Film Zombie Bakal Terus Ada

Dibaca Normal: 4 menit aja
Zombie-Film

Bayangkan kamu berlari dari kejaran ratusan mayat hidup yang berusaha memakanmu! Sama sekali bukan hal yang menyenangkan kan, GenK? Nyatanya adegan yang selalu ada di film zombie tadi selalu ditunggu-tunggu oleh penonton.

Selama hampir 30 tahun terakhir ini kita sukses dibikin ngeri (dan pada saat yang sama dihibur) oleh film zombie. Tapi dari mana asal kata zombie itu sendiri? Lalu apa sih film zombie pertama yang dibuat? Tenang kami akan menjawab rasa penasaranmu, GenK!

Sejarah Film Zombie

Istilah zombie diperkenalkan ke dunia film pada tahun 1929, ketika para produser Hollywood memasukkannya dalam adegan di film horor. Kata zombie sendiri berasal dari kata Kreol Haiti mengacu pada mayat yang dihidupkan kembali oleh voodoo.

Pada awal kemunculannya di layar lebar, zombie memiliki tampilan yang sangat berbeda dari yang kita kenal hari ini, GenK. Penampilan mereka mirip dengan manusia biasa dengan kulit yang sangat pucat dan kantung mata yang sangat hitam. Biasanya, mereka bisu, bergerak lambat, dan berada dibawah kontrol seseorang dengan mantra voodoo.

Film White Zombie (1932) merupakan film pertama yang diketahui menggunakan kata zombie. Dibintangi Bela Lugosi, White Zombie menceritakan seorang dukun voodoo jahat yang menggunakan zombie untuk menguasai sebuah kampung di Haiti. White Zombie ini dianggap sebagai pelopornya film-film voodoo zombie yang tayang pada tahun 30-an dan 40-an.

Film Zombie Rekomendasi dari kreativv IDSumber: zamonthly.org

Memasuki 50-an, pembuat film di Hollywood mulai mengembangkan film zombie dari sisi produksi dan juga cerita. Metode perubahan seseorang menjadi zombie juga mulai berubah di tahun 1950-an. Tidak lagi berorientasi pada cerita voodoo, film seperti Teenage Zombies (1959) menceritakan bahwa wabah zombie terjadi karena gas syaraf yang diciptakan oleh beberapa ilmuwan. Sementara Plan 9 From Outer Space and Invisible Invaders (1959) menceritakan wabah zombie yang disebabkan alien yang membangkitkan orang yang sudah mati.

Film The Last Man on Earth (1964) ,yang diadaptasi berdasarkan buku Richard Matheson I Am Legend, menampilkan zombie yang lebih menakutkan. Di film ini zombie tidak lagi bergerak di bawah kontrol seseorang, tetapi menjadi mesin pembunuh yang bertujuan menghabisi semua manusia di muka bumi. Di The Last Man on Earth pula cerita tentang virus yang mampu mengubah manusia menjadi zombie muncul.

Zombie Romero

Zombie yang muncul karena virus dan berusaha menghabisi umat manusia memang mirip dengan film zombie yang sering kita tonton, GenK, tapi film yang benar-bener mempopulerkan genre film zombie hari ini tak lain dan tak bukan adalah film Night of The Living Dead (1968). Film perdana arahan George A. Romero ini benar-benar merevolusi genre film zombie hingga akhirnya menjadi seperti sekarang kita kenal.

Film Zombie Rekomendasi dari kreativv ID 2Sumber: artikel “Night of the Living Dead, Year of the Living Violence”, medium.com

Walaupun masih menggunakan beberapa elemen dari film zombie awal, Romero berhasil mengubah persepsi semua orang tentang aturan di film zombie. Zombie di film Romero hanya memiliki satu tujuan, yaitu memakan manusia. Bukan menculik seperti film White Zombie, bukan juga membunuh seperti dalam The Last Man on Earth tapi secara spesifik memakan bagian tubuh manusia.

Baca Juga
Wong Kar Wai dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Romero juga tidak takut untuk menampilkan detail-detail serangan zombie yang cenderung sadis. Untuk pertama kalinya juga dalam sejarah, zombie dalam film The Night of The Living Dead mampu mengubah manusia normal menjadi zombie melalui gigitan. Satu-satunya cara untuk membunuh zombie dalam film ini adalah dengan menghancurkan otaknya.

Dengan resep zombie baru, The Night of Living Dead sukses diterima pasar. Romero pun sempat membuat dua film sekuelnya yang berjudul Dawn of The Dead (1978) dan juga Day of The Dead (1985). Saking suksesnya The Night of Living Dead mendapatkan remake pada tahun 1990 dan juga adaptasi ke serial tv dengan judul The Living Dead.

Film Zombie Modern

Pada hari ini genre film zombie sudah menjadi simbol kebudayaan populer. Hal ini terlihat dari kaos, mainan, video game, dan barang dagangan bertemakan zombie lainnya yang membanjiri pasar. Serial tv tentang perjuangan menyelamatkan diri dari zombie seperti The Walking Dead juga menjadi salah satu serial yang paling banyak ditonton di dunia.

Genre film zombie juga terus berkembang. Game-game populer yang terinspirasi film zombie seperti The Resident Evil dan House of The Dead mendapatkan tempat khusus bagi penggemarnya dan juga adaptasi film. Tidak hanya menakutkan, genre zombie juga bisa menjadi ringan melalui film-film seperti Shaun of the Dead telah menciptakan istilah sub-genre “zombie komedi sendiri dengan memasukan unsur humor.

Film Zombie Rekomendasi dari kreativv ID 3Sumber: vintagemovieposters.co.uk

Film-film seperti Diary of the Dead (2007) dan Rec (2007) juga telah berhasil menggabungkan genre zombie dengan tren horor abad ke-21 yang berformat found footage. Pada format film horor ini, kamu akan dibuat bertanya-tanya apakah film yang kamu tonton adalah film fiksi atau asli dengan gaya penyajiannya yang mirip film dokumenter.

Secara finansial, film zombie juga terbukti sangat disukai pasar. Pada 2013, film World War Z menjadi salah satu film paling menguntungkan dengan pendapatan yang mencapai $ 200 juta di Amerika Serikat dan lebih dari $ 500 juta di seluruh dunia. Gosipnya, film yang dibintangi Brad Pitt ini akan segera dibuatkan sekuelnya.

Kesuksesan film zombie tidak hanya terjadi di Amerika Serikat saja. Film zombie dari negara seperti Australia (Wyrmwood), Jerman (Rammbock), Prancis (The Horde), India (Rise of the Zombie), Japan (One Cut of The Dead), Greece (Evil), South Africa (Last Ones Out), Scandinavia (Dead Snow), dan Korea (Train to Busan) sukses bikin takut penontonnya di berbagai penjuru dunia, GenK!

Baca Juga
Pak Raden: Dari Suyadi untuk Anak-anak Indonesia

Di Indonesia sendiri genre film sangat diminati. Hal ini terlihat dari adanya komunitas Indonesian Zombie Club (IZoC) yang memiliki anggota lebih dari 9.000 anggota di Facebook. Sayangnya film zombie buatan Indonesia masih sangat jarang. Dalam lima tahun terakhir tidak lebih dari 3 film bertema zombie hasil karya sutradara Indonesia yang bisa tayang di bioskop, yaitu Kampung Zombie (2015), Zeta (2018), dan Reuni Z (2018).


Bagaimana? Apakah kamu tertarik membuat sebuah film zombie asli Indonesia? Mungkin bisa dimulai dengan membuat film pendek bertemakan zombie terlebih dahulu. Sebagai referensi akan kami bagikan 10 judul film zombie yang bisa kamu tonton, GenK!

  • One Cut of The Dead (2018)
  • Train to Busan (2016)
  • ParaNorman (2012)
  • Zombieland (2009)
  • Dead Snow (2009)
  • 28 Weeks Later (2007)
  • Planet Terror (2007)
  • Night of the Creeps (1986)
  • Night of the Comet (1984)
  • Cemetery Man (1994)

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Mengenal Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

Film, Animasi, dan Video

Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Film, Animasi, dan Video

Ini Dia Tiga Jenis Film yang Wajib Diketahui Calon Filmmaker

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Apa Itu Mise en Scene dalam Produksi Film

            Thank u, next!