6 Ciri Khas Film Wes Anderson yang Cuma Diketahui Penggemarnya

Dibaca Normal: 3 menit aja
ciri khas film wes anderson

Berbicara soal film terbaik, anak film pasti sudah tidak asing lagi dong dengan nama Wes Anderson? Pria bernama lengkap Wesley Wales Anderson adalah seorang sutradara, produser, dan juga penulis naskah asal Amerika Serikat. Karya-karyanya terkenal dengan naratif dan visual film yang sangat khas. Beberapa judul karya filmnya yaitu “The Royal Tenenbaums”, “Moonrise Kingdom” dan “The Grand Budapest Hotel” yang masuk ke dalam jajaran film dengan color grading kece. Apabila kamu cermati, karya film pemuda yang lahir pada tahun 1969 ini memiliki ciri khas yang melekat banget, terutama bagi penggemarnya. Berikut adalah beberapa ciri khas film Wes Anderson yang menjadi trademark-nya.

1. Pastel Color Palette

ciri khas film we anderson

Color palette di film Wes Anderson (sumber: indiehoy.com)

Warna-warna pastel selalu mendominasi karya film Wes Anderson atau senada dengan warna nude. Secara definisi, warna pastel adalah warna yang cenderung muda dan cerah. Jenis warna tersebut selalu muncul di karyanya yang lama-lama menjadi ciri khas. Kalau dilihat-lihat, color grading pastel yang digunakan akan menimbulkan kesan luas, bersih, nyaman, dan ceria.

2. Komposisi Simetris

ciri khas film wes anderson

Pengaplikasian komposisi simetris (sumber: businessinsider.com)

Ciri khas film Wes Anderson yang berikutnya adalah penggunaan komposisi kamera yang simetris. Dalam frame, objek berada di tengah dan latarnya juga seimbang. Untuk mendapatkan gambar yang seperti ini, kamu bisa menggunakan bantuan fitur rule of third yang ada di kameramu. Shot gambar di posisi tengah akan memberikan kesan rapi. Namun, entah mengapa meski menggunakan komposisi simetris, tapi film-film Wes Anderson tidak pernah bikin penonton bosan.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
5 Rekomendasi Film dengan Color Grading yang Kece Abis!

3. Jenis Font Futura

ciri khas film wes anderson

Font Futura (sumber: imdb.com)

Pada karya film Wes Anderson banyak menggunakan jenis font Futura. Jenis font yang satu ini merupakan jenis Sans Serif yang cocok banget digunakan pada heading text atau opening scene di film. Karena termasuk marga San Serif, Futura tidak ada ekor di ujungnya. Font ini sudah menjadi ciri khas film Wes Anderson deh. Apakah kamu menyadarinya?

4. Shot Adegan Menulis

ciri khas film wes anderson

Adegan menulis di film Bottle Rocket (sumber: phippsfilm.com)

Lanjut ke ciri khas film Wes Anderson yang berikutnya yaitu shot adegan saat pemain sedang menulis. Entah itu menulis surat dengan tangan ataupun mesin ketik. Adegan ini hampir selalu ada di setiap scene film karya Wes Anderson. Shot adegan ini diambil dari atas, sehingga seakan-akan kamu melihat dari sudut pandang si tokoh yang sedang menulis.

Baca Juga
Cara Membuat Color Grading di Adobe Premiere

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider
Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Yuk Kreasikan Videomu dengan Aplikasi Edit Transisi Video Berikut!

Film, Animasi & Video

Ingin Membuat Anime? Yuk Pahami Perbedaan Anime dan Kartun

Film, Animasi & Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link