Film, Animasi & Video

Deretan Film Tentang Kepribadian Ganda untuk Hiburan Edukatif Psikologi

film tentang kepribadian ganda

Istilah bipolar sudah tidak asing di telinga kita. Namun, bisa jadi kita masih rancu dalam memahami bipolar itu sendiri. Bipolar disorder atau gangguan kepribadian ganda adalah kondisi kesehatan mental yang mempengaruhi mood seseorang, di mana mood tersebut bisa berubah secara ekstrem dari satu mood ke mood yang lain. Misalnya, baru saja merasa senang gembira lalu tiba-tiba langsung sedih merana. Bipolar bahkan dijadikan inspirasi untuk film tentang kepribadian ganda.

Film-Film dengan Cerita Bertemakan Kepribadian Ganda

Secara umum, orang dengan kepribadian ganda biasa mengalami gejala yang bisa dilihat dari perubahan ekstrem dua mood; yakni depresi dan mania. Depresi berarti dia merasa sangat lemah dan lesu. Sedangkan mania berarti dia merasa sangat gembira dan terlalu aktif. Gejalanya muncul tergantung dari mood yang sedang dirasakan orang tersebut. Berbeda dari mood swing yang hanya sesaat, setiap kondisi ekstrem gangguan kepribadian ganda bisa berlangsung selama beberapa minggu atau lebih lama. Kondisi gangguan kesehatan mental tersebut turut menginspirasi sejumlah film seperti berikut:

Inside the Rain (2020)

film inside the rain

sumber: nytimes.com

Film ini merupakan drama comedy yang bercerita tentang seorang pria dengan gangguan kepribadian ganda. Dia juga mengalami gangguan ADHD, OCD dan borderline personality. Suatu hari, terjadi sebuah insiden yang menimbulkan salah paham sampai dia hampir dikeluarkan dari kampusnya. Akhirnya, dia berencana membersihkan nama baiknya, dengan cara merekam ulang video sambil merekayasa kembali insiden yang sebenarnya terjadi, dibantu oleh seorang teman wanitanya. Inside the Rain diikutsertakan dalam berbagai festival film di Amerika Serikat dan telah memenangi dua penghargaan. Filmnya dibintangi oleh Aaron Fisher dan Ellen Toland.

The Ghost and the Whale (2016)

poster the ghost and the whale

sumber: amazon.com

Maurice Benard memerankan tokoh bernama Joseph Hawthorne, seorang pria yang kehilangan istrinya karena terjatuh ke laut ketika mereka sedang berlayar. Kejadian tersebut membuat Joseph terpukul, bermusuhan dengan keluarga mendiang istrinya, sampai menarik perhatian wartawan. Gangguan bipolar Joseph membuatnya mengalami mania, melancholia dan akhirnya dia berbicara dengan seekor paus abu-abu di pantai. Maurice Benard bersama istrinya, Paula, memproduksi sendiri film thriller ini.

Baca Juga :   5 Film Asia Bertema Bullying Ini Ajarkanmu Tumbuhkan Empati

Touched with Fire (2015)

touched with fire film tentang kepribadian ganda

sumber: uk.newonnetflix.info

Dalam film ini, ada dua orang yang masing-masing memiliki gangguan kepribadian ganda. Dua orang tersebut diperankan oleh aktris Katie Holmes dan aktor Luke Kirby. Lantas, keduanya bertemu di rumah sakit jiwa dan mereka saling jatuh cinta. Film yang disutradarai oleh Paul Dalio dan diproduseri oleh Spike Lee ini menunjukkan romance yang intens dan pasang surutnya hubungan mereka, tapi itu terasa indah serta menyentuh.

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Cuma Untuk Para Pemberani, Ini 5 Rekomendasi Film Horor Korea!

Film, Animasi & Video

Ini Dia 4 Drama Korea JTBC Komedi Yang Bisa Menemani Puasa Kamu

Film, Animasi & Video

Drama Korea Where The Stars Land, Romantisme di Tengah Kompleksitas Bandara

Film, Animasi & Video

Jangan Lewatkan Rekomendasi Film yang Tayang Maret-April 2021, Super Seru!