8 Film Animasi Terbaik Disney dari Tahun ke Tahun

Dibaca Normal: 5 menit aja
film animasi terbaik disney

Film animasi memiliki kesulitan sendiri dalam pembuatannya. Pengolahan gambar yang disatukan dan dibuat bergerak memerlukan waktu dan kemampuan teknis yang tidak sembarangan. Namun, kerja keras ini terbayar ketika karya yang dihasilkan direspons positif oleh penonton. Berikut ini adalah 8 film animasi terbaik yang pernah dibuat Disney.

Sebelum adanya teknologi canggih seperti sekarang ini, penggabungan dari satu gambar ke gambar lainnya dalam proses pembuatan film animasi memerlukan teknik yang tidak mudah. Diperlukan banyak kertas untuk menjadikan gambar animasi bergerak sesuai dengan adegan yang sedang dimainkan dalam sebuah film. Terdengar sangat rumit bukan?

Pada zaman sekarang, kesulitan tersebut bisa diminimalisir dengan kehadiran komputer. Kalau kamu perhatikan, GenK, terdapat perbedaan mencolok antara animasi yang dibuat melalui perangkat komputer dan yang manual. Tidak bisa dimungkiri, memang komputer sangat membantu para animator dalam membuat karya.

Salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia, yaitu The Walt Disney Company, sudah berkali-kali menyajikan film animasi anak-anak yang disukai oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Disney pun membuat film animasi dengan berbagai jenis yang berbeda-beda, mulai dari mengenai binatang, putri kerajaan, orang tua, mainan yang berbicara dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan film animasi bagus karya Disney ini? Yuk kita lihat 8 film animasi Disney terbaik dari tahun ke tahun di bawah ini!

The Lion King

film animasi terbaik 1

The Lion King (Sumber: jenmansafaris.com)

Film animasi terbaik Disney yang menambah pundi-pundi mereka menjadi fantastis adalah film The Lion King. Film yang menceritakan tentang kisah kerajaan Singa ini, menjadi film animasi pertama yang sukses di Amerika Serikat. Film yang dirilis di tahun 1994 dan dibuat dalam versi IMAX di tahun 2002 ini merupakan film ke-32 dari rangkaian film animasi klasik Walt Disney.

Film animasi binatang ini pasti membuat para penontonnya terharu akan aksi heroik dari Ayah Singa yang merelakan nyawanya direnggut karena menolong anaknya. Bagaimana? Kalian pasti sudah menonton kan film ini, GenK?

Film yang bergenre sandiwara musikal karya Elton John ini bisa menjadi pembelajaran bagi orang tua dan anak. Oh iya, baru-baru ini pun sudah keluar lho trailer remake untuk film ini. Makin penasaran dong, untuk bernostalgia bareng The Lion King?

Baca Juga
Sejarah Film dari Masa ke Masa

Wall E

film animasi terbaik 1

Wall-E (Sumber: kobo.com)

Selanjutnya adalah Wall E, film yang menceritakan kisah seorang robot pemungut sampah yang tinggal di bumi yang ditinggalkan manusia akibat kerusakan lingkungan. Film garapan Disney ini, menjadi film romantis yang dikemas dalam bentuk yang menarik.

Dalam film ini ada banyak pelajaran untuk mencintai bumi tercinta. Hal unik lainnya dalam film ini adalah sebagian besar pengisi suara dalam film Wall E adalah mekanik, bukan manusia. Buktinya, pemeran Eve dan Wall E bercakap-cakap dengan bahasa yang terdengar seperti bahasa robot sungguhan. Film Disney ini disutradarai oleh Andrew Stanton.

Up

film animasi terbaik 3

UP (Sumber: pixartalk.com)

Film animasi anak selanjutnya adalah Up. Film garapan Disney ini bercerita mengenai kisah romantis kehidupan sepasang suami istri yang menghabiskan waktu bersama dari hari ke hari. Mereka harus menghadapi kerasnya kenyataan hidup karena tidak dapat memiliki buah hati. Meski begitu, keduanya mempunyai sebuah impian menarik. Sang istri ingin sekali mempunyai rumah di dekat air terjun.

Sampai mereka menua dan sang istri meninggal, sang suami masih ingin mewujudkan impian sang istri. Ada hal menarik dalam film animasi Disney ini, GenK, yakni rumah dari sepasang suami-istri ini menjadi banyak inspirasi untuk desain rumah masa kini.

Kalian yang sudah menonton, pasti tak akan lupa kan adegan ribuan balon warna-warni menerbangkan rumah si kakek? Memorable banget, GenK!

Frozen

film animasi terbaik 4

Frozen (Sumber: fanpop.com)

Film animasi terbaik selanjutnya adalah Frozen. Siapa yang tidak kenal princess Elsa dan Anna. Kedua putri ini sukses mencuri perhatian anak-anak, khususnya kalian yang mempunyai anak atau saudari perempuan.

Setelah kemunculannya pada tahun 2013, tidak heran banyak acara ulang tahun anak yang bertemakan film ini. Mulai dari cara berpakaian, tema salju, sampai lagu-lagu yang diperdengarkan dalam film ini.

Baca Juga
Film Zombie Bakal Terus Ada

Frozen bercerita mengenai putri kerajaan yang mempunyai kekuatan yang disembunyikan untuk kebaikan masyarakatnya, serta kisah adiknya yang berusaha menyelamatkan daerahnya dari badai salju yang dibuat oleh sang kakak. Kisah sederhana ini berhasil membuat nama Disney naik dan meraih beberapa penghargaan. Salah satunya adalah lagu Let It Go yang menjadi lagu asli terbaik dalam Golden Globe Awards ke-71.

Cars

film animasi terbaik 5

Cars (Sumber: pixar-planet.fr)

Bila sebelumnya kita berbicara mengenai film animasi yang disukai anak perempuan, kini anak laki-laki juga punya jagoannya. Cars, film animasi anak ini pun sangat mencuri perhatian. Film ini bercerita mengenai kehidupan pembalap yang diperankan oleh sebuah mobil bernama Mc Queen, sekaligus pertemanan antar mobil.

Film Disney ini membuat para anak laki-laki senang mengoleksi seri dari mobil balap di film ini. Mulai dari si merah Mc Queen, Dog Hudson, Sheriff, Luigi dan masih banyak lagi. Film Cars disebut sebagai film Disney yang penjualannya tidak terlalu baik, tetapi film ini tetap menjadi film dengan karakter unik yang masih digemari hingga saat ini.

Toy Story

film animasi terbaik 6

Toy Story (Sumber: calendarclub.co.uk)

Siapa yang tidak tahu film ini? Karakter Woody sebagai pemeran utama dan Buzz Lightyear sebagai pemeran pembantu sangat mencuri perhatian. Berkisah mengenai petualangan para mainan yang bisa hidup bila tidak ada orang, film ini membuat Disney meraup keuntungan yang menakjubkan.

Film animasi yang dirilis pada tahun 1995 ini sudah mempunyai sekuel sampai seri 3, GenK, dan kabarnya Disney akan merilis sekuel ke-4 pada tahun ini. Untuk kalian yang mengikuti film ini dari awal, pasti sudah tidak sabar menanti sekuel selanjutnya ya!

Coco

film animasi terbaik 7

Coco (Sumber: imdb.com)

Film animasi bagus selanjutnya dari Disney adalah Coco. Coco bercerita mengenai seorang anak yang dilarang oleh keluarganya untuk bermusik karena kakek moyangnya pernah meninggalkan istrinya demi musik.

Dengan adanya karakter tengkorak yang membuat film ini berbeda dari film-film Disney sebelumnya, film animasi ini bisa memikat para kalangan. Bila dilihat dari film-film sebelumnya, Disney jarang loh memunculkan karakter yang agak seram, apalagi untuk pemeran utama. Tetapi, Coco berhasil membuat anak-anak tidak takut lagi akan tengkorak. Selain itu Lagu-lagu dalam film Coco juga sangat enak untuk didengar, GenK!

Baca Juga
10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Finding Nemo

film animasi terbaik 8

Finding Nemo (Sumber: dgomag.com)

Last but not least adalah Finding Nemo. Finding Nemo bercerita mengenai petualangan seorang ayah yang mencari anaknya yang hilang. Film animasi binatang dalam wujud ikan ini sangat mencuri perhatian. Dirilis pada tahun 2003, film ini berhasil menyabet penghargaan bergengsi di Academy Awards dan meraup keuntungan hingga $USD1.000.519.000 atau setara dengan triliunan rupiah.

Fantastis bukan? Sekuelnya pun dibuat kembali dengan judul berbeda yaitu Finding Dory.


Ayo, apa kalian merupakan salah satu penggemar film animasi yang disebutkan diatas? Atau kalian mengumpulkan mainan-mainan dari karakternya? Apa pun film animasi yang Disney buat, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi ya, GenK. Nah, penasaran gak nih, film animasi apa lagi yang akan Disney buat berikutnya?

Polling

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Mengenal Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

Film, Animasi, dan Video

Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Film, Animasi, dan Video

Ini Dia Tiga Jenis Film yang Wajib Diketahui Calon Filmmaker

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Apa Itu Mise en Scene dalam Produksi Film

            Thank u, next!