Ingin Membuat Anime? Yuk Pahami Perbedaan Anime dan Kartun

Dibaca Normal: 3 menit aja
perbedaan anime dan kartun

Anime dan kartun merupakan dua gaya gambar yang berbeda. Anime adalah istilah yang digunakan untuk menyebut animasi dari Jepang yang digambar manual maupun digital. Sebenarnya kata “anime” merupakan singkatan dari “animation” dalam bahasa Inggris. Nah, buat kamu yang ingin membuat karakter anime, kamu harus paham dulu perbedaan anime dan kartun. Penasaran apa saja perbedaannya? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Alur Lebih Kompleks

Tak kalah dari film, alur cerita anime juga kompleks loh. Setiap tokoh memiliki peran di dalam cerita. Namun, sudut pandang protagonis menjadi yang paling utama. Seperti yang pernah kami bahas di artikel kerangka cerita dan kerangka karakter. Saat sudah memasuki konflik, tak jarang ada tokoh baru yang tiba-tiba muncul tanpa diketahui asal-usulnya. Biasanya kehadiran tokoh baru sedikit merubah alur cerita dan tokoh tersebut memiliki hubungan dengan tokoh protagonis. Entah ternyata teman lama atau malah musuh bebuyutan yang ingin balas dendam. Itulah yang membuat cerita anime lebih kompleks.

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

2. Cerita yang Sentimental

Film atau serial kartun terkenal dengan cerita yang dibumbui dengan kisah-kisah humor. Namun, berbeda dengan anime yang memiliki cerita lebih sentimental atau bersifat menyentuh perasaan. Penonton bisa saja dibuat baper dengan konflik cerita yang menguras emosi. Belum lagi ditambah dengan alunan background music yang mampu memperkuat suasana adegan. Hayo, apakah kamu pernah nangis saat nonton anime?

Baca Juga
7 Rekomendasi Anime Winter 2020 yang Wajib Kamu Tonton

3. Topik yang Beragam

Perbedaan anime dan kartun yang berikutnya adalah anime memiliki topik yang lebih beragam daripada kartun. Anime bisa saja mengangkat tentang kehidupan percintaan, anak sekolah, dunia kerja, idol, dan lain sebagainya yang umumnya dialami manusia. Inilah yang membuat anime lebih dekat dengan manusia karena emosi yang ditonjolkan. Serial anime tergolong segmented sehingga mencakup banyak genre, karena setiap orang memiliki selera genre anime yang berbeda-beda.

4. Perbedaan Desain Karakter Anime dan Kartun

Perbedaan kartun dan anime (sumber: YouTube SonicShadow98)

Nah, kalau tadi sudah membahas perbedaan anime dan kartun dari segi cerita, sekarang saatnya kami mengulik lebih dalam lagi perbedaannya tapi dari sisi desain karakter. Kalau dilihat sekilas antara anime dan kartun tentu terlihat jelas perbedaannya. Coba bandingkan antara anime “Naruto dan kartun “Spongebob Squarepants”. Bagaimana menurutmu? Berbeda bukan? Bentuk yang paling ciri khas adalah matanya. Apabila kamu perhatikan, mata anime cenderung lebih detail. Begitupun desain kelopak matanya.

Baca Juga
Tutorial Cara Menggambar Rambut Anime dengan Mudah

5. Wajah Anime Lebih Ekspresif

perbedaan anime dan kartun

Ekspresi panik (sumber: pinterest.com)

Kawaii… Bagaimana ekspresi anime yang terbayangkan olehmu? Yap, salah satu prinsip animasi adalah exaggeration yang merupakan penggunaan gerakan atau ekspresi yang hiperbola. Prinsip ini juga diterapkan pada pembuatan anime loh. Seperti yang kami sempat jelaskan di atas, anime memiliki kedekatan dengan emosi manusia yang membuat serial anime sangat ekspresif. Nah, ketika digabungkan dengan prinsip animasi maka terciptalah ekspresi yang berlebihan. Misalnya saat menggambar adegan marah, biasanya ditambah efek api. Atau saat adegan panik, biasanya ditambah efek keringat bercucuran.

6. Background Sangat Detail

perbedaan anime dan kartun

Contoh background anime (sumber: wallpaperplay.com)

Satu lagi perbedaan anime dan kartun yang akan kami bahas adalah penggunaan background gambar yang sangat detail. Belum lagi saat ini teknik menggambar digital semakin canggih. Seorang ilustrator bisa membuat gambar digital semirip mungkin dengan aslinya. Hutan rindang dengan pepohonan yang tinggi menjulang, embun di dedaunan, dan sinar matahari yang masuk melalui celah-celah pohon akan terlihat lebih nyata pada anime. Sedangkan kartun menggunakan background yang tidak terlalu detail, yang penting penonton tahu di mana adegan berlangsung.

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang perbedaan anime dan kartun. Sekarang kamu jadi tahu perbedaannya, kan? Setelah mengetahui perbedaannya, yuk lanjut ke cara menggambar anime yang pernah kami tulis di artikel sebelumnya. Lengkap banget dari sketsa sampai pemberian outline karakter.

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Pecinta Pertarungan dan Adegan Penuh Darah, Simak Yuk 5 Film Perang Terbaik Ini!

Film, Animasi & Video

Level Candu Drama Korea, Kamu Termasuk Yang Mana?

Film, Animasi & Video

Jangan Lewatkan! Ini Dia Jadwal Film Bioskop 2020: Januari-Maret

Film, Animasi & Video

Perbedaan Teaser dan Trailer, Media Promosi Film yang Paling Ampuh

Film, Animasi & Video

Cara Membuat Vlog di HP Lengkap dengan Alat-Alatnya!

Film, Animasi & Video

5 Film Zombie Terbaik Ini Bikin Kamu Senam Jantung

Quizzes

Slider