Film, Animasi & Video

4 Perbedaan Motion Graphic dengan Animasi yang Harus Kamu Tahu

perbedaan-motion-graphic-dengan-animasi

Kalau kamu bekerja di bidang videografi, pastilah sering banget dengar istilah “motion graphic” dan “animasi”. Sekilas, keduanya memang mirip banget, Secara, baik motion graphic maupun animasi sama-sama didefinisikan sebagai gambar objek yang bergerak. Eh, tapi ternyata keduanya punya beberapa perbedaan, lho. Nggak cuma dari segi karakteristik saja. Tujuannya juga beda. Nah, kamu wajib tahu nih perbedaan motion graphic dengan animasi berikut ini.

Dari Segi Definisi

definisi-motion-graphic-dengan-animasi

Ilustrasi orang merencanakan ide motion graphic dan animasi (Sumber: cdn.cnn.com)

Salah satu perbedaan motion graphic dengan animasi bisa kamu lihat dari segi definisi. Dibuat pertama kali pada awal tahun 1900, animasi adalah gambar atau objek statis yang bergerak. Lingkup animasi memang lebih luas. Nggak cuma animasi yang digambar dengan tangan saja, animasi juga melingkupi teknik CGI yang menggunakan teknik komputer.

Industri animasi Jepang juga punya istilah tersendiri buat animasi ini, yaitu anime. Anime biasanya memasukkan unsur teks dan voice over di dalamnya. Nah, motion graphic ternyata termasuk ke dalam jenis dari animasi. Bisa dibilang, motion graphic ini adalah pertemuan antara desain grafis dengan animasi.

Dari Segi Tujuan

tujuan-motion-graphic-dan-animasi

Beda tujuan motion graphic dan animasi (Sumber: freepik.com)

Penjelasan di atas kurang memuaskan? Nah, sekarang saatnya fokus ke tujuan dari motion graphic dan animasi. Soalnya, perbedaan motion graphic dengan animasi lainnya bisa kamu lihat dari segi tujuan.

Video animasi biasanya dibuat sebagai media buat bercerita. Ya, coba saja kamu lihat film-film anime favoritmu. Semuanya pasti punya alur cerita yang jelas. Mulai dari awal munculnya permasalahan, klimaks, hingga penyelesaian. Cerita dalam bentuk animasi juga pastinya punya tokoh-tokoh cerita di dalamnya.

Nah, beda dengan motion graphic. Bikin motion graphic memang nggak serumit animasi. Di dalam pembuatannya, kamu nggak butuh cerita narasi, tokoh utama, dan lain sebagainya. Motion graphic biasanya dibuat dengan tujuan edukasi. Jadi, konteks yang disajikan lebih ringan dibandingkan animasi. Gitu, lho!

Baca Juga :   7 Motion Graphic Software untuk Pemula Sampai Profesional
About author

Related posts
Film, Animasi & Video

Cuma Untuk Para Pemberani, Ini 5 Rekomendasi Film Horor Korea!

Film, Animasi & Video

Ini Dia 4 Drama Korea JTBC Komedi Yang Bisa Menemani Puasa Kamu

Film, Animasi & Video

Drama Korea Where The Stars Land, Romantisme di Tengah Kompleksitas Bandara

Film, Animasi & Video

Jangan Lewatkan Rekomendasi Film yang Tayang Maret-April 2021, Super Seru!