fbpx

9 Anime Terbaik yang Dirilis Hingga Mei 2019

Dibaca Normal: 7 menit aja 😊
film anime terbaik 2019

Tahun ini, penikmat anime kebanjiran banyak judul bagus yang menanti buat ditonton di Crunchyroll, Funimation, Hulu, dan Netflix. Makanya, sekarang kami mau kasih daftar anime terbaik yang dirilis sepanjang pertengahan 2019 ini. Yuk, simak, GenK!

Kabar baik nih buat kamu para penggemar film anime. 2019 ini kamu bisa menikmai anime movie terbaik yang layak tonton.

Ada remake dari karya klasik seperti Dororo dan Boogiepop and Others, karya-karya adaptasi original manga, sampai season kedua yang ditunggu-tunggu seperti Mob Psycho 100 dan One Punch Man.

Di antara produksi masifnya, berikut 9 anime terbaik di tengah tahun 2019 yang harus banget kamu tonton:

1. Promised Neverland

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 1

Sumber: cdn.myanimelist.ne

Promised Neverland berangkat dari manga karya Kaiu Shirai dan Posuka Demizu yang memenangkan 63rd Shogakukan Manga Award kategori Shonen. Saking bagus dan populernya, 12 volume manga Promised Neverland terjual 88 juta eksemplar per Januari 2019.

Promised Neverland berkisah tentang Emma, gadis kecil 11 tahun yang hidup di tahun 2045. Ia tinggal di Grace Field House, panti asuhan yang menampung 38 anak-anak dengan amat layak. Makanan enak, kasur empuk, pakaian bersih, dan permainan tersedia di panti ini.

Emma dan anak-anak lainnya juga disayangi oleh pengasuh mereka, Isabella, yang dipanggil Mom.

Anak-anak ini dibolehkan bermain dan hidup dengan bahagia, sambil menanti datangnya orang yang akan mengadopsi. Syaratnya cuma satu, mereka tidak boleh main ke luar gerbang panti.

Suatu malam, seorang anak bernama Conny pergi dari panti karena telah diadopsi. Tetapi, Emma dan sahabatnya, Norman, mencoba menyusul Conny melewati gerbang rumah karena bonekanya tertinggal.

Di gerbang, mereka menemuka Conny meninggal. Emma dan Norman yang terkejut pelan-pelan menyadari ada misteri yang disimpan di panti asuhan mereka.

Kedua belas episode Promised Neverland mengajak kamu untuk melihat usaha Emma, Norman, Ray, dan teman-temannya untuk terlepas dari misteri mengerikan di rumah panti.

Anime movie terbaik bergenre fantasy thriller ini uniknya dipadu dengan ambience yang cheerful. Pacing yang cepat, plot yang kuat, dan animasi yang amat baik oleh Cloverworks membuat Promised Neverland menjadi salah satu film anime terbaik yang sayang banget kalau dilewatkan.

Opening theme song Promised Neverland diisi oleh UVERworld  dengan lagu Touch Off dan lagu ending oleh Cö shu Nie dengan judul Zettai Zetsumei dan Lamp.

Promised Neverland bisa ditonton di Crunchyroll, Hulu, FunimationNow, dan Hidive. Season kedua akan tayang tahun depan.

2. Sarazanmai

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 2

Sumber: reelgood.com

Sarazanmai adalah karya Kunihiko Ikuhara yang terkenal dengan gaya berkisah yang unik . Cerita berpusat pada tiga anak SMP—Kazuki, Toi, dan Enta— yang berubah jadi kappa, demon bermulut bebek, karena setelah memecahkan patung berpenghuni.

Rupanya, patung yang pecah itu mengeluarkan Keppi, guardian spirit Asakusa, yang tidak sengaja mereka buat marah.

Agar bisa kembali ke bentuk semula, ketiganya ditugaskan untuk melawan kappa-zombies, poltergeist berbahaya, untuk mengumpulkan Dishes of Hope dari pantat mereka. Dishes of Hope akan mengabulkan permintaan siapapun pemiliknya.

Cara melawan kappa-zombies adalah dengan menari dan menyebut “sarazanmai”, yang hanya bisa terjadi kalau dilakukan bertiga. Cerita berjalan menyoal bagaimana ketiganya berupaya keras untuk terkoneksi untuk membuat suara.

Masalahnya, setiap suara itu berhasil dibuat, satu demi satu rahasia kocak sampai sedih-sedih kelam para remaja ini terkuak.

Sarazanmai adalah salah satu anime comedy terbaik dan unik sejauh ini di 2019. Visualnya yang apik juga membuat 11 episode karya Ikuhara ini layak ditonton di Crunchyroll.

3. Dororo

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 3

Sumber: amazon.com

Dororo diambil dari manga berjudul sama karya Osamu Tezuka. Karya Manga ini dibuat tahun ‘60-an, lho!

Animasi Dororo pertama juga muncul pada 1969. Nah, karya remake yang terpaut 50 tahun ini masih mengangkat kisah menguras emosi tentang ronin bernama Hyakkimaru dan pencuri kecil yatim piatu bernama Dororo.

Cerita di periode Sengoku ini bermula saat daimyō  Kagemitsu Daigō membuat perjanjian dengan 48 demons. Demi menyelamatkan wilayah Ishikawa dan kekuasaannya, ia menukar kemakmuran dengan bagian tubuh bayi laki-lakinya, Hyakkimaru.

Karenanya, si ronin kecil tumbuh tanpa lengan, mata, lidah, dan kulit sebagai tumbal sang ayah. Setelah bertahan dari beragam upaya gagal Daigo untuk mengenyahkannya, Hyakkimaru menjadi ronin dengan badan prostetik dan tangan pedang. Ia juga mampu merasakan keberadaan demons.

Kisah Dororo mengalir pada perjalanan Hyakkimaru menumpas demons, merasakan kembali hidup sebagai manusia seutuhnya, dan membuka diri di tengah suasana yang tak bersahabat bersama temannya, Dororo.

Lagu tema pembuka Kaen dimainkan oleh Queen Bee dan Dororo oleh Kung-Fu Generation, sementara lagu tema penutup Sayonara Gokko dimainkan Amazarashi dan Yamiyo oleh Eve.

24 episode Dororo bisa kamu saksikan di Crunchyroll dan Amazon Prime.

4. Rilakkuma and Kaoru

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 4

Sumber: netflixreleases.com

Siapa yang tak kenal Rilakkuma? Beruang menggemaskan ini kini muncul dalam anime Rilakkuma and Kaoru.

Kisah Rilakkuma dan Kaoru bermula tentang kehidupan Kaoru, perempuan berusia 20-an yang tengah belajar menghadapi realitas dunia kerja, harapan orang tua dan orang sekitar, sambil mengatasi depresi, kesepian, dan gejolak emosi seorang dewasa muda.

Semua itu dijalani Kaoru sambil merawat dan bersahabat dengan  Rilakkuma, Korilakkuma, dan Kiiroitori, dua beruang anthropomorphic  dan burung peliharaannya yang juga menghadapi problematika menjadi dewasa.

Dwarf Studio mengemas komedi slice of life ini dengan amat apik dan menggemaskan lewat teknik stop-motion, GenK!

Yep, teknik ini tidak sering digunakan di animasi Jepang belakangan ini. Namun, penulis sekaligus sutradara Naoko Ogigami, bersama deretan animator dan stopmotion artist Shigeru Okada mampu meramu kisah coming-of-age ini menjadi karya yang amat enak ditonton.

Pokoknya, ini salah satu anime terbaik yang harus kamu tonton di tahun ini!

Ketiga belas episode Rilakkuma and Kaoru bisa ditonton di Netflix.

5. Kaguya-sama: Love is War

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 5

Sumber: crunchyroll.com

Kaguya-sama: Love Is War berangkat dari manga seinen populer karya Aka Akasaka. Versi animenya disutradarai Mamoru Hatakeyama dengan produksi anime oleh A-1 Pictures.

Anime ini berpusat pada dua siswa pintar, Ketua OSIS Miyuki Shirogane dan wakilnya, Kaguya Shinomiya yang sekilas tampak seperti pasangan sempurna.

Kaguya yang kaya dan Miyuki yang pintar dan terkenal seantero prefektur memang saling suka, tapi keduanya gengsi banget untuk mengungkapkannya. Keduanya punya prinsip, siapapun yang memperlihatkan rasa suka duluan adalah loser.

Konsep harga diri yang toxic membuat keduanya susah payah menahan perasaan demi menjaga nama besar mereka.

Cerita berjalan seiring keduanya yang tidak dewasa sama sekali ini saling memanipulasi untuk membuat “lawannya”  menampilkan affection seperti meminjamkan payung atau mengajak nonton berdua.

Masayuki Suzuki, Rikka Ihara, dan Yoshiki Mizuno mengisi lagu tema pembuka, Love Dramatic, sementara Halca mengisi lagu penutup Sentimental Crisis.

Kedua belas episode Kaguya-sama: Love is War bisa ditonton di Crunchyroll, Hulu, dan FunimationNow.

6. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 6

Sumber: prodimage.images-bn.com

Anime produksi Ufotable ini diadaptasi dari manga berjudul sama karya Koyoharu Gotōge yang tayang di Shonen Jump.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba mengisahkan Tanjiro Kamado, anak muda pedagang arang yang harus menjadi penumpas demon untuk menyembuhkan adiknya, Nezuko.

Ia dan Nezuko adalah keluarga yang tersisa dari pembunuhan. Nezuko selamat dari serangan, namun berubah menjadi setengah demon yang tak kuat cahaya matahari.

Bagi kamu yang suka adegan fighting bakal puas dengan kualitas sequences dan animasi chanbara karya rumah produksi Ufotable ini. Tidak heran, Ufotable sudah berpengalaman dengan franchise Fate yang populer.

Ke-26 episodenya bisa kamu saksikan di Crunchyroll ya!

7. My Roommate is a Cat

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 7

Sumber: amazon.com

My Roommate is a Cat berangkat dari serial manga karya Minatsuki dan As Futatsuya. Kisah berpusat pada Subaru, penulis 23 tahun pengidap agoraphobia yang bertemu kucing liar saat mengunjungi makam orangtuanya. Kucing itu dibawa Subaru untuk menjadi inspirasi berkarya.

PoV bertukar-tukar dari sisi Subaru dan si kucing, memperlihatkan bagaimana keduanya melihat dunia dan saling berpengaruh satu sama lain. Kebersamaan mereka membuat masing-masing belajar berempati satu sama lain dan pada orang di luar sana.

My Roommate is a Cat  memadukan elemen komedi slice of life dengan kisah-kisah menyentuh yang heartwarming dan bermakna tentang kehidupan, sehingga sayang banget dilewatkan, terutama buat kamu yang pecinta kucing!

Schrödinger’s Cat dan Kotringo mengisi lagu tema pembuka dengan judul Unknown World , dan Yoshino Nanjō mengisi lagu ending  dengan judul Kimi no Tonari Watashi no Basho.

Kedua belas episode My Roommate is a Cat bisa kamu tonton di Crunchyroll dan Funimation.

8. The Rising of the Shield Hero

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 8

Sumber: amazon.com

The Rising of the Shield Hero diadaptasi dari webnovel pendek karya Aneko Yusagi yang diilustrasi Seira Minami.

Cerita bermula saat Naofumi Iwatani, remaja santai yang tahu-tahu masuk ke dunia paralel bersama tiga remaja laki-laki lain dari parallel universes untuk menjadi heroes.

Masing-masing dibekali perlengkapan unik: Naofumi dengan Legendary Shield, perlengkapan untuk defense, sementara yang lain mendapat perlengkapan attack seperti sword, spear, dan busur panah.  

Lebih apes lagi, sementara teman-temannya didukung seisi kingdom dan mendapat beberapa teman, Naofumi dituduh berusaha memperkosa Princess Myne. Alhasil, ia dibenci seisi kingdom dan harus berlatih sendiri menjadi hero.

Episode bergulir menceritakan perjalanan Naofumi mendapatkan kepercayaan dan penghormatan orang-orang di kerajaan sambil meneruskan misi menyelamatkan bumi.

Lagu tema pembuka RISE dibawakan oleh MADKID dan While I’m Next to You oleh Chiai Fujikawa. Adapun lagu penutupnya, Kimi no Namae, juga diisi Fujikawa.

Kamu bisa menonton 25 episode The Rising of the Shield Hero di Crunchyroll dan Funimation.

9. Boogiepop and Others

Anime Terbaik rekomendasi kreativv ID 9

Sumber: amazon.com

Boogiepop and Others diadaptasi dari beberapa novel pendek karya Kouhei Kadono dari dunia Boogiepop yang kenamaan, di antaranya Boogiepop at Dawn, Boogiepop Returns: VS Imaginator, dan Boogiepop Overdrive: The King of Distortion.

Anime ini diproduksi dan disutradarai oleh para kreator yang membuat One Punch Man, GenK.

Tokoh utama anime ini tak lain adalah Boogiepop, alter ego gadis remaja bernama Touka Miyashita. Touka adalah anak sekolah yang akan dirasuki Boogiepop saat terancam mati dalam peperangannya melawan makhluk-makhluk yang berkait dengan organisasi Towa.

Buat yang baru masuk ke dunia Boogiepop, Boogiepop and Others adalah entry point yang pas buat tahu lebih jauh tentang franchise ini.

Boogiepop and Others  bisa ditonton di Crunchyroll dan Funimation.


Nah, itu dia GenK deretan film anime terbaik 2019 yang dirilis sampai bulan Mei.

Baca Juga   Cara Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects

Nah, kalau sudah mencatat rekomendasi anime movie terbaik di atas, jangan lupa juga untuk perkaya wawasan kamu tentang bagaimana film anime bisa masuk ke Indonesia.

Jika kamu tertarik untuk belajar membuat animasi, kami juga pernah menulis tentang cara membuat animasi.

Selamat menikmati anime terbaik rekomendasi kami, GenK!

Simpan Artikel Ini.

Simpan artikel ini untuk kamu baca lagi nanti, GenK.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Mengenal Fungsi dan Cara Membuat Clapper Board Sederhana

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Lip Sync di Video Animasi Kamu

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Stop Motion dan Bahan yang Dibutuhkan

Film, Animasi, dan Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi, dan Video

Apa Benar ASMR Bagus Buat Kesehatan?

Film, Animasi, dan Video

Level Candu Drama Korea, Kamu Termasuk Yang Mana?

Film, Animasi, dan Video

8 Film Musikal Terbaik yang Bikin Kamu Sing-along

Film, Animasi, dan Video

10 Film Animasi yang Gak Ngebosenin Buat Ditonton Ulang

Film, Animasi, dan Video

8 Film Animasi Terbaik Disney dari Tahun ke Tahun

Film, Animasi, dan Video

Meski Takut, Kenapa Kita Suka Nonton Film Horor?

Film, Animasi, dan Video

Kenapa Green Screen Warnanya Hijau?

Film, Animasi, dan Video

10 Film Action Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

Film, Animasi, dan Video

10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Film, Animasi, dan Video

Sejarah Film dari Masa ke Masa

Film, Animasi, dan Video

Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Film, Animasi, dan Video

Wong Kar Wai dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Film, Animasi, dan Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

Film, Animasi, dan Video

Jangan Sampai Kelewatan 3 Kreator Konten YouTube Indonesia Ini, GenK!

Film, Animasi, dan Video

Pak Raden: Dari Suyadi untuk Anak-anak Indonesia

            Artikel Selanjutnya