Cara Membuat Color Grading di Adobe Premiere

Dibaca Normal: 4 menit aja
color grading premiere

Warna menjadi salah satu elemen dasar desain grafis dan cerita visual. Makanya, pemilihan warna menjadi sangat penting baik itu dari setting dan properti ataupun color grade. Untuk kasus pasca produksi film, editor akan menggunakan dan memainkan warna untuk membangun suasana dalam pembuatan film. Mereka berlomba-lomba untuk membuat sinematografi yang artistik dan memukau. Pada sebuah film, warna sangat berpengaruh untuk menentukan mood penonton loh. Teknik ini dinamakan dengan color grading. Buat para filmmaker, di sini kami akan membagikan cara membuat color grading Premiere yang mudah dipraktikkan. Mari disimak artikelnya.

Apa Itu Color Grading?

Color grading adalah proses koreksi warna yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas visual gambar atau video. Cara membuat color grading yakni dengan memanipulasi warna untuk membangun setting dan suasana sesuai konsep cerita. Manipulasi ini dilakukan dengan cara mengatur warna dasar seperti shot matching, shape mask, removing objects, dan lain-lain. Biasanya color grading dibarengi dengan color correction, seperti mengedit kontras, hue, saturation, black level, white point, dan lain-lain. Bisa digunakan untuk foto, video, maupun still images.

Color Grading Premiere 1

Contoh hasil edit video before-after (sumber: subtraction.com)

Tingkat kerumitan untuk meracik warnanya pun berbeda-beda karena ada preset-nya masing-masing. Namun akan lebih rumit lagi jika footage yang digunakan kurang mendukung untuk diubah warnanya. Hal yang kerap menjadi permasalahan adalah soal pencahayaan. Bisa jadi terlalu overexposure atau malah underexposure. Meskipun demikian, seorang video editor harus kreatif untuk mencari jalan keluar saat mengolah gambar. Solusinya adalah dengan memaksimalkan teknik membuat color grading dan color correction.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Manfaat Membuat Color Grading

Sebelum kamu mulai mengedit video, ada baiknya kamu cari tahu dulu apa saja manfaat dari color grading. Berikut adalah manfaatnya:

  1. Membangun suasana sesuai tema, alur, dan konsep cerita
  2. Memberikan efek cinematic looks
  3. Membuat video kamu terlihat lebih profesional
  4. Melakukan shot matching agar tidak merusak imajinasi penonton
Baca Juga
Tips dan Trik Dasar Membuat Showreel

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Yuk Kreasikan Videomu dengan Aplikasi Edit Transisi Video Berikut!

Film, Animasi & Video

Ingin Membuat Anime? Yuk Pahami Perbedaan Anime dan Kartun

Film, Animasi & Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link