Mau Jadi Vlogger? Yuk Simak Cara Membuat Vlog di YouTube!

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara membuat vlog

Masih newbie soal dunia vlogging, bukan berarti kamu tidak bisa membuat karya yang terbaik. Di sini kami bakal membagikan bagaimana cara membuat vlog YouTube. Cara ini bisa menjadi panduan kamu sebelum, saat, dan sesudah syuting. Ayo simak penjelasannya di sini!

Apa Itu Vlog?

Video-blogging atau yang disingkat vlog adalah suatu bentuk kegiatan blogging menggunakan media video dengan menambahkan elemen teks dan audio di dalamnya. Vlog dirasa memberikan kebebasan yang lebih banyak kepada kreator, karena kamu bisa membuat apa pun yang kamu suka.

cara membuat vlog 1

Ilustrasi merekam vlog (sumber: giphy.com)

Biasanya vlogging dilakukan dengan menggunakan kamera digital atau kamera ponsel. Kemudian hasil video yang sudah kamu shoot bisa dipercantik dengan menggunakan software edit video tertentu.

Saat ini vlog bisa disebut sebagai televisi versi internet loh, karena kamu bisa memilih konten apa pun di sana dengan jangkauan yang lebih besar, contohnya seperti menonton video di YouTube.

Mau nonton tentang vlog jalan-jalan, makan-makan, atau yang hanya berdiam diri di rumah sambil bermain dengan hewan peliharaan kesayangan, semuanya bisa kamu tonton. Kalau kamu suka konten yang mana, GenK?

Nah, buat kamu para pemula di poin berikutnya kami akan membahas tentang bagaimana cara membuat vlog YouTube, mulai dari pra produksi sampai pasca produksinya. Lets go!

Cara Membuat Vlog di YouTube

Merasa bingung harus mulai dari mana merupakan salah satu faktor yang kerap menjadi kendala utama ketika seseorang hendak membuat vlog.

Sebenarnya kegiatan ini tidak sesulit yang kamu bayangkan kok, karena faktanya banyak orang yang bisa membuat video-blogging sendiri.

Sebelum masuk ke cara membuat vlog, coba deh tarik napas dan buang napas, ajak pikiranmu untuk relaksasi sejenak. Kalau sudah, sekarang langsung saja kami masuk ke cara yang pertama. Yuk disimak!

1. Lihat tren vlog masa kini

cara membuat vlog 2

Contoh vlog (sumber: tenor.com)

Tulislah nama vlogger favoritmu, lalu tulis juga alasan yang membuat kamu suka dengan vlogger tersebut. Bisa jadi dari segi kontennya, video editing, atau cara berbicaranya yang asik didengar. Nah, tulisanmu tersebut bisa kamu jadikan sebagai acuan saat membuat vlog.

Tidak hanya dari vlogger favoritmu, kamu juga bisa melihatnya dari segi pasar yang lebih luas. Siapa vlogger yang sedang menjadi tren saat ini dan bagaimana kontennya? Kumpulkan data sebanyak-banyaknya untuk dianalisis setiap detailnya.

Baca Juga
Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Praktis

2. Pilih satu konten video

Dari data yang sudah kamu kumpulkan di cara pertama, kemudian olah dan buat menjadi konsep baru dengan ide-ide yang lebih fresh. Pilihlah konten yang menarik dan punya ciri khas sebagai identitas kamu.

Apakah kamu ingin membuat konten mukbang di dalam mobil atau uji adrenalinmu dengan datang ke tempat yang angker. Pokoknya angkat konten yang paling menarik, GenK!

3. Siapkan peralatan syuting

cara membuat vlog 3

Ilustrasi syuting vlog (sumber: pexels.com)

Cara membuat vlog yang berikutnya adalah dengan mempersiapkan peralatan syuting. Contoh equipment dasar yang dibutuhkan untuk membuat vlog seperti kamera, tripod, stabilizer, lighting, dan mikrofon. Keempat equipment tersebut bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan situasi sekitar saat melakukan live streaming atau tapping video.

Sebenarnya kamu tidak perlu menggunakan alat-alat mahal, yang penting kamu tahu bagaimana cara menggunakan sumber daya tersebut. Buat kamu yang memiliki budget lebih, tidak ada salahnya untuk membeli kamera terbaik.

Soal rekomendasi daftar kamera mirrorless untuk vlog bisa kamu baca selengkapnya di artikel yang sudah pernah kami tulis sebelumnya.

Baca Juga
5 Rekomendasi Aplikasi Membuat Storyboard Gratis

4. Latihan bicara di depan kamera

Pada awalnya mungkin akan terasa canggung untuk merekam diri sambil mengoceh sendirian di depan kamera. Diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk latihan dan membiasakan diri loh. Tujuannya supaya tidak canggung di depan kamera karena kamu tidak tahu mesti ngomong apa, GenK.

cara membuat vlog 4

Latihan berbicara di depan kamera (sumber: spectator.co.uk)

Coba deh rekam dan dan mulai latihan bertutur kata di depan kamera. Tidak usah pedulikan kualitas gambarnya dulu. Yang penting, kamu bisa mendengar dengan jelas apa yang kamu ucapkan. Dari sana, kamu pelajari dan perbaiki apa yang masih kurang bagus.

Misalnya kamu merasa tetap canggung dan mudah nge-blank di depan kamera, coba buat script-nya terlebih dahulu. Script ini juga berfungsi guna meningkatkan kepercayaan diri kamu loh. Tapi tetap usahakan membuat script senatural mungkin dengan menggunakan bahasa sehari-hari, sehingga penonton tidak menyadarinya, GenK.

Tips: Mata lebih fokus ke lensa daripada layar live preview, karena melihat ke lensa kamera sama saja dengan melihat langsung ke arah penonton dari balik layar gadget. Sehingga penonton akan merasa berbicara langsung denganmu deh. Cobain, GenK!

5. Memaksimalkan channel YouTube

Sudah punya channel YouTube?

Sekarang saatnya kamu memaksimalkan saluranmu lewat visual dan juga teks yang berisikan informasi seputar saluranmu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengunggah video-blogging:

  1. Buat nama channel yang unik dan mudah diingat.
  2. Gunakan foto profil dan header akun YouTube yang menarik.
  3. Buat judul dan deskripsi yang menarik, tapi tetap memiliki korelasi dengan isi video yah.
  4. Membuat thumbnail kreatif, kamu bisa mempelajarinya di artikel tentang cara membuat thumbnail YouTube yang sudah kami tulis sebelumnya.
  5. Tambahkan hastag yang mengandung keyword pencarian.
Baca Juga
Jenis-Jenis Camera Movement yang Harus Dikuasai Filmmaker

6. Mulai syuting vlog

cara membuat vlog 5

Mulai merekam video (sumber: pexels.com)

Sekarang saatnya syuting!

Siapkan script yang sudah kamu buat dan juga equipment yang bakalan kamu gunakan untuk mengambil gambar. Misal kamu menggunakan tripod, letakkan saja di atas meja dan mulailah berbicara seperti saat kamu latihan.

Pada awalnya pasti akan terasa canggung, tapi biarkan saja obrolan mengalir begitu saja, toh lama-kelamaan kamu pasti terbiasa kok, GenK.

Kalau merasa bosan hanya duduk-duduk saja, coba deh ajak penonton untuk pergi ke suatu tempat. Melakukan room tour pun bisa menjadi pilihanmu. Pokoknya usahakan untuk melakukan hal-hal yang menarik deh.

7. Mengedit video

video editing

Aplikasi edit video (sumber: pexels.com)

Cara membuat vlog YouTube yang berikutnya adalah dengan mengedit video yang sudah kamu buat di step sebelumnya. Sebenarnya banyak orang yang langsung mengunggah videonya ke YouTube, tapi guna memaksimalkan hasil vlog yang baik dan memukau, tidak ada salahnya diedit terlebih dahulu.

Saat proses syuting sangat mungkin terjadi gangguan, baik dari peralatan syuting maupun lingkungan sekitar, misalnya kebocoran suara (noise). Gunakan software edit video yang pernah kami bahas sebelumnya. Pilihlah software cocok denganmu untuk memaksimalkan karyamu.


Itu dia serangkaian cara membuat vlog di YouTube yang bisa kamu praktikkan sendiri dengan mudah. Gak punya kamera? Tetap gaskan saja, GenK, karena kami masih punya cara membuat vlog dari HP di artikel selanjutnya. Yuk bikin vlog ala kamu!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Cara Membuat Film Pendek - Part 3. Offline dan Online Editing

Film, Animasi & Video

Mengenal Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

Film, Animasi & Video

Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Film, Animasi & Video

Ini Dia Tiga Jenis Film yang Wajib Diketahui Calon Filmmaker

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link