Sejauh Ini, Hanya Tiga Orang Asia yang Berhasil Menang Best Actor/Actress Oscar

Dibaca Normal: 3 menit aja

Film Parasite yang sukses menyabet enam nominasi oscar menyisakan banyak pertanyaan karena, tidak ada satupun dari aktor dan aktris Parasite yang mendapat nominasi. Secara keseluruhan Parasite amat sangat bergantung pada chemistry seluruh cast, andai kata sutradara Bong Joon-ho salah memilih para pemain, sudah pasti Parasite tidak akan bisa mendulang berbagai award. Padahal beberapa cast seperti Kang-Ho Song dan Choi Woo-shik bermain gemilang. Parasite sendiri adalah film kedua dari asia setelah Crouching Tiger Hidden Dragon yang masuk ke dalam nominasi best picture. Kedua film sama-sama berjaya diproduksi namun, tidak mendapat satupun nominasi untuk para pemainnya.

Slider
Slider
Slider

Saat film-film asia mendapat pengakuan bergengsi dari academy award, para aktor dan aktris asia justru minim mendapat nominasi academy award. Terhitung sampai academy awards ke 92 ini, baru terdapat dua aktor dan satu aktris asia yang sukses menyabet piala oscar.

1. Miyoshi Umeki

Miyoshi Umeki di academy award tahun 1985 (Sumber aprilmag)

Miyoshi Umeki menjadi satu-satunya wanita asia yang berhasil membawa pulang piala oscar untuk kategori Best Supporting Actress pada tahun 1958 lewat perannya sebagai Katsumi Kelly dalam film Sayonara. Kemenangan Miyoshi merupakan kejutan tersendiri sebab, aktris lainnya dalam Sayonara yakni Miiko Taka justru sama sekali tidak mendapatkan nominasi.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Akting Miyoshi sebagai perempuan Jepang yang hendak dibawa pulang ke Amerika oleh kekasihnya berhasil menarik simpati juri academy awards. Kepiawaian Miyoshi dalam berakting tidak didapat dalam semalam, sebelum membintangi Sayonara  Miyoshi sudah sering berada di atas panggung broadway bahkan mendapatkan nominasi Tony Award. 

Setelah film Sayonara, Miyoshi Umeki  membuat usaha rental alat-alat film bersama suaminya dan pensiun dari akting setelah tiga tahun membintangi situasi komedi The Courtship of Eddie’s Father pada tahun 1972. Sang legenda pun telah meninggal pada tahun 2007 di usia 78 tahun dan meninggalkan kenangan sebagai satu-satunya wanita asia yang pernah berjaya di academy award. 

2. Ben Kingsley

Ben Kingsley bersama Richard Attenborough (sumber static.politico)

Kamu pastinya bingung kenapa aktor berkebangsaan Inggris ini masuk ke dalam daftar orang asia yang pernah memenangkan piala oscar. Ben Kingsley sebenarnya mempunyai nama asli, Krishna Bhanji dan terlahir dari ayah berkebangsaan India dan Ibu berkebangsaan Inggris. Ini juga merupakan salah satu alasan, mengapa Ben Kingsley dipercaya untuk berperan menjadi Mahatma Gandhi dan lewat peran ini pula Ben berhasil mendapatkan piala oscar Best Actor di academy award ke 55 tahun 1983.

Ben Kingsley pun jadi aktor berdarah asia paling sukses di hollywood dan satu-satunya yang pernah masuk ke dalam nominasi Best Actor sebanyak tiga kali dalam 50 tahun berkarier.

Baca Juga
Selain Parasite, 11 Film Asing Ini Pernah Masuk Nominasi Best Picture

Ditulis Oleh

Slider
Slider
Slider
Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Sejarah Panjang Film Horor Dari Keseraman Fiksi Hingga Kisah Nyata

Film, Animasi & Video

Spider-Man, Kisah Perjuangan Penuh Aksi Si Manusia Laba-Laba

Film, Animasi & Video

Stt.. Ini Spoiler Manga One Piece Chapter 976 Untukmu!

Film, Animasi & Video

Mengenal Apa Itu Shot List, Filmmaker Wajib Tahu!

Film, Animasi & Video

5 Film Hollywood yang Harus Tertunda Penayangannya Akibat COVID-19

Film, Animasi & Video

5 Film Petualangan Terbaik yang Wajib Ditonton, Bosan Dijamin Menyingkir

Quizzes

Slider
      TRENDING
#Trending
Next >>
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link
ad1
close-link