gerak bibir.  

Contoh Emma Shih, animator andalan Spider-verse. Ia merekam dirinya sendiri saat memperagakan ulang adegan di script. Dari situ Emma dengan tepat mengatur timing untuk gestur, mimik muka, sekaligus gerak mulut si tokoh.  

Tiap animasi punya kecepatan dalam fps yang berbeda, ada yang 24 fps, 30, dan lain-lain. Nah, kamu bisa belajar mengatur di frame mana gerak mulut yang pas diletakkan dengan melihat referensi video kamu sendiri.

Mengatur gerak bibir dan audio

Sudah mengerti timing? Kalau sudah, mari kita coba drag  file audio dialog kamu ke software animasi, sampai filenya muncul di timeline.Pastikan layer audio ada di layer yang berbeda dengan layer gambar karakter ya, GenK, agar gambarnya tidak terpengaruh kalau kamu mau perbaiki audionya.  🔊

Pisahkan juga layer pergerakan bibir dengan layer gambar tokoh ya, agar kamu tidak perlu menggambar tubuh karakter berulang kali.

Bentuk audio wave (guratan naik turun) di layer file audio akan membantu kamu mengetahui kapan harus meletakkan gambar bibir bergerak. Jika ada wave, tandanya si karakter akan sedang berbicara. Jika wave-nya flat (datar), maka artinya si karakter sedang diam.

Aktifkan tool onion skin (ada di bar bawah layer) agar kamu tahu huruf apa yang sebelumnya disebutkan. Onion skin juga membantu kamu untuk meletakkan mulut karakter di posisi yang konsisten. 

Kalau sudah, ayo mulai drag and drop gambar mulut karakter kamu di atas gambar si tokoh! Atau, gambar satu per satu di layer mulut ya, GenK. Ingat rules-nya, eja satu kata dari huruf demi huruf untuk memasukkan gambar-gambar mulut yang sesuai.  

Terkadang ada huruf yang diucapkan dengan kecepatan berbeda karena intonasinya ditekan atau malah diucapkan sekilas. Kalau intonasinya ditekan, hurufnya akan lebih lama diucapkan.  

cara membuat video animasi 5

Ilustrasi lip sync video animasi (sumber: newyorker.com)

Baca Juga
7 Rekomendasi Software Pembuat Animasi untuk PC

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Sejarah Anime Hingga Sampai ke Indonesia

Film, Animasi & Video

Jangan Sampai Kelewatan YouTuber Indonesia Inspiratif Ini!

Film, Animasi & Video

Mengubah Naskah Menjadi Ilustrasi lewat Storyboard

Film, Animasi & Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link