Hal-Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Visual Effect dalam Sebuah Film

Dibaca Normal: 3 menit aja

Bagi kamu para pecinta film, pasti tak akan asing dengan film-film keren Hollywood yang berani mengeluarkan cerita-cerita tak biasa dan efek yang benar-benar terlihat nyata. Film Hollywood di jaman sekarang memang telah banyak memanfaatkan pemakaian visual effect yang membuat film tampak semakin ‘real’.

Tak hanya Hollywood, industri perfilman di tanah air juga sudah mulai memanfaatkan teknologi CGI yang sangat diminati. Beberapa contoh film indonesia yang memanfaatkan teknologi CGI seperti Garuda, Jagoan Instan, Bangkit, Rafathar, dan lainnya. Walau sudah berani mengeluarkan dana besar untuk menghasilkan efek CGI yang keren di dalam film, namun film-film tersebut tampaknya masih belum diimbangi dengan minat penonton.

Walau demikian,  film-film tersebut sangat bagus dan berkembang untuk efek CGI indonesia itu sendiri. Sebelum membicarakan tentang perfilman lebih jauh, mungkin beberapa ada yang masih belum paham tentang visual effect ataupun CGI. Sebab itulah, di bawah ini akan sedikit membahas soal visual effect dan juga CGI agar dapat membantu pemahamanmu.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Apa itu Visual Effect?

Visual effect. (Sumber: Salleurl)

Visual effect (VFX) atau efek visual adalah sebuah teknik yang digunakan dalam industri film, televisi, dan animasi yang menyertakan proses manipulasi tertentu di luar adegan pengambilan gambar syuting asli. Secara sederhana, visual effect ini akan menciptakan suatu peristiwa, kejadian, atau latar suasana menggunakan bantuan CGI (Computer Generated Imagery).

Namun, tak hanya teknologi saja yang harus diperhatikan, melainkan juga keterampilan dalam mengomposisikan keseluruhan visual agar adegan tampak nyata. Hal inilah yang membuat visual effect juga dianggap sebagai karya seni.

Apa itu CGI?

Ilustrasi CGI. (Sumber: medium)

Dalam membuat visual effect, biasanya kamu akan menggunakan bantuan dari CGI. Tapi tahukah kamu siapa yang awal memperkenalkan CGI? CGI diperkenalkan oleh Michel Crichton pada tahun 1973 dalam film yang berjudul Westworld. CGI merupakan pencitraan yang dihasilkan oleh komputer sebagai penerapan lanjutan dalam bidang komputer grafis. Mengutip  Business Insider, secara sederhana CGI serupa dengan teknik animasi tradisional.

Dalam teknik animasi tradisional, suatu gerakan dibuat melalui rangkaian gambar-gambar yang saling bertautan. Umumnya, sebuah gambar bergerak tercipta dalam ritme 24fps (frame per second). Software-software yang dapat digunakan dalam pembuatan CGI antara lain Autodesk 3D Max, Autodesk Maya, dan juga Blender.

Perkembangan CGI, hingga saat ini sangatlah pesat bahkan hampir disemua film ada banyak hasil dari CGI. Selain itu, berkat keberhasilan dari film-film tersebut, kini CGI menjadi salah satu unsur utama yang digunakan dalam proses pembuatan film. Walau demikian, dalam proses pembuatannya,  memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Proses pembuatan film menggunakan CGI juga membutuhkan biaya yang mahal, dan banyak properti untuk menjadikannya telihat nyata. Beberapa contoh peralatan yang dibutuhkan  seperti tali sling, layar hijau, set studio yang besar yang mampu memuat properti lainnya.

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional

Film, Animasi & Video

Canggihnya Teknologi Motion Capture yang Bikin Gerakan Digital Nampak Nyata

Film, Animasi & Video

4 Rekomendasi Film Detektif Terbaik Buat Yang Suka Dibikin Penasaran

Film, Animasi & Video

9 Anime Terbaik yang Dirilis Hingga Mei 2019

Film, Animasi & Video

Film Jackie Chan Terbaik Untuk Temani Liburan Penuh Nostalgia

Film, Animasi & Video

Jelajahi Setiap Sudut dengan Cara Membuat Video 360 Derajat

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>