7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional

Dibaca Normal: 4 menit aja
motion graphic software

Motion graphic merupakan paket lengkap, di sana terdapat komponen grafis yang diberi efek bergerak dan menjadi salah satu media komunikasi yang tengah menjadi tren. Tertarik membuatnya tapi bingung harus pakai software apa? Yuk simak 7 motion graphic software untuk pemula sampai profesional.

Motion graphic adalah serangkaian desain berbasis media visual yang di dalamnya mencantumkan berbagai macam komponen grafis, seperti ilustrasi, fotografi, dan tipografi yang diberi efek visual dan efek suara tertentu. 五
Motion Graphic Software

Contoh motion graphic (sumber: dribbble.com)

Tertarik membuat motion graphic tapi masih bingung harus pakai software yang mana? Sebenarnya kami pernah membahas tentang cara membuat motion graphic di Adobe After Effect, tapi sebenarnya ada banyak software lainnya yang bisa kamu gunakan loh.

Daripada niatmu untuk berkarya keburu padam, mending cari tahu yuk beberapa motion graphic software di bawah ini yang bisa menjadi pilihanmu. Lets start.

1. Adobe Photoshop

Sebagai seorang desainer, nama Adobe Photoshop pasti sudah tidak asing lagi di telingamu. Adobe Photoshop adalah sebuah software editor yang dikhususkan untuk mengedit foto atau gambar dan membuat efek. Siapa sangka, software yang biasanya digunakan untuk mengedit foto ternyata masuk ke dalam datar motion graphic software, GenK.

Meskipun Photoshop bisa digunakan untuk memberi efek pergerakan pada grafis, tapi perangkat lunak ini hanya bisa memberikan efek sederhana. Cocok buat kamu yang tidak memerlukan banyak gerakan rumit.

Misalnya ketika kamu membuat bumper video yang di umumnya hanya memerlukan animasi pada logo, pergerakan huruf, dan perpindahan beberapa elemen grafis. Untuk lebih mendalam soal cara membuat bumper video dapat kamu simak informasi selengkapnya di artikel kami sebelumnya.

2. Adobe Illustrator

Motion graphic software yang berikutnya masih dalam rangkaian Adobe, yaitu Adobe Illustrator. Merupakan program untuk mengedit grafis terkemuka, cocok banget untuk kamu yang ingin membuat berbagai macam aset grafis untuk motion graphic.

Sebagai pemula, kamu harus menguasai perangkat lunak yang satu ini loh. Karena dengan Illustrator, kamu dapat membuat animasi vektor dengan cepat dan mudah. Yap, benar-benar sesuai dengan namanya deh, GenK.

Selain itu, keuntungan jika kamu dapat menguasai Illustrator adalah segala aset yang kamu buat di sini dapat diubah untuk motion tweening. Nah, motion tween adalah sebuah jenis animasi yang menggunakan simbol, ikon, dan bentuk grafis lainnya untuk dibuat menjadi gerakan, diubah pengaturan rotasi, ukuran, fade, dan efek warna.

Baca Juga
Cara Membuat Motion Graphic lewat Adobe After Effects

3. CorelDRAW

Masih seputar grafisnya dulu nih, GenK, kami menyarankan kamu untuk menggunakan software CorelDRAW yang menjadi salah satu alternatif lain jika kamu tidak nyaman jika menggunakan Illustrator.

CorelDRAW adalah perangkat lunak yang dikembangkan oleh Corel untuk mengedit grafis vektor. Sayangnya, kamu tidak bisa membuat pergerakan rumit menggunakan software ini, karena pada dasarnya CorelDRAW lebih fokus pada dunia grafis. 兩

Namun, di CorelDRAW kamu dapat membuat berbagai macam aset grafis yang nantinya bisa kamu gunakan untuk membuat motion graphic atau sekadar GIF. Pertama-tama kamu buat dulu grafisnya, kemudian gunakan Animation Shop untuk mengubah data di file awal menjadi GIF.

Animation Shop adalah sebuah program yang memang berfungsi untuk memberikan efek animasi buat kamu yang ingin membuat motion graphic, GIF, atau sekadar slide presentasi.

4. Adobe Premiere

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

6 Drama Korea yang Paling Dinanti Tahun 2020

Film, Animasi & Video

7 Rekomendasi Anime Winter 2020 yang Wajib Kamu Tonton

Film, Animasi & Video

Selain Parasite, 11 Film Asing Ini Pernah Masuk Nominasi Best Picture

Film, Animasi & Video

Sejauh Ini, Hanya Tiga Orang Asia yang Berhasil Menang Best Actor/Actress Oscar

            Thank u, next!     
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link