Film, Animasi & Video

Pentingnya Kerangka Cerita dan Karakter dalam Penyutradaraan Film

Tidak hanya arsitek yang perlu membuat kerangka sebelum mulai membangun rumah, tetapi sutradara juga perlu membuat kerangka sebelum mulai memproduksi film. Di dalam kerangka film, seorang sutradara harus paham betul bagaimana kerangka cerita dan kerangka karakter yang dibuat pada tahap pra produksi. Nantinya kerangka ini akan berguna layaknya tulang punggung film. Supaya lebih tahu perbedaan kedua kerangka tersebut, yuk simak informasi berikut!

Kerangka Cerita

Apa value dan motif utama yang membuat seorang sutradara ingin mengangkat sebuah cerita ke dalam film? Kenapa orang harus menonton film tersebut? Sutradara adalah seseorang yang memiliki peran vital, karena harus bertanggung jawab atas semua arahan yang ia berikan, baik dari segi cerita maupun visualnya. Sebagai seorang sutradara, kamu harus membuat kerangka cerita terlebih dahulu. Nantinya, kerangka inilah yang akan menyatukan film buatanmu dengan alur yang jelas sehingga imajinasi penonton tidak terganggu.

Macam-Macam Alur Cerita atau Plot

Pernah menonton film yang ceritanya flashback ke masa lalu? Ini bukan sembarang cerita loh, karena semuanya sudah diatur berdasarkan alur cerita atau plot. Adapun tiga macam alur cerita atau plot yang perlu kamu ketahui:

  1. Alur maju, merupakan yang paling umum ditemukan dalam sebuah cerita film. Setting waktu teratur dengan pengenalan tokoh, latar, tempat, waktu, dan peristiwanya selalu maju ke masa depan. Polanya yaitu tahap eksposisi, konflik, konflik memuncak, konflik menurun, resolusi.
  2. Alur mundur, merupakan kebalikan dari alur maju yang berisikan cerita kilas balik karakter dalam menjalani kehidupan. Pola ceritanya yaitu resolusi, antiklimaks, klimaks, muncul konflik, dan eksposisi. 
  3. Alur maju-mundur (campuran), merupakan gabungan dari alur maju dan alur mundur. Biasanya cerita dimulai dari bagian klimaks yang mundur ke tahap eksposisi supaya penonton bisa tahu bagaimana awal mula konflik muncul. Meskipun konflik berada di awal, tapi tahap resolusi tetap berada di akhir cerita.
Baca Juga :   Yuk, Intip Profesi di Balik Pembuatan Film yang Perannya Sangat Penting!

Kerangka Karakter

kerangka cerita dan kerangka karakter

Harry Potter (sumber: superguide.nl)

Nah, setelah membuat dan memahami kerangka cerita, sekarang saatnya lanjut ke kerangka karakter. Dari kerangka cerita yang sebelumnya sudah dibuat akan dijadikan sebagai penentu kerangka karakter film kamu. Buatlah tujuan-tujuan yang ingin dicapai oleh si karakter. Tujuan ini harus sangat penting dan menjadi motif utama karakter melakukan sesuatu meski mempertaruhkan hidup dan mati. Berikut masing-masing penjelasannya:

  1. Spine, merupakan sesuatu yang paling diinginkan karakter. Memiliki pengaruh besar sehingga sangat penting dan harus diraih bagaimana pun caranya.
  2. Goals, merupakan sesuatu yang dituju oleh karakter. Segala hal yang dilakukan oleh karakter adalah untuk mencapai goals.
  3. Relationship, merupakan cara karakter memandang dan berhubungan dengan karakter lain di dalam film.
  4. Actions, merupakan langkah aksi yang dilakukan oleh karakter untuk berhasil mendapatkan apa yang diinginkan dan ditujunya. 
  5. Obstacles, merupakan rintangan yang akan dilalui karakter untuk menggapai keinginan dan tujuannya di dalam film. Rintangan ini bisa datang dari internal maupun eksternal, tergantung dengan apa yang sudah tertulis di kerangka cerita.
Baca Juga :   Cara Membuat Film Pendek - Part 1. Tahap Pra Produksi

Sebuah cerita hanya memiliki satu protagonis, karena segala hal yang terjadi di dalam cerita selalu disampaikan melalui kacamata protagonis. Lalu bagaimana dengan karakter anti-hero? Kami ambil contohnya dari sub-genre fiksi ilmiah bernama cyberpunk. Cyberpunk adalah sub-genre yang menampilkan perkotaan urban dengan kemajuan teknologi canggih yang terpengaruh dari budaya punk dan hacker. Dalam dunia cyberpunk umumnya menjadikan anti-hero sebagai protagonis. Mereka dianggap outsiders, orang buangan, penjahat, dan pembangkang karena tidak mau mengikuti attitude layaknya seorang cyberpunk.

Itu dia penjelasan singkat tentang kerangka cerita dan kerangka karakter. Dengan begitu, pengetahuanmu seputar penyutradaraan jadi bertambah lagi deh. Pra produksi memang kunci dari pembuatan sebuah film. Nah, setelah memahami tentang pra produksi, sekarang lanjut ke tahap produksi film yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya, yuk!

About author

Related posts
Film, Animasi & Video

5 Drama Korea Terbaru Wajib Tonton di 2021

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Terbaik Film Tentang Wabah Virus

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Video Iklan Produk untuk Pemula

Film, Animasi & Video

7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional