4 Jenis Microphone Eksternal untuk Membuat Video

Dibaca Normal: 5 menit aja
jenis microphone

Sebuah video tanpa audio yang bagus itu ibarat masakan yang kurang garam. Mau bikin video YouTube dengan kualitas suara yang cetar? Yuk simak 4 jenis microphone eksternal berikut ini!

Audio menjadi salah satu aspek penting saat memproduksi video, misalnya seperti vlog di YouTube. Ini akan menjadi fatal jika tidak dipikirkan dengan matang. Visualnya sudah bagus, tapi audionya malah zonk, kalau gini sih penonton pada kabur semua. Maka dari itu, kamu perlu bijak dalam memilih jenis microphone yang bakal kamu gunakan untuk syuting.

Pada dasarnya, mikrotfon itu punya dua jenis, yaitu mic condenser dan mic dynamic. Wah kira-kira apa yah perbedaan keduanya? Manakah jenis mikrofon yang lebih cocok digunakan di dalam ruangan? Semua pertanyaanmu bakalan kami jawab di sini. Supaya lebih afdol, kita baca dari pengertian dasarnya dulu yuk! 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Pengertian Microphone

Jenis Microphone 1

Contoh mikrofon untuk audio film (sumber: pexels.com)

Menurut Wikipedia, istilah mikrofon awalnya mengacu pada alat bantu dengar untuk suara dengan intensitas rendah. Selain itu, mikrofon juga berguna sebagai alat komunikasi, sehingga penemuan mikrofon menjadi sangat penting di awal perkembangan telepon.

Microphone atau mikrofon adalah jenis transduser (alat yang bisa mengubah suatu bentuk energi menjadi bentuk energi yang lain) yang mengubah energi akustik atau gelombang suara menjadi sinyal listrik. 

Selain untuk komunikasi, pengeras suara ini juga banyak digunakan untuk kepentingan pembuatan film atau video. Mau bikin ASMR? Pakai mic. Ingin bikin vlog? Juga pakai mic. Eits, tapi jangan sembarangan memilih mikrofon loh, karena setiap jenisnya akan menghasilkan suara yang berbeda-beda pula. Sehingga kamu perlu tahu perbedaan dari jenis-jenis mikrofon.

Kalau dikelompokkan dari segi jangkauan suara, mikrofon dibagi menjadi dua jenis, yaitu condenser dan dynamic. Ini dia perbedaan keduanya:

1. Mic Condenser

mic condenser

Mikrofon kondensor (sumber: pexels.com)

Ini dia yang pertama, mic condenser (mikrofon kondensor) adalah pengeras suara yang paling sering ditemukan di studio. Alat ini menangkap rentang frekuensi lebih besar dan jauh lebih sensitif terhadap suara keras. Ini pula yang menyebabkan mikrofon kondensor umumnya jauh lebih mahal ketimbang mikrofon dinamis. Kenapa jenis mikrofon yang satu ini sering digunakan di studio saja?

Alasannya karena sensitivitasnya terhadap suara yang keras dan ketahanan alat ini lebih rentan rapuh daripada mikrofon dinamis. Kamu akan sering menemukan alat ini digunakan sebagai drum overheads mic, pengeras suara orkestra, dan paduan suara.

Baca Juga
Sejauh Ini, Hanya Tiga Orang Asia yang Berhasil Menang Best Actor/Actress Oscar

2. Mic Dynamic

mic dynamic

Mikrofon dinamis (sumber: pexels.com)

Berikutnya mic dynamic (mikrofon dinamis) adalah mikrofon yang memiliki jangkauan luas. Kalau kamu pernah menonton konser musik rock di mana sang penyanyi tak jarang sampai membanting mic, sebenarnya mereka menggunakan mikrofon dinamis.

Dibandingkan dengan mic condenser, alat ini jauh lebih tahan banting, karena sangat tahan terhadap kelembapan dan kondisi menantang lainnya. Inilah yang menjadi alasan kenapa mic yang satu ini menjadi pilihan yang paling sempurna untuk konser di atas panggung.

Akan tetapi meski tahan banting, mikrofon dinamis umumnya tidak terlalu akurat, karena mereka memiliki respons frekuensi terbatas yang membuatnya sangat cocok digunakan untuk menahan tingkat tekanan suara yang tinggi (sound pressure level). Misalnya untuk drum, bunyi gitar yang keras, dan sebagainya. 

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Yuk Kreasikan Videomu dengan Aplikasi Edit Transisi Video Berikut!

Film, Animasi & Video

Ingin Membuat Anime? Yuk Pahami Perbedaan Anime dan Kartun

Film, Animasi & Video

Ternyata, Film Horor Baik Loh untuk Kesehatan Mental!

Film, Animasi & Video

Wong Kar Wai Legenda Sineas Hongkong dan 3 Filmnya yang Perlu Kamu Tonton

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link