Cara Membuat Film Pendek – Part 2. Tahap Pembuatan Film

Dibaca Normal: 4 menit aja
pembuatan film

Sebelumnya kami sudah membahas tentang cara membuat film pendek dan apa saja yang harus dilakukan pada tahap pra produksi pembuatan film. Masih berkelanjutan dari artikel sebelumnya, sekarang kami akan membahas tentang pembuatan film pendek di tahap produksi nih.

Pada tahap inilah saatnya kamu merealisasikan semua konsep dasar yang sudah dibuat pada pra produksi, seperti proses merekam gambar dan elemen-elemen suara yang dibutuhkan. Namun untuk merealisasikannya terdapat beberapa hal yang mesti kamu lakukan supaya proses produksi berjalan dengan lancar, terutama kalau kamu bekerja sebagai sutradara. Yuk langsung saja kita simak apa saja tahapannya!

Menjelaskan Agenda Kepada Seluruh Tim

Berdasarkan breakdown shooting yang sudah dibuat, sebagai sutradara atau asisten sutradara, kamu harus menjelaskan agenda yang akan dilakukan pada hari itu. Kamu juga harus menjelaskan shot apa saja yang akan di-take kepada seluruh kru dan aktor sesuai calling-an. 

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Breakdown shooting sangat membantu kelancaran sebuah proses syuting, karena semuanya sudah tersusun dengan baik. Equipment syuting yang harus disiapkan di set pun jadi lebih jelas. Namun agenda yang sudah disusun bisa saja berubah jika terjadi kendala cuaca atau alasan teknis lainnya.

Menyiapkan Setting dan Properti Syuting

produksi film 2

Contoh set syuting (sumber: studiobinder.com)

Cara membuat film pendek di tahap produksi yang berikutnya adalah dengan menyiapkan setting dan properti syuting. Ini menjadi tugas tim artistik untuk membangun suasana dan latar film. Usahakan semuanya sudah lengkap sebelum aktor masuk ke dalam set.

Supaya lebih membekas di benak penonton, sebaiknya pelajari terlebih dahulu soal semiotika gambar, karena di sana diajarkan tentang tanda-tanda, indikasi, kemiripan, metafora, analogi, makna, simbolisme, dan komunikasi.

Baca Juga
Sudah Bisa Bikin Thumbnail Youtube? Nah, Ini Cara Menghiasnya Biar Menarik!

Quizzes

Slider

Quizzes

Slider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Sejarah Anime Hingga Sampai ke Indonesia

Film, Animasi & Video

Jangan Sampai Kelewatan YouTuber Indonesia Inspiratif Ini!

Film, Animasi & Video

Mengubah Naskah Menjadi Ilustrasi lewat Storyboard

Film, Animasi & Video

Film Zombie Bakal Terus Ada

Next >>
Mau inspirasi mengalir deras dan kreativitas anti mandek? Dapetin kurasi konten berkualitas dan undangan eksklusif ke acara-acara seru kreativv ID!
close-link
Silahkan isi form terlebih dahulu untuk mengunduh Media Kit
Asset Media Kit
close-link