Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Praktis

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara menghilangkan green screen

Mau bikin efek video dengan latar di luar angkasa? Gunakan green screen, si backdrop hijau yang siap mewujudkan imajinasimu. Tapi backdrop hijau ini juga perlu diedit loh. Yuk simak cara menghilangkan green screen di Premiere berikut ini.

Pernah melihat proses di balik layar pembuatan berita ramalan cuaca? Mereka menggunakan kain hijau yang membentang di bagian belakang reporter cuaca. Kain hijau ini dinamakan green screen, GenK.

Tidak hanya untuk siaran berita, green screen juga kerap digunakan untuk pembuatan film loh, misalnya seperti The Avengers dan The Hobbit. Bahkan kamu juga bisa menggunakannya untuk memanipulasi gambar. 予

Wah gimana caranya tuh?

Rahasianya adalah dengan menggunakan teknik chroma key yang bisa kamu gunakan pada beberapa software edit video seperti Adobe Premiere Pro dan Adobe After Effects.

Di dalam artikel kali ini kami bakalan membahas tentang cara menghilangkan green screen di Premiere. Supaya gak salah-salah ke depannya, ada baiknya kita baca dulu sekilas informasi dasar tentang pengertian green screen. Yuk disimak!

Apa Itu Green Screen?

Teknik green screen telah digunakan pada banyak bidang, khususnya industri penyiaran berita, film, dan game.

Green screen adalah sebuah alat yang digunakan sebagai backdrop saat syuting, tujuannya supaya background asli bisa dimanipulasi menjadi background digital dengan cara menambahkan efek visual tertentu.

Teknologi ini memungkinkan kamu untuk membangun setting dan properti tempat yang tidak mungkin kamu temukan di belahan dunia manapun. Dengan sentuhan tangan ajaib editor, kamu bisa merealisasikan imajinasimu ke dalam bentuk video.

Jadi, intinya teknologi ini menawarkan cara yang paling alami dan efektif untuk menyatukan subjek dengan backdrop video saat syuting, GenK. Tertarik untuk menggunakannya? 尹

Baca Juga
Cara Membuat Color Grading di Adobe Premiere

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere

Sebelum memulai tutorialnya, pastikan kamu sudah meng-install software Adobe Premiere di PC atau laptopmu, karena software inilah yang akan menjadi senjata utama untuk mengedit green screen. Kalau sudah beres, yuk kita mulai tahapannya!

1. Buat New Project

Ketika pertama kali kamu membuka Premiere, di layar komputermu akan muncul tabelStart yang berisikan berbagai pilihan. Klik tombol New Project色 untuk membuat workspace batu dan klik Open Project色 untuk membuka file edit video yang sudah pernah kamu buat sebelumnya.

Selain klik New Project色, kamu juga dapat membuat workspace baru dengan cara klik menu File > New > Project色

cara menghilangkan green screen 1

Contoh tab New Project (sumber: YouTube Jason Lane)

Kemudian tabel New Project akan muncul. Di kotak ini, kamu diminta untuk mengisi nama file, lokasi menyimpan file, video display format, audio display format, dan sebagainya. Ini sifatnya opsional, GenK, sehingga tinggal kamu sesuaikan saja dengan kebutuhan videomu. Kalau semua sudah diisi, klik OK deh.

2. Membuat new sequence

cara menghilangkan green screen 2

Membuat new sequence (sumber: dpreview.com)

Cara menghilangkan green screen yang kedua adalah dengan membuat new sequence. Hal yang perlu kamu lakukan adalah klik File > New > Sequence. Kemudian pilihlah salah satu preset yang tersedia di sana. Misalnya ada Digital SLR, DV – PAL , dan HDV.

Tips dari kamu, gunakan preset HDV 1080p. Mungkin kamu akan bertanya-tanya, sebenarnya apa sih perbedaan embel-embel (p) dan (i) di belakang angka?

Jadi, huruf (p) dan (i) adalah tipe yang sedang kamu gunakan. Kalau 1080p (progressive scan) cocok untuk pergerakan yang cepat dan footage yang bergambar tajam. Sedangkan 1080i (interlaced) kebanyakan digunakan oleh siaran TV yang tampilannya lebih ngeblur, bergelombang, dan berkedip-kedip.

Baca Juga
Apa Itu CGI? Bagaimana Cara Kerjanya? Yuk Baca!

3. Memasukkan footage video

Sekarang saatnya memasukkan footage video green screen yang sudah kamu rekam ke dalam proyekmu. Caranya klik File > Import色 > pilih file yang ingin dimasukkan > Open. Setelah footage-mu sudah muncul di sidebar, kemudian drag salah satu file tersebut ke timeline edit video. Jika menggunakan beberapa file, susunlah video tersebut di dalam satu layer.

4. Mengaktifkan Ultra Key

cara menghilangkan green screen 3

Efek ultra key (sumber: videoschoolonline.com)

Ini dia cara menghilangkan green screen di Premiere yang paling utama, yaitu dengan mengaktifkan efek ultra key. Untuk mengaktifkannya, pergi ke Effect Control > pilih folder Video Effects > klik folder Keying > pilih Ultra Key. Kemudian drag efek tersebut ke dalam file footage yang ada di dalam timeline.

Dengan begini, berarti kamu sudah sukses mengakses efek ultra key untuk mengedit green screen.

5. Menghilangkan warna hijau di video

cara menghilangkan green screen 4

Ilustrasi menghilangkan backdrop hijau (sumber: videoschoolonline.com)

Cara menghilangkan green screen di Adobe Premiere yang berikutnya adalah dengan menghilangkan warna hijau di video. Sekarang kamu pergi ke tab Effect Control > ke pengaturan untuk Ultra Key > klik eyedropper > arahkan kursor ke warna hijau > klik warna hijau di video. Dalam sekejap, warna hijau akan langsung hilang dari videomu. Canggih banget ini sih, GenK!

Baca Juga
Cara Membuat Opening Video di Adobe Premiere

6. Masukkan background video

Nah, karena sudah diberi efek ultra key, kamu bisa langsung mengganti background footage dengan gambar atau video yang baru. Cara import file-nya sama dengan step ketiga.

Drag gambar atau video background yang baru, kemudian letakkan di layer nomor 1, sehingga footage video yang sudah kamu masukkan ke dalam timeline sebelumnya nak ke ke layer nomor 2. Pastikan footage berada di atas background. Kalau sudah, coba putar video.

7. Pengaturan chroma key

Tahap ketujuh merupakan tahap opsional, dilakukan untuk mengoptimalkan hasil videomu. Segala sesuatu yang instan tentu tidak bakalan mulus 100%, pasti ada saja kekurangan, sama halnya dengan chroma key. Ada tiga pengaturan opsional yang bisa kamu lakukan. Ini dia jenis-jenisnya, GenK. 蛛儭

cara menghilangkan green screen 5

Mengatur kelembutan outer gambar (sumber: premiumbeat.com)

  • Matte Generation, digunakan untuk menghilangkan noise. Biasanya backdrop atau kain hijau yang kamu gunakan saat syuting tidak maksimal pencahayaannya, sehingga bayangan dan highlight-nya kurang cocok dengan background.
  • Matte Cleanup, ini berguna untuk menghaluskan pinggiran subjek dari video footage. Gunakan pengaturan Choke untuk mengecilkan pinggiran dan pengaturan Soften untuk menghaluskan pinggiran gambar.
  • Spill Suppression, berguna untuk menyesuaikan warna di pinggiran gambar. Terkadang ketika kamu merekam di depan green screen, warna hijaunya akan terpantul ke permukaan subjek.


Itu dia cara menghilangkan green screen di Premiere dengan cepat dan mudah. Sekarang mau membuat manipulasi background menjadi apa saja pun bisa kamu lakukan. Kalau berbicara soal green screen, kamu tahu gak sih kenapa green screen warnanya hijau? Yuk simak di artikel berikutnya, GenK!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Mengenal Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

Film, Animasi & Video

Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Film, Animasi & Video

Ini Dia Tiga Jenis Film yang Wajib Diketahui Calon Filmmaker

Film, Animasi & Video

Mengenal Apa Itu Mise en Scene dalam Produksi Film

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link