fbpx

Kenapa Green Screen Warnanya Hijau?

Dibaca Normal: 5 menit aja 😊
green screen

Green screen merupakan alat yang digunakan untuk memanipulasi background asli dengan background digital. Dari sekian banyak warna, kenapa harus hijau ya, GenK?

 

green screen 1

Ilustrasi pemotretan dengan teknik green screen (sumber: pexels.com)

Pernahkah kamu menonton film science fiction, superhero, atau film-film fantasi yang di dalamnya terdapat adegan dengan efek visual yang super keren? Contohnya film Interstellar yang mengambil latar tempat di luar angkasa. Kalau dipikir secara logika, mana bisa shooting  di sana, GenK.

Nah, untuk memudahkan proses shooting dan memberi efek visual yang super keren tersebut, para kreator film menggunakan green screen sebagai alat bantu.

Apa Itu Green Screen?

Green screen adalah sebuah alat yang digunakan sebagai backdrop saat proses shooting, sehingga background asli bisa dimanipulasi menjadi background digital dengan memberi efek visual sesuai konsep yang diinginkan. Dengan teknologi ini, kamu bisa dengan mudah membangun setting dan properti tempat yang tidak mungkin ada di bumi hanya dengan sentuhan tangan ajaib para video editor.

green screen 2

Set pembuatan film (sumber: pacificmotion.net)

Kamu ingin membuat film tentang luar angkasa? Bisa.

Ingin membuat film dengan latar beratus-ratus tahun yang lalu? Juga bisa.

Kamu tidak perlu membangun set mewah atau menyewa studio yang pastinya akan menguras biaya banyak. Rekam video di mana saja, lalu ganti background dengan elemen grafis, foto-foto, maupun video, GenK.

Teknologi ini menawarkan cara yang paling alami untuk menyatukan subjek ke latar video yang kamu buat.

Baca Juga   10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Pencahayaan Adalah Kunci Utama Green Screen

Cara menggunakan teknik green screen saat sesi produksi sangatlah mudah. Kamu hanya memerlukan kain hijau yang menutupi semua background video yang masuk di layar kamera. Lalu kalau sudah selesai shooting, tinggal kamu edit dengan software yang super canggih. Salah satu software untuk mengedit adalah Adobe After Effects.

Di dalam Adobe After Effects sudah ada fitur efek yang bisa langsung mendeteksi warna hijau dan mengubahnya menjadi transparan, sehingga background video yang tadinya hijau, bisa diedit menjadi gambar background yang kamu inginkan deh.

green screen 3

Adobe After Effects Chroma Key (sumber: photofocus.com)

Oh iya nama efeknya adalah chroma key. Tinggal pilih, lalu drag ke dalam video. Tinggal atur di pengaturan efek video supaya hasil manipulasi tidak terlalu keras alias semakin mirip dengan kenyataan, GenK. Wah canggih banget kan?

Namun tidak semua hasil shooting akan terlihat nyata. Bagaimana mengakalinya? Salah satu triknya adalah dengan mengatur lighting atau pencahayaan yang tepat.

Misalnya pada saat shooting, pencahayaan gambar cenderung gelap, tapi background video yang nantinya akan kamu pakai untuk mengganti green screen cenderung terang. Alhasil kalau keduanya digabungkan, maka akan sangat terlihat palsu. Makanya kamu harus memperhatikan pencahayaan supaya terlihat lebih nyata karena antara subjek dan latar tempat sudah selaras.

Baca Juga   10 Film Action Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

Kenapa Green Screen Warnanya Hijau?

Yap, kalau kamu lihat di berbagai video behind the scene pemotretan atau pembuatan film, umumnya mereka menggunakan kain hijau sebagai backdrop gambar. Sebenarnya ada banyak warna lainnya yang bisa kamu gunakan selain hijau, salah satunya adalah biru atau yang dikenal dengan blue screen.

green screen 4

Ilustrasi weather anchor sedang menyampaikan ramalan cuaca (sumber: mentalfloss.com)

Penggunaan warna-warna tersebut tergantung dengan subjek foto. Misalnya seorang weather anchor yang sedang menyampaikan ramalan cuaca hari ini. Ia mengenakan busana berwarna biru dongker. Berarti backdrop yang cocok digunakan adalah warna hijau.

Tujuannya supaya busana biru dongker weather anchor tidak hilang saat proses penyuntingan. Apalagi kalau acaranya disiarkan langsung dari studio. Bisa gawat kalau terjadi kesalahan seperti itu.

Nah, jelas kan. Warna backdrop gambar bisa disesuaikan dengan warna busana, aksesoris, atau properti yang digunakan di dalam set.

green screen 5

Contoh skin tone atau warna kulit (sumber: cosmopolitan.co.id)

Balik lagi soal kenapa harus hijau, ternyata hijau merupakan warna yang paling jauh dari skin tone atau warna kulit manusia. Umumnya kulit manusia lebih condong ke warna hangat, seperti coklat, kuning, merah muda, putih, atau hitam.

Perbedaan yang jauh ini memudahkan proses penyuntingan untuk mendeteksi yang mana yang harus dimanipulasi dan mana yang tidak.

Hubungan Green Screen dengan Chroma Key

Apakah kamu tahu kalau warna ditentukan oleh persepsimu?

Ini akan berhubungan dengan psikologi warna. Sebenarnya manusia memiliki sensor kepekaan yang tinggi terhadap tiga warna, yaitu merah, hijau, dan biru atau yang disebut dengan kelompok warna RGB. Kemudian warna ini dibentuk menjadi tiga koordinat warna, yaitu Hue, Saturation, dan Value. Kalau kamu punya aplikasi edit foto di ponsel, pasti ada fitur-fitur tersebut, GenK.

green screen 6

Hue, saturation, dan value (sumber: commons.wikimedia.org)

Warna dari Hue dan Saturation ini termasuk dalam kategori chrominance atau yang lebih sering disebut dengan chroma. Sedangkan warna-warna terang dan hangat seperti warna kulit termasuk dalam kategori luminance atau yang sering disebut dengan luma. Nah, dari situ munculah yang mananya teknik chroma key.

Chroma key adalah efek visual yang digunakan pada tahap pasca produksi untuk mengkomposisikan dua gambar atau lebih secara bersamaan. Makanya warna hijaulah yang paling cocok dijadikan sebagai backdrop gambar. Karena warna hijau adalah warna chrome.

Baca Juga   Jangan Sampai Kelewatan 3 YouTuber Indonesia Ini, GenK!

Lensa Kamera dan Mata Manusia

green screen 7

Lensa kamera (sumber: pexels.com)

Sebagian besar kamera mengikuti cara kerja manusia loh.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mata manusia sangat peka terhadap warna RGB, begitu pula lensa kamera. Warna-warna yang diterima oleh lensa secara otomatis akan langsung terbagi menjadi chrome dan luma. Kedua warna tersebut langsung terpisah. Ini juga yang menjadi alasan kenapa green screen warnanya hijau. Permainan trik warna akan lebih mudah saat pasca produksi, GenK.

Kalau kamu penasaran, coba deh kamu pergi ke halaman rumah, julurkan tangan, lalu foto tanganmu dengan rerumputan sebagai background foto. Bagaimana hasilnya? Kontras banget kan? Itulah perbedaan warna chrome dan luma. Bisa kamu lihat langsung perbedaannya kan, GenK.


Nah, itu dia penjelasan singkat seputar green screen. Semoga bisa menjawab pertanyaanmu selama ini ya, GenK. Cobain deh pakai kain hijau polos sebagai backdrop gambar, lalu ubah background-nya dengan menggunakan chroma key. Dijamin seru!

Polling

Tentang Penulis

Yurista Andina atau yang kerap disapa dengan Yuri ini merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual. Dari hobi, kini menulis telah menjadi passion yang digeluti oleh perempuan penggemar musik K-Pop ini. Saat ini ia bekerja sebagai Content Writer di Kreativv ID. Saat tidak disibukkan dengan pekerjaan kantor, ia sering menghabiskan waktu untuk menulis cerita fiksi.

Tulis Komentar

Artikel Terkait
Film, Animasi, dan Video

Ini Dia Cara Membuat GIF Menarik di Ponsel!

Film, Animasi, dan Video

Tips dan Trik Dasar Membuat Showreel

Film, Animasi, dan Video

9 Anime Terbaik yang Dirilis Hingga Mei 2019

Film, Animasi, dan Video

Mengenal Fungsi dan Cara Membuat Clapper Board Sederhana

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Lip Sync di Video Animasi Kamu

Film, Animasi, dan Video

Cara Membuat Stop Motion dan Bahan yang Dibutuhkan

Film, Animasi, dan Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi, dan Video

Apa Benar ASMR Bagus Buat Kesehatan?

Film, Animasi, dan Video

Level Candu Drama Korea, Kamu Termasuk Yang Mana?

Film, Animasi, dan Video

8 Film Musikal Terbaik yang Bikin Kamu Sing-along

Film, Animasi, dan Video

10 Film Animasi yang Gak Ngebosenin Buat Ditonton Ulang

Film, Animasi, dan Video

8 Film Animasi Terbaik Disney dari Tahun ke Tahun

Film, Animasi, dan Video

Meski Takut, Kenapa Kita Suka Nonton Film Horor?

Film, Animasi, dan Video

10 Film Action Terbaik Indonesia yang Wajib Kamu Tonton!

Film, Animasi, dan Video

10 Film yang Diangkat dari Novel Laris Indonesia

Film, Animasi, dan Video

Sejarah Film dari Masa ke Masa

Film, Animasi, dan Video

Jenis, Prinsip, Hingga Cara Membuat Animasi Lengkap

Film, Animasi, dan Video

Wong Kar Wai dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Film, Animasi, dan Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

            Artikel Selanjutnya