leadersingle

10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Dibaca Normal: 6 menit aja
film yang diangkat dari novel

Film yang diangkat dari novel biasanya memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmatnya. Kamu jadi bisa membandingkan kedua versi berbeda tersebut. Apalagi kalau filmnya diadaptasi dari novel laris. Wah, pasti makin seru, GenK!

Nah, kami punya beberapa contoh film jenis ini. Yuk simak dan kasih tanggapan, apakah filmnya sebagus novelnya!

1. Ayat-Ayat Cinta

Film Adaptasi Novel 1

Poster Ayat-Ayat Cinta 2 (sumber: impawards.com)

Untuk kamu yang menyukai film percintaan yang berlatar agama islam, film Ayat-Ayat Cinta sangatlah cocok untuk kamu tonton. Film ini adalah salah satu film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan diangkat dari sebuah novel best seller berjudul Ayat-Ayat Cinta, karya Habiburrahman El Shirazy.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Film satu  ini dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris ternama Indonesia,  seperti Fedi Nuril, Carissa Putri, Rianti Cartwright, Melanie Putri dan Zascia Adya Mecca. Setelah tayang perdana pada tanggal 28 Februari 2008 lalu, film ini telah sukses memikat para pecinta film karena ceritanya yang bagus dan menarik untuk ditonton. 👀

Film Ayat-Ayat Cinta menceritakan tentang kisah cinta seorang pria dan wanita yang berbeda agama. Kasih sayang di antara dua manusia dewasa ini dijelaskan dalam sudut pandang agama Islam.

2. 5 CM

Film Adaptasi Novel 2

Poster 5 CM (sumber: ffcomores.com)

Seru dan menginspirasi, film 5 CM ini berhasil membius para penontonnya. Mulai dari adegan yang lucu, sedih, hingga menegangkan ada di film ini. Disutradarai oleh Rizal Mantovani, film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel yang memiliki judul sama dengan film, yaitu  karya dari Donny Dhirgantoro.

Film 5 CM ini menceritakan kisah tentang persahabatan beberapa anak muda yang sudah mereka jalani selama kurang lebih sepuluh tahun. Lalu, karena sebuah alasan, mereka memutuskan untuk tidak menjalin hubungan lewat cara apa pun dalam waktu 3 bulan.

Untuk mengakhiri perpisahan selama 3 bulan tadi, mereka memutuskan untuk mendaki Gunung Semeru pada tanggal 17 Agustus. Kisah cerita pada film ini dibumbui dengan sentuhan hubungan persahabatan yang sangat kuat dan juga drama percintaan di antara para sahabat tersebut. 😏

3. Habibie & Ainun

Film Adaptasi Novel 3

Poster Habibie & Aiinun (sumber: wikipedia.org)

Mengharukan dan menginspirasi, kisah cerita film Habibie Ainun ini merupakan film layar lebar adaptasi dari memoir yang ditulis oleh Presiden Republik Indonesia ke-3, B.J. Habibie, untuk mengenang istrinya, Hasri Ainun Habibie.

Film yang disutradarai oleh Faozan Rizal dan diproduseri oleh Dhamoo Punjabi. dan Manoj Punjabi ini berhasil memikat para penontonnya. Film ini mengisahkan kisah hidup dari Bapak B.J. Habibie dan istrinya, Ibu Ainun. Kisah nyata yang dibalut pada film ini terasa sangat menyentuh saat diperankan oleh aktris dan aktor yang bertalenta. 😍

Dalam film ini, sosok B.J. Habibie diperankan oleh Reza Rahardian, sementara Ibu Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari. Film kisah nyata satu ini benar-benar mengisahkan perjalanan hidup yang hebat dari B.J. Habibie dan Ibu Ainun. Kisah cinta mereka yang sangat indah menjadi alasan banyak penonton yang menyukai film ini.

Baca Juga
10 Film Action Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

4. Laskar Pelangi

Film Adaptasi Novel 4

Poster Laskar Pelangi (sumber: wikipedia.org)

Film satu ini adalah film yang diangkat dari novel best seller karya Andrea Hirata. Sukses dalam bentuk novel, cerita ini juga sukses saat diangkat menjadi sebuah film layar lebar. 🎥

Film Laskar Pelangi disutradarai oleh Riri Riza, dirilis pada 26 September 2008. Film ini menjadi salah satu film yang paling banyak ditonton pada saat itu dengan jumlah penonton kurang lebih 4,6 juta orang. Untuk mempertegas karakter dan juga mendalami kisah cerita pada film, Riri Riza sengaja menggunakan pemeran lokal Belitung dalam pembuatan filmnya tersebut. 

5. Ketika Cinta Bertasbih

Film Adaptasi Novel 5

Poster Ketika Cinta Bertasbih (sumber: amazon.com)

Film layar lebar satu ini dirilis pada tanggal 19 Juni 2019 dan disutradarai oleh Chaerul Umam. Diangkat dari sebuah kisah novel yang berjudul Ketika Cinta Bertasbih yang ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy, tokoh-tokoh di dalam cerita ini diperankan oleh aktor dan aktris ternama Indonesia seperti Didi Petet, Slamet Rahardjo, Alice Norin, hingga sang penulis novelnya sendiri. 

Baca Juga
6 Rekomendasi Situs Streaming Film Gratis dan Resmi

6. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Film Adaptasi Novel 6

Poster Tenggelamnya Kapal Van Der Wijjck (sumber: brudurmovie.wordpress.com)

Film ini cocok kamu tonton untuk mengisi waktu luang, GenK, karena Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini memberikan kisah yang unik dan menarik.

Diangkat dari cerita novel best seller karya Buya Hamka, film ini berhasil memberikan kisah cerita berbasis drama romantis yang berhasil mendapatkan penghargaan dari Sunil Soraya, selain sukses memukau berjuta mata penonton. 🤩

Kisah perjalanan cinta antara dua manusia yang memiliki perbedaan kasta berhasil memikat emosi para penonton. Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck ini perlu menghabiskan waktu penulisan naskah sekitar 2 tahun dan proses produksi kurang lebih dari 5 tahun.

7. Nada untuk Asa

Film Adaptasi Novel 7

Poster Nada untuk Asa (sumber: sinopsisfilmbioskopterbaru.com)

Dibintangi oleh beberapa pemain layar lebar ternama Indonesia, yaitu Acha Septriasa, Darius Sinathrya, Wulan Guritno, Marsha Timothy, Mathias Muchus dan juga Butet Kartaredjasa, film Nada untuk Asa ini menceritakan kisah pengidap HIV/AIDS yang seringkali mendapat perlakuan yang tidak layak dan diskriminatif dari lingkungan sekitar. 😥

Akan tetapi, ia memiliki semangat dalam menjalani kehidupannya. Aca, tokoh utama di film dan diperankan oleh Acha Septriasa, menyadari bahwa dirinya telah jatuh cinta pada Wisnu, tokoh pada film yang diperankan oleh Darius Sinathrya.

8. Negeri 5 Menara

Film Adaptasi Novel 8

Poster Negeri 5 Menara (sumber: wikipedia.org)

Film Negeri 5 Menara ini merupakan garapan dari Kompas Gramedia Production dengan Million Pictures. Disutradarai oleh Affandi Abdul Rahman yang menggunakan lokasi shooting di berbagai tempat, mulai dari pondok Madani di Ponorogo hingga ke London, film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang anak bersama teman-temannya di sebuah pondok madani. 🏠

Film Negeri 5 Menara ini memberikan kisah yang penuh dengan pelajaran dan motivasi bagi penontonnya. Serta menunjukkan bahwa lulusan dari pondok pun bisa menjadi orang besar dan terpercaya. Memotivasi banget, GenK!

Baca Juga
Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

9. Perahu Kertas

Film Adaptasi Novel 9

Poster Perahu Kertas (sumber: jagatreview.com)

Film layar lebar satu ini merupakan film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Tokoh-tokohnya diperankan oleh beberapa aktris ternama Indonesia seperti Maudy Ayunda, Adipati Dolken, Reza Rahardian, Elyzia Mulachela, Tio Pakusadewo dan Ben Kasyafani. Film ini diangkat dari novel laris Perahu Kertas karya Dewi Lestari. 

Cerita di film ini berkutat tentang pasang surutnya sebuah hubungan pada dua insan, yaitu Kugy yang diperankan oleh Maudy Ayunda, dan Keenan yang diperankan oleh Adipati Dolken.

10. Supernova

Film Adaptasi Novel 10

Poster Supernova (sumber: ngobrolinfilm.com)

Lagi-lagi diangkat dari sebuah novel karangan Dewi Lestari. Film Supernova ini disutradarai oleh Rizal Mantovani. Kisah yang ditawarkan sangatlah rumit, GenK.

Namun pada akhir cerita ditemukan benang merah yang memberikan kesimpulan bahwa dalam sebuah hubungan ikatan pernikahan, bukan hanya ada kehidupan dua manusia, tetapi juga ikatan sebuah keluarga, nilai, dan norma, hingga berbagai lapisan sosial.

Itu dia film yang diangkat dari novel laris Indonesia. Sudah pernah menonton atau membaca bukunya? Mana menurutmu yang lebih bagus, versi buku atau film? 🤔


Polling

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Type of Shot Kamera, Ilmu Wajib Para Pembuat Film

Film, Animasi & Video

Penggemar Anime Naruto, Ini 7 Perbedaan Boruto dengan Naruto

Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Film, Animasi & Video

4 Tips Ampuh Bikin Video Kamu Terlihat Lebih Profesional

Film, Animasi & Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi & Video

6 Ciri Khas Film Wes Anderson yang Cuma Diketahui Penggemarnya

      TRENDING
#CoronaVirus
Next >>
firmmobile
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link