leadersingle

Yuk Simak Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

Dibaca Normal: 4 menit aja
film dokumenter

Hampir semua orang gemar menonton film, yang membedakannya hanya genre filmnya saja. Entah itu film bergenre horor, komedi, science fiction, dan lain sebagainya. Tidak hanya film fiksi, ternyata ada dua jenis film lainnya yang mesti kamu tahu loh. Seperti yang sebelumnya sudah pernah kami bahas tentang tiga jenis film di artikel sebelumnya, salah satunya ada film dokumenter. Apakah para sineas sudah tahu apa itu film dokumenter yang sebenarnya? Apa saja jenis-jenisnya? Yuk kita bahas selengkapnya!

Apa Itu Film Dokumenter?

Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan gcerita atau peristiwa nyata alias non-fiksi yang dilakukan pada TKP (Tempat Kejadian Perkara) yang sebenarnya. Sebuah film akan masuk ke dalam kategori ini jika isinya berhubungan dengan tokoh, peristiwa, dan lokasi yang nyata adanya dan tidak dibuat-buat. Sehingga kamu tidak memerlukan plot seperti ketika kamu memproduksi film fiksi.

film dokumenter

Pembuatan film (sumber: documentary.org)

Tidak seperti film fiksi yang dibuat berdasarkan imajinasi dan proses kreatif sutradara, film yang satu ini lebih bersifat informatif dan membagikan data-data faktual yang apa adanya tentang hal di sekitarmu. Umumnya, film bergaya dokumenter mengangkat tentang isu-isu terkini yang sedang hangat diperbincangkan masyarakat. Misalnya tentang propaganda, biografi seseorang, pendidikan, sosial, kesehatan, dan lain sebagainya. Makanya tak jarang ketika ada suatu berita yang lagi naik daun, kamu dapat menemukan film ini di YouTube.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider
Baca Juga
Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Jenis-Jenis Film Dokumenter

Kira-kira jenis film dokumenter ada apa saja yah? Biar pengetahuanmu semakin luas soal film yang satu ini, simak dari jenis yang paling pertama, yuk!

1. Laporan Perjalanan

Disebut juga sebagai travel film atau adventure film, karena biasanya jenis laporan perjalanan merupakan dokumentasi antropolog dan para ahli di bidang etnografi. Jenis film dokumenter yang satu ini pasti sering kamu temukan deh. Misalnya jejak petualangan atau kisah seorang backpacker.

2. Sejarah

Jenis film dokumenter yang berikutnya adalah sejarah yang sangat bergantung pada data-data peristiwa yang sebenarnya. Sehingga menjadi rumit karena tidak ada satu hal pun yang salah saat ditampilkan di dalam film.

3. Biografi

Menceritakan tentang biografi seseorang atau tokoh yang dikenal oleh masyarakat luas. Bisa membahas dari segi perjalanan hidup sejak lahir sampai wafat ataupun membahas aspek positif dari si tokoh tersebut.

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Penggemar Anime Naruto, Ini 7 Perbedaan Boruto dengan Naruto

Film, Animasi & Video

Tips Membuat Travel Vlog, Supaya Liburan Lebih Berkesan

Film, Animasi & Video

Sejarah Film dari Masa ke Masa

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Color Grading di Adobe Premiere

Film, Animasi & Video

Cara Menghilangkan Green Screen di Premiere Praktis

Film, Animasi & Video

Perbedaan Teaser dan Trailer, Media Promosi Film yang Paling Ampuh

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link