Cara Membuat Vlog di HP Lengkap dengan Alat-Alatnya!

Dibaca Normal: 5 menit aja
cara vlog dari hp

Nge-vlog di HP? Kata siapa gak bisa? Meski tanpa kamera berkualitas sekalipun, kamu tetap bisa membuat video-blogging loh. Berikut ini cara membuat vlog di HP beserta alat-alat syuting yang dibutuhkan. Yuk disimak informasinya!

Di artikel sebelumnya kami sudah pernah membahas soal cara membuat vlog, tapi bagaimana jadinya kalau kamu ingin membuatnya lewat HP? Tidak ada yang tidak mungkin, karena faktanya kamu benar-benar bisa membuat video-blogging lewat ponsel pintarmu, GenK.

Sebenarnya cara membuat vlog di HP akan lebih praktis dan equipment yang digunakan juga tidak semahal ketika kamu menggunakan kamera digital lainnya.

Hanya saja merekam lewat HP terbilang tricky, karena kamu harus pandai menjaga kualitas visual dan audio dengan cara mengakalinya lewat pilihan alat-alat yang digunakan ketika membuat vlog.

Alat-Alat untuk Vlog di HP

Biar tampilan videomu terlihat lebih profesional, gunakanlah yang namanya mobile vlogging kit atau peralatan yang digunakan untuk membuat vlog di HP. Berikut adalah daftar alat-alatnya, GenK!

1. Ponsel dengan kamera terbaik

cara membuat vlog di hp 1

Ilustrasi merekam dengan HP (sumber: digitaltrends.com)

Saat ini kamu bisa menemukan banyak merek ponsel di pasaran. Mulai dari ponsel dengan harganya terjangkau sampai ke ponsel canggih dengan harga selangit.

Agar bisa membuat vlog di HP dengan kualitas yang tak kalah dengan kamera DSLR atau Mirrorless, kami punya beberapa rekomendasi ponsel dengan kamera terbaik yang sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Dijamin videomu tidak akan kalah dengan profesional, GenK.

2. Tripod atau Monopod

cara membuat vlog di hp 2

Tripod untuk HP (sumber: cowboystudio.com)

Cara membuat vlog yang berikutnya adalah dengan menyiapkan tripod atau monopod. Buat kamu yang belum tahu, tripod adalah alat portabel berbentuk dudukan berkaki tiga yang membantu badan kamera untuk bisa berdiri tegak.

Kalau dalam mobile photography, alat ini berguna untuk mencegah dan meminimalisasi gambar agar tidak ngeblur atau shaky, karena alat ini mampu memberikan stabilitas yang kokoh.

Baca Juga
5 Alasan Utama Kenapa Kamu Harus Nonton Film Gundala

3. Ring light

cara membuat vlog di hp 3

Ilustrasi merekam vlog (sumber: adorama.com)

Sebagian besar kamera dapat merekam video berkualitas tinggi selama ada pencahayaan yang bagus. Kamu bahkan bisa membuat vlog dengan kamera yang sangat murah jika kamu hanya berbekal ketepatan pengaturan cahaya. Maka dari itu gak ada salahnya menginvestasikan sejumlah uang untuk lighting kit atau setidaknya kamu punya ring light, GenK.

Ring light, si lampu berbentuk bundar ini biasa digunakan ketika make-up, namun sekarang malah kerap digunakan sebagai lighting saat membuat vlog.

4. Lensa tambahan

lensa wide

Contoh lensa tambahan untuk HP (sumber: lensvariety.com)

Gak cuma kamera DSLR saja, tapi ponselmu juga bisa diberi lensa tambahan loh. Lensa ini berguna untuk memaksimalkan gambar yang tidak bisa kamu dapatkan hanya dengan menggunakan lensa kit.

Kalau masalah membuat vlog di HP, kami merekomendasikan untuk menggunakan lensa wide dan lensa fisheye. Kedua lensa tersebut dirasa komprehensif untuk merekam gambar dengan jangkauan yang lebih luas.

Detail informasi jenis lensa tambahan lainnya bisa kamu simak di artikel kami sebelumnya.

5. Mikrofon

cara membuat vlog di hp 4

Contoh mic shotgun (sumber: sweetwater.com)

Banyak orang yang merasa bahwa aspek suara itu penting. Kalau cara membuat vlog di HP, kami merekomendasikan tiga pilihan mikrofon nih, tujuannya tentu untuk meningkatkan kualitas audio. Ini dia ketiga pilihannya, GenK:

  • Audio onboard, merupakan mikrofon yang sudah tersedia dari ponselnya langsung. Smartphone di zaman modern seperti sekarang sudah banyak yang memiliki kualitas audio yang mumpuni, sehingga tanpa mikrofon eksternal sekalipun sudah langsung bisa kamu gunakan.
  • Clip-on, berfungsi untuk meminimalisir kebocoran suara, karena clip-on merupakan mikrofon dynamic yang hanya bisa menangkap suara dalam jarak dekat.
  • Mic shotgun, sangat berguna jika ponselmu masih kurang soal kualitas audionya.
Baca Juga
4 Peralatan yang Wajib Dimiliki Para Travel Vlogger

6. Backdrop

Jika kamu ingin memberikan tampilan yang terkesan lebih serius dan profesional, gunakanlah backdrop foto. Backdrop ini berguna sebagai latar belakang gambar, salah satu contoh yang paling sering digunakan oleh YouTuber adalah backdrop warna putih dan hijau (untuk green screen).

Akan tetapi tidak semua videomu perlu menggunakan backdrop loh, cukup di konten-konten tertentu seperti unboxing, video reaction, dan konten yang bersifat formal.

Tips: Backdrop tidak mesti menggunakan kain mahal, kamu juga bisa menggantinya dengan kertas art paper atau kertas karton manila yang bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai tempat percetakan.

Cara Membuat Vlog di HP

Semua peralatanmu sudah siap, sekarang langsung saja kita masuk ke cara membuat vlog dari HP yang bisa kamu praktikkan sendiri dengan mudah. Yuk kita mulai dari poin yang pertama!

1. Siapkan mobile vlogging kit

Cara membuat vlog di HP yang pertama adalah menyiapkan mobile vlogging kit yang sudah kami sebutkan di atas, seperti tripod, ring light, mikrofon, dan sebagainya.

Setelah itu tentukan lokasi syutingnya. Apakah duduk di meja kerja atau bepergian ke tempat wisata. Ini akan berhubungan dengan alat apa saja yang bakalan kamu butuhkan.

Kalau hendak merekam gambar still, gunakanlah tripod. Sedangkan untuk merekam gambar bergerak, gunakanlah monopod atau stabilizer untuk menghindari gambar yang shaky.

2. Tekan tombol Record

cara membuat vlog di hp 5

Ilustrasi merekam vlog (sumber: smartphones.gadgethacks.com)

Mungkin ini terdengar sepele, tapi untuk bisa memulai video-blogging itu ada banyak tantangannya, salah satunya tidak percaya diri di depan kamera. Sekarang lupakan soal viewers dan subscribers, cukup berfokus pada dirimu sendiri.

Buka aplikasi kamera, kemudian tekan tombol bulat merah untuk merekam gambar. Mulailah dari monolog sederhana, tidak perlu dilebih-lebihkan, lakukan apa adanya sampai obrolan mengalir dengan sendirinya.

Tidak perlu memikirkan bagus atau tidak, toh video yang kamu rekam sekarang tidak melulu langsung diunggah ke YouTube kan, GenK. Kalau ada bagian yang tidak kamu suka, tinggal potong dan buang dengan software edit video deh.

Baca Juga
Mengenal Fungsi dan Cara Membuat Clapper Board Sederhana

3. Mengedit video

Sekarang adalah saat yang tepat untuk menunjukkan bakat editing-mu, karena cara membuat vlog di HP yang berikutnya adalah mengedit video dari hasil rekamanmu di tahap sebelumnya.

Supaya makin afdol, kamu dapat melakukan rough cut dan fine cut lewat aplikasi edit video di Android. Semuanya dapat langsung kamu unduh di Play Store secara gratis loh.


Itu dia cara membuat vlog di HP. Kalau videonya sudah jadi, jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang sebelum diunggah ke YouTube. Tak lupa bagikan juga link vlog buatanmu kepada teman-teman lewat media sosial. Ayo viralkan videomu, GenK!

Polling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Cara Membuat Film Pendek - Part 3. Offline dan Online Editing

Film, Animasi & Video

Mengenal Jenis-Jenis Film Dokumenter dan Cara Pembuatannya

Film, Animasi & Video

Ini Dia 8 Macam Genre Film Utama Biar Gak Keliru Lagi

Film, Animasi & Video

Ini Dia Tiga Jenis Film yang Wajib Diketahui Calon Filmmaker

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link