Perbedaan Teaser dan Trailer, Media Promosi Film yang Paling Ampuh

Dibaca Normal: 3 menit aja
perbedaan teaser dan trailer

Film apa yang sedang kamu tunggu-tunggu saat ini? Apakah itu film bergenre fantasi atau horor? Menonton teaser dan trailer sudah menjadi kebiasaan sebelum kamu benar-benar pergi menonton ke bioskop atau di aplikasi streaming online. Cuplikan adegan film ini sengaja dipublikasikan oleh tim produksi sebelum karyanya tayang secara utuh kepada penonton. 

YouTube menjadi salah satu platform utama yang menyediakan lapak untuk menonton teaser dan trailer, tinggal pilih judul film apa yang ingin kamu lihat sneak peek-nya dari berbagai macam pilihan konten yang tersedia. Namun, apakah kamu tahu perbedaan teaser dan trailer? Meski sekilas mirip, kedua istilah media promosi yang paling jago bikin kamu penasaran ini ternyata punya perbedaan loh. Yuk kita cari tahu perbedaannya di sini!

Teaser

UPDATES

Slider

UPDATES

Slider

Bila diartikan dari Bahasa Indonesia, “teaser” memiliki arti “penggoda”. Maksud penggoda di sini positif loh, karena teaser adalah potongan video yang memang sengaja dibuat oleh sebuah tim produksi untuk menggoda dan memancing penonton agar tertarik dengan karya film yang bakal segera mereka rilis. Umumnya, teaser berdurasi kurang dari 1 menit, karena isinya hanya memuat cuplikan adegan yang sangat minim keterangan. Hal yang nanggung-nanggung memang suka bikin penasaran yah! 

Cuplikan adegan yang tayang di teaser sudah dipilih terlebih dahulu oleh sutradara, produser, dan director of photography yang kemudian diolah menjadi rangkaian teaser super kece oleh video editor dengan tambahan visual effects (vfx) dan sound effects (sfx).

Ciri-Ciri Teaser

Supaya kamu lebih paham tentang apa itu teaser film, di sini kami membagikan ciri-ciri teaser yang disusun menjadi poin-poin penting. 

  1. Video teaser memang dibuat untuk menggoda supaya massa tertarik dan penasaran untuk menonton film yang akan dirilis oleh sebuah tim produksi.
  2. Durasi video kurang lebih hanya 1 menit.
  3. Berisi sedikit cuplikan adegan film.
  4. Minim keterangan tentang cerita.
  5. Alur cerita ditampilkan secara acak.
  6. Digunakan untuk promosi film sebelum dirilis.
Baca Juga
Cara Membuat Film Pendek - Part 3. Offline dan Online Editing

Contoh Teaser

Film berjudul “Gundala” yang disutradarai oleh Joko Anwar ini sudah rilis pada 29 Agustus 2019. Yap, film superhero ini ternyata menyimpan banyak fakta unik di balik pembuatannya. Menceritakan tentang seorang pemuda bernama Sancaka yang bekerja sebagai satpam di sebuah lab biokimia dan merangkap sebagai tukang reparasi barang elektronik. Hanya dengan mengandalkan kostum buatannya dan kekuatan petir yang ia dapatkan, Sancaka beraksi untuk menumpas kejahatan. Kemudian penduduk kota menyebutnya dengan nama Gundala. 

Artikel Terkait
Film, Animasi & Video

Tidak Hanya Jago Akting, 6 Aktor dan Aktris Hollywood Ini Juga Jago Nyanyi

Film, Animasi & Video

Deretan Film Jepang 2020 yang Wajib Kamu Tonton

Film, Animasi & Video

Film Jackie Chan Terbaik Untuk Temani Liburan Penuh Nostalgia

Film, Animasi & Video

Level Candu Drama Korea, Kamu Termasuk Yang Mana?

Film, Animasi & Video

5 Film Zombie Terbaik Ini Bikin Kamu Senam Jantung

Film, Animasi & Video

8 Film Animasi Terbaik Disney dari Tahun ke Tahun

Quizzes

Slider