Film, Animasi & Video

Cara Menghilangkan Green Screen Premiere Praktis

Cara-Menghilangkan-Green-Screen-Premiere

Mau bikin efek video dengan latar di luar angkasa? Gunakan green screen, si backdrop hijau yang siap mewujudkan imajinasimu. Tapi backdrop hijau ini juga perlu diedit, loh. Yuk, simak cara menghilangkan green screen Premiere berikut ini!

Pernah melihat proses di balik layar pembuatan berita ramalan cuaca? Mereka menggunakan kain hijau yang membentang di bagian belakang reporter cuaca. Kain hijau ini dinamakan green screen. Nggak hanya untuk siaran berita, green screen juga kerap digunakan untuk pembuatan film loh, misalnya seperti The Avengers dan The Hobbit. Bahkan kamu juga bisa menggunakannya untuk memanipulasi gambar. 

Wah, gimana caranya, tuh? Rahasianya adalah dengan menggunakan teknik chroma key yang bisa kamu gunakan pada beberapa software edit video seperti Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effects. 

Di dalam artikel kali ini kami bakalan membahas tentang cara menghilangkan green screen Premiere. Supaya nggak salah-salah ke depannya, ada baiknya kita baca dulu sekilas informasi dasar tentang pengertian green screen. Yuk, disimak! 

Apa Itu Green Screen?

manfaat-green-screen

Ilustrasi green screen dalam pembuatan film (Sumber: bebaspedia.com)

Teknik green screen telah digunakan pada banyak bidang, khususnya industri penyiaran berita, film, dan game. Green screen adalah sebuah alat yang digunakan sebagai backdrop saat syuting, tujuannya supaya background asli bisa dimanipulasi menjadi background digital dengan cara menambahkan efek visual tertentu. 

Teknologi ini memungkinkan kamu untuk membangun setting dan properti tempat yang nggak mungkin kamu temukan di belahan dunia manapun. Dengan sentuhan tangan ajaib editor, kamu bisa merealisasikan imajinasimu ke dalam bentuk video.

Jadi, intinya teknologi ini menawarkan cara yang paling alami dan efektif untuk menyatukan subjek dengan backdrop video saat syuting. Tertarik untuk menggunakannya? 

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere

Sebelum memulai tutorialnya, pastikan kamu sudah meng-install software Adobe Premiere di PC atau laptopmu, karena software inilah yang akan menjadi senjata utama untuk mengedit green screen. Kalau sudah beres, yuk, kita mulai tahapannya!

1. Buat ‘New Project’

Ketika pertama kali kamu membuka Premiere, di layar komputermu akan muncul tabel ‘Start’ yang berisikan berbagai pilihan. Klik tombol ‘New Project…’ untuk membuat workspace batu dan klik ‘Open Project…’ untuk membuka file edit video yang sudah pernah kamu buat sebelumnya. 

Selain klik ‘New Project…’, kamu juga dapat membuat workspace baru dengan cara klik menu ‘File’ > ‘New’ > ‘Project…’

cara-menghilangkan-green-screen-premiere

Contoh tab ‘New Project’ (Sumber: YouTube Jason Lane)

Kemudian tabel ‘New Project’ akan muncul. Di kotak ini, kamu diminta untuk mengisi nama file, lokasi menyimpan file, video display format, audio display format, dan sebagainya. Ini sifatnya opsional, sehingga tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan videomu. Kalau semua sudah diisi, klik ‘OK’ deh

Baca Juga :   Cara Membuat Opening Video di Adobe Premiere

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Rekomendasi Anime Dengan Visual Unik Yang Memukau

Film, Animasi & Video

Gahar Abis! Ini 7 Rekomendasi Film Bertema Girl Power yang Bakal Bikin Kamu Terpesona

Film, Animasi & Video

Film-Film Hidden Gem Studio Ghibli, Keren tapi Jarang Orang Tahu

Film, Animasi & Video

Rekomendasi Film Bertema Liburan Asyik Buat Ditonton di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published.